sign up SIGN UP

LIFE

Career Lesson: Drama Korea Terbaru Start Up

Retno Wulandari | Rabu, 18 Nov 2020 20:30 WIB
Career Lesson: Drama Korea Terbaru Start Up
caption

Start Up merupakan salah satu drama Korea terbaru di tahun 2020. Sesuai dengan judulnya, drama Korea populer ini menceritakan tentang perjuangan Seo Dal Mi (Suzy) dalam mewujudkan mimpinya untuk bekerja di SandBox, Silicon Valley-nya Korea yang berhasil melahirkan banyak perusahaan start up.

Meskipun belum tamat, banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari drama ini, salah satunya career lesson. Penasaran apa saja? Intip jawabannya di bawah ini yuk!

Target yang Jelas

Career Lesson dari Start Up
Foto:instagram.com/tvnstartup/

Dari Start Up, masing-masing pemainnya memiliki target yang sudah sangat jelas. Seperti Dal Mi yang ingin membuktikan bahwa pilihannya tinggal bersama sang ayah tidak salah ketika kedua orang tuanya bercerai.

Untuk mewujudkan ini, Dal Mi akhirnya masuk SandBox dan menjadi CEO Samsan Tech. Lain halnya dengan Ji Pyeong, meskipun hidup sebagai yatim piatu, Ji Pyeong memiliki target ingin jadi pebisnis dan investor yang sukses. Berkat ambisinya tersebut, target Ji Pyeong akhirnya terwujud lho.

Jangan Merasa Rendah

Career Lesson dari Start Up
Foto:instagram.com/tvnstartup/

Memiliki mimpi dan bersaing dengan banyak orang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang lebih baik memang kerap membuat kita merasa rendah. Tapi, perasaan seperti ini tidak boleh jadi alasan kamu untuk menyerah, seperti Dal Mi. 

Yup, meskipun hanya lulusan SMA, Dal Mi akhirnya memilih untuk merintis bisnis start up dan mengikuti program Top 12 SandBox, di mana program tersebut menawarkan fasilitas untuk merintis ditemani oleh mentor terbaik.

Belajar dari Mentor

Career Lesson dari Start Up
Foto:instagram.com/tvnstartup/

Berbekal pendidikan dan ambisi saja tidak cukup untuk meraih impian, sehingga kamu membutuhkan mentor atau senior yang memiliki banyak pengalaman. Hal ini juga disinggung oleh drama Start Up melalui kisah Do San yang hampir 3 tahun merintis Samsan Tech namun tidak sukses.

Kondisi ini berubah setelah Ji Pyeong dipilih sebagai mentor untuk kesuksesan Samsan Tech di SandBox. Berkat arahannya, perlahan usaha Dal Mi dan Do San membuahkan hasil manis.

Terima Feedback

Career Lesson dari Start Up
Foto:instagram.com/tvnstartup/

Menerima feedback yang berisi kata-kata menyakitkan memang sulit rasanya. Namun, percayalah bahwa feedback yang buruk pun bisa menjadi bahan bakar untuk kita lebih semangat lagi lho. Seperti Do San, beberapa kali ia menerima feedback menyakitkan dari Ji Pyeong, mulai dari cara berpikir sebagai CEO yang gagal, cara berpakaian, hingga cara bekerja sama dengan para investor. Meskipun kesal, akhirnya Do San sadar bahwa feedback tersebut justru membuatnya mengambil keputusan yang tepat untuk Samsan Tech hingga akhirnya berhasil.

Usaha Lebih Keras

Career Lesson dari Start Up
Foto:instagram.com/tvnstartup/

Salah satu scene di episode 7 terdapat sebuah pesan yang berbunyi, "Cobalah belajar dari hasil seseorang. Jangan jadikan koneksi dan keberuntungan sebagai alasan". Pesan yang diucapkan oleh In Jae kepada Dal Mi ini bisa kamu jadikan sebagai motto hidup dalam merintis karier.

Pesan ini disampaikan oleh In Jae lantaran sang adik mengatakan dirinya beruntung memiliki koneksi ayah tirinya sehingga mudah mendapatkan investor. Hal ini ditepis oleh In Jae, ia menceritakan bagaimana usahanya mencari koneksi sendiri dengan mengirimkan proposal dan mem-follow up langsung ke investor saat Dal Mi tertidur.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id