sign up SIGN UP

LIFE

Usia 20-an, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Tidak Menyesal di Masa Tua!

Cindy Krisania | Kamis, 15 Oct 2020 01:00 WIB
Usia 20-an, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Tidak Menyesal di Masa Tua!
Foto: Usia 20-an Harus Ngapain Aja Ya/Freepik.com

Banyak orang bilang di usia 20-an kita akan mulai mempertanyakan tentang hidup, istilah ini biasa kita tahu dengan quarter life crisis. Di masa ini kita mulai banyak merasa ragu, cemas dan mempertanyakan apa sebenarnya tujuan hidup kita sendiri.

Ada banyak faktor yang menjadi pemicu pada masa ini, seperti urusan karier, finansial, percintaan, sampai dengan hubungan keluarga. Di tengah-tengah kita merasa ragu akan kemampuan yang kita miliki juga ada percikan semangat yang begitu menggebu-gebu. 

Quarter Life Crisis
Usia 20-an Sering Merasa Cemas dan Ragu/Sumber: freepik.com

Pada usia ini kita seperti ada di suatu persimpangan antara terus maju tanpa peduli akan hal lain atau mundur yang nantinya akan membuat kita akan menyesal. Tanpa disadari bahwa di usia 20-an akan banyak di hadapi oleh pilihan dan mengenal banyak karakter manusia.


Di usia ini pula kita akan mengalami banyak konflik, baik dengan orang lain atau bahkan dengan diri sendiri. Namun, yang pasti di usia ini kita akan mulai mempelajari banyak hal tentang hidup. 

Maka, simak beberapa hal di bawah ini yang perlu kamu perhatikan saat usia 20-an. 

1. Kenali Dirimu Sendiri 

Kenali dirimu sendiri
Know Yourself More/Sumber: freepik.com

Di usia 20-an mulai bertanya-tanya apa passion-mu dan apa yang akan kamu lakukan? Biasanya hal ini terjadi karena kamu kurang mengenali diri kamu sendiri.

Kamu tidak tahu apa yang kamu suka dan inginkan karena terlalu sering mendahulukan apa yang orang inginkan atau katakan. Tentu hal ini bisa membuatmu rugi karena tidak bisa melakukan apa yang kamu suka.

Pada saat kamu berada di usia 20-an, kamu harus lebih sering mengajak diri sendiri mengobrol. Berkenalan lebih jauh, mencari tahu apa yang kamu inginkan, apa yang kamu suka dan tidak suka. Setelah kamu mulai bisa mengenali dirimu sendiri, kamu akan mulai bisa menentukan tujuan hidupmu sendiri. 

2. Lakukan Saja, Stop Overthinking!

Stop overthinking
Stop Overthinking Agar Lebih Bahagia/Sumber: freepik.com

Pernah merasa ragu untuk melangkah karena terlalu khawatir akan kejadian-kejadian di masa depan? Sadar tidak jika khawatir terlalu berlebihan juga bisa menghambat perjalananmu lho! Tidak semua yang kamu pikirkan dan khawatirkan itu terjadi.

Jika kamu sudah memiliki rencana hidup dan sudah tahu apa yang akan kamu lakukan, maka lakukan saja! Stop overthinking yang justru akan membuat langkahmu terhenti di tempat yang sama.

Tidak masalah jika memang di masa depan kamu harus mengubah rencana hidup, tidak masalah jika di masa depan kamu harus merasakan kegagalan. Itu semua adalah salah satu bagian dari perjalanan yang akan membantu untuk terus tumbuh menjadi lebih baik.

3. Belajar Menabung dan Investasi 

Belajar Menabung
Belajar Menabung dan Investasi/Sumber: freepik.com

Beberapa orang pada umumnya di usia ini sudah memiliki penghasilan pribadi. Tapi, tidak banyak juga yang mengerti betapa pentingnya menabung. Kebanyakan orang-orang akan menghabiskan gaji mereka dengan berbelanja, liburan dan kegiatan lainnya.

Tentu, hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu melakukannya sesekali saja. Justru akan mulai timbul masalah ketika kamu melakukannya secara berlebihan sampai lupa untuk menabung.

Usia 20-an kamu harus paham bagaimana caranya mengatur keuangan. Mulai membaginya berdasarkan keperluan, keinginan dan juga tabungan pribadi. Seperti yang kita tahu tujuan menabung dan investasi selain belajar tidak boros, hal ini juga akan membantu kita di masa tua ataupun bila kita dihadapkan pada suatu keadaan darurat seperti PHK. 

Jadi jangan lupa sisihkan gajimu untuk menabung ya!

4. Friends > Relationship

Bangun relasi sebanyak-banyaknya.
Bangun Pertemanan Sebanyak Mungkin/Sumber: freepik.com

Pernah percaya tentang seleksi alam dalam pertemanan? Itu benar terjadi, lho! Maka, di saat usiamu sudah 20-an mulai perbanyak relasi dan menjalin pertemanan dengan siapa saja.

Pelajari tentang macam-macam karakteristik setiap orang. Memiliki kenalan atau teman yang banyak juga dapat membantu dalam berbagai hal, seperti informasi lowongan pekerjaan.

Karena saat berjalannnya usiamu, satu-persatu kamu akan mulai kehilangan temanmu dan hanya akan menyisakan beberapa orang saja. Jangan hanya habiskan waktumu dengan satu orang saja, atau pacarmu saja. Bangun relasi sebanyak mungkin agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. 

Nah, itu dia 4 hal penting yang harus kamu coba terapkan saat usia 20-an. Jangan pernah sia-siakan masa mudamu dengan sia-sia, ambil semua kesempatan yang ada! Semoga bermanfaat ya!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id