sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 4 Hal Sederhana Ini untuk Redakan Stres Harian

Dian Aprilia | Rabu, 14 Oct 2020 12:00 WIB
Lakukan 4 Hal Sederhana Ini untuk Redakan Stres Harian
caption
Jakarta -

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti pernah mengalami stres. Stres adalah hal yang normal dialami oleh setiap orang. Bahkan stres bisa memberikan dampak positif jika dikelola dengan tepat. Namun bagi yang tak bisa mengelolanya, stres bisa jadi bom waktu yang siap meledak kapanpun. Berdasarkan National Institute of Mental Health ada beberapa tanda yang sering muncul saat sedang stress, diantaranya adalah rasa lelah, sulit konsentrasi, kurang tidur, jantung berdebar dan juga gemetar.

Ladies, jika sedang mengalaminya, kamu tak perlu risau, lakukan saja 4 hal sederhana ini untuk redakan stres.

Nikmati Segelas Minuman Hangat

Peppermint tea
Peppermint tea/pixabay.com

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghalau stres adalah menikmati segelas minuman hangat. Sebab minuman hangat ini bisa membantu merilekskan tubuh kita dan mengembalikan mood. Tak hanya kopi atau teh, kamu juga bisa meracik minuman sehat ala kamu sendiri. Salah satu andalan minuman hangat Indonesia adalah minuman yang berbahan rempah.

Kamu bisa memadukan minuman favoritmu dengan rempah yang kaya khasiat, lho! Selain enak yang pasti juga sehat. Misalnya cinnamon milk tea, wedang jahe lemon, hot chocolate, susu kunyit hangat, air seduhan dengan madu, peppermint tea dan lainnya.

Ambil Waktu Istirahat

Power nap
Power nap/pexels.com

Tak banyak yang tahu bahwa jeda sebentar untuk istirahat memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Diantaranya adalah memaksimalkan kinerja otak, meningkatkan motivasi kerja, menurunkan emosi negatif dan menaikkan emosi positif, serta menjernihkan pikiran.

Kamu bisa mengambil waktu istirahat di sela-sela rutinitas yang padat seperti bekerja atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Tak perlu terlalu lama, kamu hanya perlu ambil 30 menit atau bahkan 5 menit untuk merilekskan tubuh. Kamu bisa melakukan power nap atau sekedar berbaring sambil mengosongkan pikiran. Dijamin setelah itu stres akan berkurang dan tubuh kembali segar.

Terapkan Afirmasi Positif

Contoh tulisan afirmasi positif
Afirmasi positif/pexels.com

Afirmasi positif adalah kalimat-kalimat positif yang bisa menaikkan mood, memberikan semangat serta mengubah yang sulit menjadi terasa mudah. Afirmasi positif juga bisa disebut sebagai kalimat penegasan diri dan secara tidak sadar mampu mensugesti diri untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif.

Kamu bisa menerapkan afirmasi positif dalam bentuk tulisan atau berbicara dalam hati. Contohnya adalah ungkapan seperti ‘saya adalah wanita yang hebat’, ‘saya bersyukur atas pemberian Tuhan’, ‘saya adalah orang yang beruntung’, ‘saya yakin hari ini bisa dilewati dengan mudah’.

Lakukan Brain Dump

Latihan brain dump
Brain dump/pexels.com

Stres seringkali ditandai dengan pikiran yang berantakan. Entah karena sedang banyak masalah, banyak pekerjaan yang harus diselesaikan atau solusi yang masih belum jelas. Saat mengalami hal ini, berarti kamu butuh untuk fokus dan menjernihkan pikiran. Brain dump bisa jadi salah satu cara yang tepat untuk menjawabnya.

Brain dump adalah proses mengeluarkan semua yang dipikirkan dalam otak ke media lainnya seperti kertas, handphone atau laptop.

Caranya adalah tulis apapun yang terpikir, pisahkan berdasarkan kategori (ide, tugas, pekerjaan, keinginan), klasifikasikan yang harus dituntaskan, didelegasikan dan dibuang, terakhir buat to-do list.  Cara ini efektif membuat pikiran lebih ringan dan tertata.

Halau stres dengan 4 aktivitas sederhana itu ya, ladies. Semoga harimu selalu produktif dan bahagia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id