sign up SIGN UP

LIFE

Etika Dasar Saat Meeting Zoom, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Rumaysha Milhania | Senin, 05 Apr 2021 10:30 WIB
Etika Dasar Saat Meeting Zoom, Ini yang Harus Kamu Lakukan!
caption

Pandemi virus corona membuat kita semua terpaksa beradaptasi dengan segala rutinitas. Hampir semua kegiatan harian dilakukan secara online, seperti kegiatan belajar mengajar hingga meeting. Namun, meskipun kegiatan tersebut dilakukan secara online, kamu tetap harus memperhatikan etika dan adab saat berada dalam sambungan online. Nah, berikut ini adalah etika dasar saat berada dalam meeting online yang harus kamu terapkan.

Pandemi virus corona membuat kita semua terpaksa beradaptasi dengan segala rutinitas. Hampir semua kegiatan harian dilakukan secara online, seperti kegiatan belajar mengajar hingga meeting.
Meeting online/ Sumber: Freepik.com

Jangan datang terlambat

Pahami bahwa tiap menit dalam meeting online sangatlah berharga. Apalagi jika kamu membuat janji dengan kolega-kolega atau klien yang mungkin memiliki jadwal yang sangat padat. Meeting online sangat memungkinkan mereka untuk membuat jadwal pertemuan yang padat. Jadi, keterlambatanmu dapat mengganggu jadwal semua orang. 

Kalaupun kamu harus datang terlambat, ada baiknya untuk mengabari terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk meminta maaf saat masuk ke dalam forum online. Jangan sampai kamu datang terlambat dan masuk ke dalam diskusi seenaknya.

Menyapa semua orang dalam forum

Jika kamu berada dalam forum yang tidak terlalu besar, cobalah untuk menyapa satu per satu peserta dalam pertemuan online tersebut. Berada dalam pertemuan online terkadang membuat orang mudah terdistraksi dengan hal lain. Menyapa dengan santai dapat membuat mereka cenderung lebih menyadari bahwa keberadaan mereka dalam forum tersebut penting sehingga kecanggungan dapat dihindari.

Jika kamu berada dalam forum yang tidak terlalu besar, cobalah untuk menyapa satu per satu peserta dalam pertemuan online tersebut.
Etika meeting online/ Sumber: Freepik.com

Tidak semua orang bisa menyalakan kamera, hargai itu

Kamu mungkin berpikir bahwa tidak menyalakan kamera adalah hal yang tidak sopan. Namun, kamu juga harus sadar bahwa tidak semua orang berada dalam kondisi yang mendukung untuk menyalakan kamera.

Beberapa di antara kita mungkin memiliki berada dalam ruangan atau tempat yang memang tidak kondusif untuk menyalakan kamera. Bahkan, kamera yang menyala dapat menciptakan gangguan bagi sebagian peserta lain. Jadi, jangan paksa orang untuk menyalakan kamera, kecuali untuk hal-hal penting seperti interview atau presentasi yang memang membutuhkan fokus khusus.

Selalu matikan mikrofon dalam rapat dengan peserta lebih dari tiga orang.

Menyalakan mikrofon mungkin akan memudahkan kita saat ingin berbicara. Namun, ini juga dapat mengganggu orang lain jika kamu berada dalam ruangan yang tidak kondusif.

Jika kamu tinggal dengan keluarga, mungkin akan ada suara-suara dari aktivitas yang dilakukan oleh anggota keluarga lain. Pahami bahwa suara-suara itu dapat sangat mengganggu. Jadi, mematikan mikrofon akan membantumu untuk bisa menciptakan suasana meeting online yang lebih kondusif.

Mengenakan pakaian rumah dan membiarkan tumpukan barang terpampang di layar akan menciptakan kesan yang tidak profesional, apalagi jika kamu berada dalam meeting penting.
Pakaian saat meeting online/ Sumber: Freepik.com

Hindari mengenakan pakaian rumah dan tumpukan barang di latar belakang.

Mengenakan pakaian rumah dan membiarkan tumpukan barang terpampang di layar akan menciptakan kesan yang tidak profesional, apalagi jika kamu berada dalam meeting penting. Gunakan pakaian yang layak, sebagaimana saat kamu sedang menghadiri meeting di kantor dan pastikan latar yang kamu gunakan polos sehingga orang lain tidak akan mudah terdistraksi.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga meeting online tetap kondusif. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id