sign up SIGN UP

LIFE

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan ini Bikin Kamu Tidak Produktif

Dian Aprilia | Sabtu, 17 Oct 2020 17:00 WIB
Jarang Disadari, 5 Kebiasaan ini Bikin Kamu Tidak Produktif
caption
Jakarta -

Ladies, tahukah kamu bahwa setiap kesuksesan pasti berawal dari produktivitas yang tinggi? Produktif bermakna kita bisa menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga bisa menghasilkan karya atau hasil yang banyak.

Produktivitas yang baik akan sangat bermanfaat bagi karier, tugas di rumah, dan juga aktivitas lainnya secara umum. Cara untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan memiliki kebiasaan yang baik serta memiliki kendali diri untuk tidak melakukan kebiasaan buruk.

Kali ini beautynesia.id akan merangkum 5 kebiasaan buruk yang bikin kamu tidak produktif, pastikan untuk tidak melakukannya ya.


Scrolling Media Sosial

Contoh scrolling media sosial
Scrolling media sosial/pexels.com

Di era teknologi seperti saat ini, setiap orang akan terhubung erat dengan media sosial. Entah dalam rangka melakukan pekerjaan, menjalin hubungan sosial, bisnis, hiburan dan lainnya.

Maka dari itu, media sosial menjadi hal yang paling sering diakses. Seringkali saat mengakses media sosial banyak yang kebablasan dan akhirnya banyak waktu yang terbuang untuk sekedar scrolling media sosial.

“Eh ini apa? Lucu banget! Coba lihat akunnya deh”

“Videonya bagus, cek videonya yang lain ah”

Hal ini membuat yang awalnya hanya ingin mengakses media sosial 5 menit tanpa sadar sudah menghabiskan setengah jam, satu jam, dan bahkan sampai lupa waktu.

Multitasking

Contoh multitasking
Multitasking/pexels.com

Meski terkesan hebat, multitasking sebenarnya justru membuat otak kita tak bisa bekerja dengan optimal, lho.

Walau di awal kita merasa bisa multitasking, sebenarnya hal itu hanyalah ilusi. Otak tidak bisa melakukan dua kegiatan secara bersamaan, melainkan otak memprosesnya secara bergantian. 

Hal ini dibuktikan dengan hasil survei yang dilakukan oleh Inc Magazine yang menyebut bahwa mengerjakan beberapa hal sekaligus, justru bisa menurunkan produktivitas hingga 40%.

Terlalu Banyak Notifications 

Ilustrasi notifikasi
Notifications/pexels.com

Ladies, coba cek ada berapa media sosial dan aplikasi komunikasi yang kamu miliki?

SMS, Whatsup, Email, Instagram, Twitter, Line, Facebook dan medsos lainnya. Saat notifikasi semua aplikasi tersebut diaktifkan, maka bisa dipastikan, setiap jam pesan notifikasi sudah menumpuk banyak sekali.

Saat kita setiap menit membuka handphone dan coba membaca notifikasi tersebut, maka tentu banyak sekali waktu yang terbuang untuk itu. Padahal isi notif tersebut juga tidak penting-penting amat.

Hal ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Carreerbuilder yang menunjukkan 52% pekerja mengaku bahwa handphone adalah sumber distraksi terbesar yang seringkali mengganggu produktivitas dalam bekerja.

Terlalu Banyak Menunda

Ilustrasi menunda
Menunda/pexels.com

Menunda adalah salah satu penyakit kronis dalam peningkatan produktivitas. Sebab semakin banyak menunda kegiatan, hal itu justru akan membuat kita kewalahan dalam mengerjakan berbagai tugas penting.

Tak hanya itu pikiran juga akan terbebani dengan berbagai penundaan tersebut, sehingga justru membuat stres dan tidak fokus dalam berkegiatan. Menunda biasanya dilakukan karena malas, bosan, atau terlalu banyak pikiran.

Untuk itu, jika ingin menghilangkan kebiasaan ini, pastikan kamu mengatasi dari sumber masalahnya ya.

Kurang Tidur

Ilustrasi kurang tidur
Kurang tidur/pexels.com

Kebiasaan buruk terakhir yang bikin kamu tidak produktif adalah kurang tidur. Jangan salah meluangkan waktu tidur hanya 4-5 jam bukanlah ciri orang yang produktif. Justru hal tersebut bisa menyebabkan seseorang tidak produktif, lho!

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Financial Times kepada 21 ribu pekerja di Inggris menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam, memiliki produktivitas yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidur 7-8 jam per hari.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang bikin kamu tidak produktif. Mulai sekarang sadari dan segera buat solusi ya ladies. Semoga harimu lebih produktif ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id