sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

4 Alasan Utama Kenapa Orang Memilih Bertahan dalam Hubungan Toxic

Ruhil Anadiah Sabrina | Selasa, 08 Jun 2021 17:30 WIB
4 Alasan Utama Kenapa Orang Memilih Bertahan dalam Hubungan Toxic
toxic relationship/pexels.com
Jakarta -

Semua orang pasti ingin menjalin hubungan relationship yang sehat. Di mana satu sama lain bisa saling mendukung, kalau ada masalah dikomunikasikan, dan bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan. Namun bagaimana jadinya ketika kita terjebak dalam toxic relationship. Di mana hubungan yang dijalin penuh dengan kesedihan, dan menciptakan iklim gak sehat untuk kita sendiri.

Namun sayangnya banyak orang yang sudah tahu hubungan yang dijalin itu beracun, namun masih terus bertahan karena beberapa alasan klise berikut ini. 

1. Karena beralasan masih sayang

masih sayang
masih sayang/pexels.com

Alasan utama kenapa banyak dari kita masih mau bertahan dalam hubungan toksik yaitu, karena beralasan masih sayang. Hemm memang benar ketika sudah sayang dan cinta mati dengan seseorang membuat kita jadi dibutakan karenanya. Perlakuan buruk yang ia lakukan kamu anggap sepele, sebab kamu takut dia akan meninggalkanmu.

Well, jatuh cinta itu gak salah kok, sayang dengan seseorang adalah hak masing-masing, namun jangan karena beralasan masih sayang kamu jadi dibodohi olehnya. Sadar dia orang yang tidak tepat buat kamu, hubungan yang kalian jalin adalah hubungan yang gak sehat lagi dan membuatmu gak bahagia. Maka kenapa juga masih bertahan dalam hubungan ini?

2. Menganggap hubungan ini masih bisa diperbaiki lagi

hubungan bisa diperbaiki
hubungan bisa diperbaiki/pexels.com

Alasan kedua yaitu berharap hubungan ini masih bisa diperbaiki lagi. Namun apa yang bisa kamu harapkan kalau pasangan saja sudah menyakitimu berulang-kali, sering melakukan kesalahan sama, dan membuatmu jauh dari kata bahagia. Sebenarnya gak salah kok berharap hubunganmu bisa kembali membaik, namun kamu harus paham betul batasannya. Jangan mau terluka lagi oleh orang seperti dia. Jadi lebih baik pikirkan ulang apakah masih mau bertahan atau tidak dalam hubungan  ini. 

3. Takut menjalin hubungan baru

wanita ingin menyerah
wanita ingin menyerah/pexels.com

Hal ini biasanya terjadi ketika hubungan yang kamu jalin dengan pacar itu sudah lama. Ya benar, alasan takut menjalin cinta dengan orang baru membuatmu jadi memilih untuk bertahan dalam hubungan toxic. Bisa dikatakan kalian sudah mengenal keluarga masing-masing dan telah menjalin hubungan yang lama, kalau memilih pisah amatlah disayangkan. Padahal sudah jelas kalau hubungan yang kalian jalin selama ini itu gak sehat dan penuh kepalsuan. Tapi karena alasan di atas kamu jadi bertahan. 

4. Karena kamu sudah ketergantungan padanya

hubungan toksik
hubungan toksik/pexels.com

Alasan terakhir kenapa seseorang sulit lepas dari hubungan toksik yaitu, karena sudah ketergantungan pada pasangan. Kamu merasa gak bisa hidup tanpanya, apa-apa harus melibatkan dia, sehingga putus cinta darinya adalah ketakutan yang amat besar dalam hidupmu. Ingat, kamu masih bisa hidup tanpa dia, kamu pun berhak mendapat pasangan yang lebih baik darinya, jadi jangan korbankan kebahagiaanmu sendiri ya. 

Itulah empat alasan utama banyak orang masih mau bertahan dalam hubungan toxic. Semoga setelah ini kamu lebih bijak dalam memilih pasangan ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id