sign up SIGN UP

LIFE

Enggak Perlu Gugup! Lakukan 5 Tips Ini di Hari Pertamamu Bekerja

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 30 Apr 2021 14:00 WIB
Enggak Perlu Gugup! Lakukan 5 Tips Ini di Hari Pertamamu Bekerja
caption

Mendapatkan pekerjaan merupakan sebuah pengalaman yang menggembirakan. Khususnya bagi kamu yang masih fresh graduate. Namun selain senang, kamu juga pasti akan merasa gugup saat menghadapi hari pertama bekerja.

Hal ini wajar saja kok. Sebab, memasuki lingkungan baru memang memerlukan adaptasi. Tapi kamu enggak perlu terlalu khawatir. Berusahalah untuk tetap tenang saat memulai hari pertamamu. Jika kamu masih bingung bagaimana menghadapi hari pertama bekerja, yuk simak 5 tips di bawah ini agar hari pertamamu lebih menyenangkan!

Tunjukkan Sikap Positif

Di hari pertama kamu mulai bekerja, tunjukkanlah bahwa kamu senang berada di sana.
Bekerja/freepik.com

Di hari pertama kamu mulai bekerja, tunjukkanlah bahwa kamu senang berada di sana. Misalnya kamu bisa mengajak kenalan orang-orang yang satu tim denganmu. Atau kamu juga bisa mengutarakan ide-ide di pikiranmu.

Selain itu, jangan lupa untuk bersikap hormat terhadap rekan-rekan kerjamu ya. Dengan begini, orang-orang akan menganggap kamu nyaman bergabung dalam tim tersebut, dan kesan baik terhadapmu pun akan meningkat.

Perbanyak Mencatat di Hari Pertama

Ketika kamu baru memulai sebuah pekerjaan, tentunya banyak sekali hal baru yang harus kamu tahu di hari pertama bekerja. Misalnya seperti tutorial, peraturan, atau nomor-nomor penting yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Nah, agar kamu enggak lupa dan enggak bertanya ulang, catatlah segala hal penting tersebut. Sebab, bertanya berulang kali mencerminkan ketidakdisiplinan serta ketidakpedulian lho.

Berinisiatif untuk Hal yang Baik

Biasanya karyawan baru akan diberikan pekerjaan-pekerjaan yang mudah pada hari pertama.
Bekerja/freepik.com

Biasanya karyawan baru akan diberikan pekerjaan-pekerjaan yang mudah pada hari pertama. Tapi jangan sampai kamu malah meremehkan pekerjaan tersebut ya. Selesaikanlah pekerjaan tersebut dengan baik. Setelah kamu menyelesaikannya, jangan lupa berikan update pada atasanmu.

Selain itu, jika kamu sudah menyelesaikan pekerjaanmu, jangan ragu untuk bertanya apakah ada pekerjaan lain yang bisa kamu bantu. Inisiatif seperti ini akan membuat kamu mendapatkan penilaian yang baik dari atasanmu.

Jangan Langsung Pulang

Meskipun kamu sudah menyelesaikan pekerjaanmu tepat setelah jam kantor berakhir, usahakanlah jangan langsung pulang. Memang hal ini enggak tertulis dalam peraturan. Tapi umumnya, seorang karyawan baru disarankan untuk datang lebih pagi dan pulang lebih lama dibanding rekan kerja yang lain. Atau setidaknya, pulanglah berbarengan dengan rekan kerjamu yang lain. Hal ini akan memberikan kesan baik untukmu.

Pilih Seseorang untuk Menjadi Mentormu

Karena kamu masih harus banyak beradaptasi di lingkungan dan pekerjaan tersebut, tentunya kamu membutuhkan seseorang untuk menjadi mentormu.
Bekerja/freepik.com

Karena kamu masih harus banyak beradaptasi di lingkungan dan pekerjaan tersebut, tentunya kamu membutuhkan seseorang untuk menjadi mentormu. Oleh sebab itu, pilihlah seorang senior yang bisa kamu jadikan tempat bertanya. Kamu bisa menanyakan mengenai pekerjaan, lingkungan kerja, atau bahkan politik kantor jika ada. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran-saran kepadanya untuk mempercepat karirmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id