sign up SIGN UP

Terlihat Keren, 4 Hal Ini Sebaiknya Nggak Kamu Lakukan di Kantor, Fresh Graduate Kudu Tahu!

Febriyani Rahmania | Kamis, 09 Sep 2021 10:40 WIB
Terlihat Keren, 4 Hal Ini Sebaiknya Nggak Kamu Lakukan di Kantor, Fresh Graduate Kudu Tahu!
caption
Jakarta -

Bekerja merupakan salah satu upaya menunjukkan kemampuan. Dalam hal ini, inisiatif sangat dibutuhkan apabila kamu sudah memasuki dunia kerja. Bagaimana kamu memberi ide untuk tim, kehadiran yang tepat waktu, pencapaian key performance indicator (KPI), semua ada penilaiannya oleh atasan.

Semua harus dicapai untuk perkembangan karier yang bagus. Tentunya dengan cara yang bagus, pula. Namun, tak jarang, banyak pekerja melakukan apa saja untuk mencapai target. Termasuk hal-hal yang membuat dirinya menjadi over effort agar terlihat keren.

Mungkin, upaya itu bisa mengambil hati atasan, tapi jika dilihat dari kacamata profesional, sebaiknya tidak kamu lakukan. Sebab, hal-hal yang berlebihan di dunia kerja, pada akhirnya berpengaruh pada kesehatan, baik mental maupun fisik.

Tetap Masuk Kerja Saat Sakit

Akibat hustle cultureIlustrasi sakit. (Foto: pexels.com/andreapiacquadio)

Alih-alih ingin terlihat berdedikasi, pilihan tetap masuk kerja saat sakit malah bisa memperkeruh keadaan, lho, Beauties. Bukan hanya keadaan kamu sendiri, tetapi juga rekan-rekan kerjamu di kantor jika penyakitmu termasuk penyakit menular. Kamu bisa minta izin cuti atau kerja dari rumah ke atasan dengan memberi bukti dan surat izin sakit dari dokter. 

Apalagi di masa pandemi seperti ini, jika kamu harus work from office dan merasa tidak fit, lebih baik segera jujur ke atasan dan meminta izin cuti sakit atau bekerja dari rumah.

Ngomongin Politik

Zodiak Mutable Mudah Beradaptasi dengan Suasana BaruIlustrasi bicara soal politik dengan rekan kerja. / Foto: pexels.com/Inga Seliverstove

Membangun keakraban dengan rekan kerja adalah hal penting. Membuka percakapan merupakan salah satu caranya. Kamu bisa bicara apa saja, tapi sebaiknya tidak untuk bicara soal pandanganmu terhadap politik.

Membawa obrolan politik ke tempat kerja bukan hal keren. Seringnya malah menjadi ide yang buruk. Dikutip dari CNN Money, politik bukan hanya urusan pribadi, tetapi juga bisa membuat suasana menjadi panas jika kamu membicarakannya dengan banyak kepala. Kalau sudah begitu, peluang pertengkaran pun semakin terbuka.

Bantu Semua Divisi Tanpa Diminta

workaholic / freepik.com / wayhomestudioworkaholic / freepik.com/wayhomestudio/

Bekerja lebih dari apa yang dibebankan mungkin bisa membuat atasanmu terpesona, dan bahkan mungkin memajukan kariermu. Apalagi jika kamu ringan tangan ke divisi lain. Namun, jika hal ini terjadi setiap hari hanya untuk mendapat perhatian atasan dan membuatmu sukarelawan, lebih baik pikir dua kali.

Kamu nggak  hanya akan membuka peluang orang lain memanfaatkanmu, tetapi juga membuat kesehatan terganggu karena kelelahan dalam bekerja. Hal ini berpotensi membuat performamu menurun, lho, Beauties.

Ekspresif yang Berlebihan

Bekerja Cuma Asal-asalan SajaIlustrasi ekspresi berlebihan. / Foto: unplash.com/magnet.me

Mengekspresikan ketidaksenangan bukan hal yang dilarang dalam dunia kerja. Hal itu bisa menjadi masukan bagi rekan kerja lainnya. Namun, jika ekspresi tersebut mengarah pada sebuah keluhan, sebaiknya ubah caramu mengekspresikan diri. Nggak ada yang menyukai pengeluh.

Semakin kamu berekspresi berlebihan, semakin besar peluang kamu mengatakan sesuatu yang bisa bikin kamu dapat masalah. Jika kamu mengalami kesulitan dalam bekerja, lebih baik bicarakan empat mata dengan atasan, pasangan, atau temanmu.

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id