sign up SIGN UP

LIFE

Apa Itu Microbreaks? Simak Untuk Tahu Kunci Mengurangi Stres Saat WFH

Munjidah Hamsa | Rabu, 28 Oct 2020 15:30 WIB
Apa Itu Microbreaks? Simak Untuk Tahu Kunci Mengurangi Stres Saat WFH
caption
Jakarta -

Di kala pandemi COVID-19 masih melanda, beberapa dari kalian pasti ada yang sedang menjalani WFH atau work from home untuk meminimalisir penularan virus. Melakukan WFH pun wajib dibarengi dengan mengurangi intensitas keluar rumah karena penyebaran virus corona masih berlangsung di luar sana. Dengan situasi ini, intensitas bertemu sahabat dan orang terdekat yang membantu support dirimu juga jadi berkurang.

Stres rawan terjadi ketika WFH selama pandemi COVID-19.
Stres selama WFH/ sumber: freepik.com

Hal yang biasanya dilakukan dan menjadi rutinitas normal menjadi tidak leluasa dilakukan. Hal ini akan membuatmu merasakan kehilangan kontrol akan hal-hal yang biasanya bisa kamu kontrol. Perlahan-lahan rasa kehilangan kontrol ini dapat menimbulkan stres ketika menghadapi pekerjaan dan rutinitas yang berubah. Ditambah lagi dengan pertemuan secara fisik yang lama-lama absen akan memunculkan rasa bahwa apa yang biasa kamu pegang, tidak lagi hadir seperti biasanya. Segala hal harus diselesaikan dan disampaikan secara online.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan manajemen stres ketika harus menghadapi WFH dan segala keterbatasan kontak fisik selama pandemi berlangsung. Belum lagi ketika WFH, kamu akan terfokus pada layar untuk menyelesaikan pekerjaanmu dari pagi hingga petang. Ketika WFH, kamu tetap membutuhkan break makan siang seperti layaknya ketika kamu bekerja di kantor. Namun, break makan siang belum tentu cukup untukmu membangkitkan diri dari tekanan stres yang hadir karena harus bertahan di dalam rumah selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Namun, dengan bertambahnya level stres yang muncul karena keterbatasan selama pandemi berlangsung, kamu juga membutuhkan break yang dilakukan dalam waktu sebentar atau disebut dengan microbreaks. Dengan melakukan microbreaks yang bersifat sebentar dan rutin selama bekerja di rumah, kamu bisa mengurangi stres yang muncul agar performa kerja tetap prima.

Microbreaks akan sangat berguna untuk konsentrasi dan pikiran bisa kembali terfokus setelah rehat sejenak.
Microbreaks sebagai jeda untuk bisa kembali berkonsentrasi/ sumber: freepik.com

Microbreaks bisa kamu lakukan dengan melakukan hal-hal sederhana ketika WFH. Kamu bisa melakukan breaks atau istirahat selama dua hingga lima menit setiap menyelesaikan satu task atau sejam sekali. Gunakan waktu break ini untuk membuat atau menikmati cemilan atau minuman selama WFH, atau mengecek chat di smartphone.

Cara kerja microbreaks ini akan memberikan ruang untuk konsentrasi dan pikiranmu rileks sebentar dari pekerjaan. Selain harus diberikan energi lewat asupan makanan, otak dan mental juga butuh beberapa menit untuk rileks dari konsentrasi penuh sebentar sebelum beralih ke task berikutnya.

Microbreaks bisa dilakukan dengan menikmati minuman dan cemilan di sela pekerjaan, atau sekedar stretching dan berdiri selama beberapa menit.
Stretching bisa dilakukan saat microbreaks/ sumber: freepik.com

Melakukan microbreaks akan sangat berguna untuk keberlangsungan dan kestabilan pikiran dan mental. Hal ini karena pikiran dan mental yang digas maksimal untuk bekerja terus-menerus akan cepat lelah. Microbreaks membantu menjadi rem sejenak agar pikiran dan mental bisa bekerja lebih optimal dalam periode yang lama.

Selain melakukan microbreaks beberapa kali selama WFH, pastikan kamu juga melakukan lunch break dan weekend break dari pekerjaan agar performamu tetap optimal selama WFH. Kamu bisa kok Ladies mengontrol stres selama pandemi berlangsung. Take a deep breath before starting the day. Selama pandemi berlangsung pastikan untuk take a good care of yourself and good luck with the tasks!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id