sign up SIGN UP

Anti Lemas di Kantor, Ini 5 Tips Tetap Produktif saat Bulan Puasa

Izzul Millati Umami | Jumat, 23 Apr 2021 17:00 WIB
Anti Lemas di Kantor, Ini 5 Tips Tetap Produktif saat Bulan Puasa
caption

Terasa lemas saat puasa? Wajar! Namanya juga lagi menahan lapar dan haus, kan? Pastinya kamu nggak akan se-fit saat hari-hari biasa. Meski jam kerja dipangkas pun, kamu yang pekerja pun dituntut tetap produktif dan aktif seperti hari biasa. Terus, gimana nih supaya hasil pekerjaan tetap ok, tugas tetap selesai sesuai dengan deadline saat bulan puasa? Kan lemes juga!

Tenang, cobain 5 cara atur produktivitas saat bulan puasa dengan tips berikut ini. 

1. Sempatkan untuk tidur siang meski sebentar

tidur saat puasa
tidur saat puasa/sumber:pexels.com

Energi tentunya akan berkurang drastis saat bekerja di bulan Ramadan. Oleh karena itu, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur sebentar. Waktu tidur selama 30 menit sangat berharga untuk recharge energi Ladies, loh. Manfaatkan alarm supaya Ladies bisa bangun tepat waktu. 

2. Hindari skip buka puasa dan sahur

skip buka puasa
skip buka puasa/sumber:pexels.com

Saat puasa, Ladies tentunya cuma bisa menambah energi di saat puasa dan sahur saja. Tentunya, jangan sia-siakan kesempatan ini. Pastikan untuk berbuka puasa tepat waktu, serta mengakhirkan makan sahur. Memang rasanya sangat malas untuk beranjak dari kasur saat mau sahur. Namun, percayalah kalau kamu mengabaikannya, tubuh akan sangat lemas dibuat bekerja di siang hari. 

3. Cicil pekerjaan di waktu-waktu bugar

bekerja saat bugar
bekerja saat bugar/sumber:pexels.com

Sebaiknya Ladies juga mengetahui jam bugar tubuh Ladies saat puasa. Memang benar bahwa jam masuk kantor adalah pukul 9 hingga 5 sore. Namun, tentunya Ladies kurang bertenaga di jam-jam tersebut. Cobalah untuk mencicil pekerjaan setelah sahur dan tarawih. Mencicil job akan membuat Ladies lebih santai di pagi harinya. 

4. Buat rencana pekerjaan

Saat puasa namun tuntutan produktivitas masih jalan, cobalah untuk membuat catatan rencana pekerjaan. Catatan ini bakalan memudahkan Ladies tetap fokus menjalankan pekerjaan dengan baik. Catat apa saja pekerjaan yang bisa diselesaikan hari itu juga, serta tulis prioritas job yang harus cepat selesai dan tidak. 

5. Perbanyak asupan makanan bergizi

makanan bergizi
makanan bergizi/sumber:pexels.com

Selain sahur dan buka tepat waktu, perhatikan pula asupan makanan yang masuk ke tubuh Ladies. Pasalnya, jenis makanan tertentu sangat mempengaruhi performa Ladies dalam bekerja. So, pilih buah dan sayur serta perbanyak daging agar tubuh nggak lemas. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id