sign up SIGN UP

LIFE

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jobseeker Saat Interview Kerja Online

Retno Wulandari | Selasa, 16 Feb 2021 17:00 WIB
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jobseeker Saat Interview Kerja Online
caption

Tidak hanya bekerja dari rumah, interview kerja pun saat ini juga dilakukan dari jauh dengan menggunakan alat komunikasi sebagai medianya. Proses rekrutmen online ini bertujuan untuk menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran COVID-19 agar tidak semakin meluas. Jika dibayangkan, interview online terlihat lebih mudah ketimbang interview secara langsung atau tatap muka.

Padahal faktanya interview kerja secara online sama pentingnya dengan interview secara langsung bahkan membutuhkan effort yang lebih lho. Lalu, apa saja sih yang perlu dipersiapkan dengan baik dan matang saat interview kerja secara online?

Berikut 5 hal yang perlu dipersiapkan oleh jobseeker ketika menghadapi interview online!

1. Pakaian Formal dan Rapi

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jobseeker untuk Interview Online
Foto:Pakaian Formal dan Rapi/Freepik.com

Menggunakan pakaian formal dan rapi adalah poin penting yang akan menjadi bahan penilaian ketika melakukan interview kerja. Berikan penampilan terbaik kepada pewawancara dengan menggunakan kemeja atau blazer yang sesuai dengan karakter perusahaan yang sedang kamu lamar.

Agar first impression kamu semakin baik, gunakanlah makeup yang tidak terlalu berlebihan untuk memberikan kesan fresh saat melakukan interview kerja online.

2. Aplikasi dan Koneksi Internet

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jobseeker untuk Interview Online
Foto:Aplikasi dan Koneksi Internet/Freepik.com

Yup, kecanggihan teknologi di era sekarang memang mempermudah segalanya, khususnya interview kerja. Ketika melakukan interview kerja secara online, biasanya perusahaan akan menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Skype. Nah, setelah perusahaan memberikan informasi mengenai aplikasi apa yang nantinya akan digunakan, maka kamu harus bisa mempelajari dengan mencoba aplikasi tersebut jauh-jauh hari.

Selain mencoba dan memahami fitur-fitur pada aplikasi, kamu juga perlu mempersiapkan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet tidak stabil, maka hal ini akan mengganggu proses interview kerja yang sedang berlangsung. Agar interview berjalan lancar tanpa ada noise, maka pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil ya.

3. Tempat yang Kondusif

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jobseeker untuk Interview Online
Foto:Tempat yang Kondusif/Freepik.com

Tempat juga menjadi poin penting yang perlu kamu persiapkan ketika menghadapi interview online lho. Agar tidak mengganggu proses interview, sebaiknya cari tempat yang kondusif yaitu jauh dari keramaian.

Jika kamar menjadi tempat yang paling aman, maka pastikan kondisi kamar kamu dalam keadaan rapi agar memberikan kesan positif kepada pewawancara nantinya. Jika kamar bukanlah tempat yang kondusif, maka kamu bisa mencari tempat lain seperti coffee shop yang sedang sepi.

4. Fokus Menatap Kamera

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jobseeker untuk Interview Online
Foto:Fokus Menatap Kamera/Freepik.com

Siapa di sini ketika melakukan video call fokus ke layar monitor? Nah, untuk habit yang satu ini perlu banget kamu hindari saat interview kerja sedang berlangsung. Agar menarik perhatian pewawancara, sebaiknya fokus menatap kamera. Selain itu, cara ini juga menggambarkan seberapa antusiasnya kamu untuk berbicara atau menjawab pertanyaan pewawancara.

5. Persiapkan Jawaban

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jobseeker untuk Interview Online
Foto:Persiapkan Jawaban/Freepik.com

Last! Meskipun jadi yang terakhir, mempersiapkan jawaban merupakan hal yang sangat penting dan menjadi penentu nasib kamu lho. Persiapkan diri kamu dengan berlatih di depan cermin dan pastikan artikulasi sangat jelas dan tidak terbata-bata. Sama seperti belajar, mempersiapkan jawaban interview kerja juga tidak perlu dihafal tapi dipahami. Jangan hanya fokus dengan tujuan dan alasan, kamu juga perlu mempersiapkan jawaban seputar perusahaan yang kamu lamar.

Itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan oleh jobseeker ketika menghadapi interview kerja secara online. Nah, buat kamu yang sedang menunggu jadwal interview online, tidak ada salahnya mempersiapkan semuanya dari sekarang agar lebih matang dan bisa menaklukan hati pewawancara nantinya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id