sign up SIGN UP

4 Sikap untuk Menghadapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Ruhil Anadiah Sabrina | Kamis, 08 Jul 2021 09:00 WIB
4 Sikap untuk Menghadapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan
caption
Jakarta -

Perbedaan pendapat, pandangan, dan sudut pasangan dengan pasangan hal yang wajar kok. Sebab ketika menjalin hubungan dengan seseorang kita nggak bisa menyatukan sepenuhnya pikiran tersebut. Karena setiap orang punya pandangannya masing-masing terhadap suatu hal. Karena hal inilah rentan menimbulkan yang namanya konflik hingga pertengkaran dengan pasangan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini. 

1. Belajar Menghargai Pendapat Masing-Masing

pasangan sedang berdiskusi
pasangan sedang berdiskusi (pexels.com)

Sikap pertama untuk menghadapi perbedaan pendapat dengan pasangan yaitu, dengan belajar untuk menghargai pendapat masing-masing. Ingat setiap orang itu punya pendapat dan sudut pandang tersendiri dalam menilai sesuatu. Ketika pasangan punya pendapat lain yang nggak sama denganmu, janganlah langsung marah-marah nggak jelas. Cobalah untuk berpikir terbuka kemudian cari kesepakatan untuk cari jalan keluarnya. Dengan begitu bisa menghindarkanmu dari yang namanya pertengkaran. 

2. Cari Solusi Terbaik 

pasangan sedang berbicara
pasangan sedang berbicara/pexels.com

Setiap masalah itu punya solusi atau jalan keluar terbaik. Termasuk saat mengalami perbedaan pendapat dengan pasangan, pasti konflik tersebut bisa diselesaikan asal kalian mau berusaha untuk cari jalan keluarnya. Cari waktu untuk bicara dari hati ke hati, supaya kalian bisa berpikir jernih dalam memutuskan sesuatu. Belajarlah untuk memikirkan suatu hal nggak hanya dari satu sudut pandang saja, namun bisa berpikir dari sudut mana saja. Dengan demikian kamu masalah bisa cepat terselesaikan. 

3. Komunikasi dengan Pasangan

pasangan berdiskusi
pasangan berdiskusi/pexels.com

Namanya masalah jalan keluar terbaik adalah mengkomunikasikan apa pun itu dengan pasangan. Kalau ada hal yang bertentangan diskusikan bareng, jika ada yang nggak kamu suka darinya bicara langsung. Jangan diam saja dan hanya menunggu pasangan untuk peka. Komunikasi itu sangat penting lho Beauties, mungkin kamu menganggap pendapatmu paling benar, namun belum tentu dia satu pemikiran denganmu. Maka kamu harus bisa terbuka terhadap suatu hal. 

4. Jangan Menganggap Dirimu Paling Benar

pasangan sedang marah
pasangan sedang marah/pexels.com

Kadang nih kalau sudah berdebat dengan pasangan dan bertengkar hebat, kamu jadi menganggap posisimu yang paling benar. Padahal belum tentu lho, dia punya pendapat lain mungkin itu adalah pilihan yang terbaik daripada keputusan yang kamu ambil. Ingat perbedaan ini bukan ajang siapa yang paling benar, siapa yang salah, namun kita harus bisa menghargai pandangan masing-masing.  Jadi, jangan menganggap posisimu saat ini paling benar ya, karena sejatinya hubungan bukan ajang untuk kompetisi. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id