sign up SIGN UP

LIFE

Jalur Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri

S Saraswathi | Senin, 29 Jun 2020 10:30 WIB
Jalur Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri
caption

Lagi cari jalur beasiswa untuk pendaftaran kuliah di luar negeri? Tentunya kamu perlu memperhatikan beberapa jalur yang disediakan. Beberapa negara di dunia menyediakan berbagai macam jalur beasiswa, negara-negara tersebut adalah Australia, Inggris, Selandia Baru, Kanada, Irlandia, Serta Amerika Serikat.

Negara-negara tersebut tidak hanya menyediakan beasiswa berbasis prestasi nilai akademik yang tinggi.  Lembaga pendidikan yang ada di negara tersebut juga menyediakan  beasiswa sebagian, kebutuhan hidup, dan penuh yang sangat terbuka bagi para pelajar asal Indonesia. Nah, seperti apa persayaratan jalur beasiswanya? Simak terus artikel ini ya!

1. Beasiswa Prestasi

image
winners/www.freepik.com

Beasiswa prestasi adalah jalur beasiswa yang paling umum ditemui atau umum menjadi syarat pengajuan beasiswa untuk semua universitas di dunia. Penilaian diberikan dengan melihat riwayat pendidikan sebelumnya dari sang beasiswa. Persyaratannya bisa beragam, seperti prestasi dalam bidang akademik, seni, kepemimpinan, organisasi, bahkan juga ekstrakurikuler.


2. Beasiswa Tujuan Tertentu

image
college/www.freepik.com/

Dalam beberapa negara, pemerintah, otoritas publik, dan juga universitas dalam negara tersebut bisa memberikan beasiswa kepada seseorang atau pelamar yang memenuhi syarat dan kriteria yang sudah mereka tetapkan. Contohnya seperti Layanan Beasiswa dan Pendanaan Riset Indonesia (LDPD).

3. Beasiswa Program Studi Tertentu

image
college/www.freepik.com/

Beasiswa program studi tertentu juga tidak jarang diberikan di setiap universitas. Ada berbagai macam departemen program studi di berbagai macam universitas yang menawarkan jenis beasiswa ini. Contoh fakultas yang biasanya memberikan beasiswa ini adalah fakultas ilmu sosial dan politik, teknik, ekonomi-manajemen, dan sebagainya.

4. Beasiswa Berdasarkan Kebutuhan

image
study/www.freepik.com/

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang mengalami kesulitan finansial untuk melanjutkan studinya. Beasiswa ini memberikan biaya kuliah dan biaya relevan lainnya. Biasa siswa ini bisa diberikan bersamaan dengan beasiswa prestasi.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, para pelamar wajib menyertakan dokumen untuk membuktikan bahwa ia memang membutuhkan dukungan finansial. Dokumen bisa berupa bukti penghasilan orangtua atau wali.

5. Beasiswa Atletik

image
Athletics/www.freepik.com/

Terakhir adalah beasiswa atletik, beasiswa ini diberikan pada pelamar yang memiliki prestasi pada bidang atletik. Bagi pelamar yang berhasil mendapatkan beasiswa ini, mereka harus bisa menyeimbangkan prestasi mereka di bidang olahraga dan akademis, serta menjaga nama baik sekolah dan kampus mereka.

Sumber: www.idp.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id