sign up SIGN UP

Tak Cuma Ajang Berbagi, Giveaway Juga Strategi Pemasaran yang Bikin Olshop Kamu Makin Cuan!

Risma Oktaviani | Senin, 04 Oct 2021 13:00 WIB
Tak Cuma Ajang Berbagi, Giveaway Juga Strategi Pemasaran yang Bikin Olshop Kamu Makin Cuan!
caption
Jakarta -

Acungkan tanganmu jika kamu pernah mengikuti suatu giveaway yang diadakan oleh suatu brand atau seorang influencer? Beberapa dari kamu mungkin ada yang beruntung mendapatkan hadiah gratis, sebagian besar lainnya mungkin hanya harus berlapang dada meskipun sedikit kecewa. 

Hampir semua orang pasti menyukai gagasan untuk mendapatkan sesuatu secara gratis, dan giveaway adalah jawabannya. Giveaway merupakan kegiatan membagikan hadiah dengan syarat tertentu. Mulai dari meramaikan sebuah konten di media sosial dengan likes dan komentar, hingga melakukan tantangan tertentu.

Di lain sisi, giveaway adalah salah satu strategi digital marketing yang efektif untuk menaikan engagement di media sosial. Cara terbaik untuk membuat pengikut yang ada tetap aktif dan terlibat dengan sebuah bisnis.

Selain itu, berikut beberapa manfaat dari adanya giveaway atau kontes media sosial bagi sebuah brand. Dihimpun dari Target Market, berikut ulasannya.

Menaikkan Engagement

Menaikkan Engagement
Menaikkan Engagement / freepik.com / rawpixels

Giveaway adalah cara terbaik untuk menaikkan engagement atau keterikatan dengan pelanggan di media sosial jika dilakukan dengan benar. Konten yang menarik, membantu sebuah brand untuk menarik massa untuk terlibat secara langsung dan memudahkan sebuah bisnis untuk lebih berkembang.

Meningkatkan Brand Awareness

Menaikkan Brand Awareness
Brand Awareness / freepik.com/ rawpixels

“Follow akun ini, mention tiga akun teman kamu, dan share konten ini ke Instastories kamu, pastikan akun kamu nggak digembok, ya!”

Hampir semua giveaway memiliki pola seperti ini yang dijadikan syarat untuk mendapatkan hadiah gratis. Hal tersebut merupakan strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness.

Brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan sebuah brand. Mulai dari nama, logo, tagline, warna, dan hal lain terkait brand tersebut. Semakin banyak orang yang ikut giveaway, semakin banyak pula orang yang mengenal brand kamu. 

Meningkatkan Leads dan Menaikkan Penjualan

Meningkatkan Penjualan
Meningkatkan Penjualan / freepik.com / yanalya

Hal yang paling penting dan menjadi tujuan utama dari sebuah bisnis adalah, meningkatkan leads, yaitu calon konsumen yang potensial. Dengan mengikuti giveaway, mereka akan dengan senang hati meninggalkan kontaknya, dan hal tersebut merupakan kesempatan emas untuk melakukan pendekatan mengenai informasi seputar bisnis dan produk kamu kepada mereka.

Mulai dari promo hingga rilis produk terbaru. Sehingga, semakin banyak konsumen potensial, semakin banyak juga kesempatan untuk menaikkan penjualan.

Dapat disimpulkan, giveaway tidak hanya menguntungkan customer, tetapi juga bagi pelaku usaha. So, buat kamu yang pelaku usaha, apakah sudah mencoba untuk melakukan giveaway?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id