sign up SIGN UP

LIFE

Punya Bisnis? Lakukan Hal Berikut untuk Menghemat Waktu dan Uang

Astari Dewi Larasati | Selasa, 10 Nov 2020 14:45 WIB
Punya Bisnis? Lakukan Hal Berikut untuk Menghemat Waktu dan Uang
caption

Menjalankan bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja kendala, apalagi ditambah keadaan pandemi seperti saat ini.

Pengusaha dituntut untuk terus berinovasi dan "memutar otak" agar bisnis yang dijalankan tetap berjalan. Ada beberapa trik dan hal-hal yang perlu dilakukan nih untuk bisnis dapat menghemat waktu dan uang.

Apa saja hal yang dimaksud? Simak informasi berikut!

Optimalkan web

Sebagai pemilik bisnis modern dan cerdas, maka wajib untuk memiliki situs web.
Optimalkan Web/ Foto: Freepik.com

Sebagai pemilik bisnis modern dan cerdas, kamu wajib memiliki situs web. Hal ini begitu penting karena situs web yang dirancang baik akan memikat pelanggan untuk kembali lagi. Ini juga menghemat waktu dan uang dalam jangka waktu panjang.

Atur keuangan

Pastikan segala pemasukan dan pengeluaran tiap tahun.
Atur Keuangan/ Foto: Freepik.com

Ini sudah pasti. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kamu telah menerima pembayaran yang diperoleh sepanjang tahun. Jika belum memiliki sistem untuk melacak uang tunai yang masuk dan keluar, inilah saatnya untuk memulai.

Idealnya informasi uang masuk dan keluar dilakukan di spreadsheet, perangkat lunak akuntansi, hingga bekerjasama dengan akuntan. Tindak lanjuti setiap pembayaran yang jauh tempo dan pastikan kamu bayar tiap pajak yang bergantung pada struktur bisnis.

Pelajari ilmu bisnis lebih mendalam

Lakukan investasi pendidikan baik kursus online, wawancara, atau membaca buku.
Pelajari Ilmu Bisnis/ Foto: Freepik.com

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, apalagi dalam bisnis. Jika bisnis sedang lesu, itu adalah hal yang wajar dan semua pebisnis alami. Mengambil waktu untuk jeda tidak salah, biarkan kreativitas mengalir.

Kamu bisa melakukan investasi pendidikan lewat kursus online, wawancara, atau membaca buku. Pelajari lagi materi mengenai desain, pemasaran, hingga SEO. Pebisnis baik adalah yang benar-benar memahami semua bidang bisnis, mulai dari produksi, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Buat rencana pemasaran

Buat rencana pemasaran yang strategis dan berujuk pada langkah apa selanjutnya.
Rencana Pemasaran/ Foto: Freepik.com

Buat rencana pemasaran yang strategis dan berujuk pada langkah selanjutnya. Misalnya, langkah untuk mencapai sasaran dan berapa besar anggaran pemasaran yang dibutuhkan. Kamu perlu membuat, memperbarui rencana, serta mencari fokus upaya pemasaran agar jalur bisnis tetap terencana dengan baik sehingga menghemat waktu.

Muat konten

Gunakan waktu untuk membuat konten khususnya di media sosial.
Konten/ Foto: Freepik.com

Setelah memiliki rencana pemasaran, gunakan waktu untuk membuat konten khususnya di media sosial. Ada banyak aplikasi yang mendukung untuk mengunggah dan menjadwalkan posting sehingga memberikan kesempatan agar rencana pemasaran sempurna, lalu meninjau konten yang akan divisualisasikan. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id