sign up SIGN UP

5 Cara Hempaskan Rasa Dendam Pada Mantan untuk Membuatmu Lebih 'Legowo', Sudah Mencobanya?

Ruhil Anadiah Sabrina | Senin, 06 Sep 2021 21:00 WIB
5 Cara Hempaskan Rasa Dendam Pada Mantan untuk Membuatmu Lebih 'Legowo', Sudah Mencobanya?
caption

Apa hal yang paling menyakitkan dari sebuah hubungan? Ya benar sekali, ketika kita dihadapkan dengan yang namanya perpisahan. Apalagi kalau perpisahan tersebut dengan cara yang nggak baik-baik, kadang bisa menimbulkan rasa dendam. Nah kalau masih menyimpan rasa dendam, pasti deh hidup jadi susah untuk bahagia. 

Meskipun kalian sudah mantan alangkah baiknya untuk tetap menjaga silaturahmi secara baik-baik ya. Nah berikut lima cara menghilangkan perasaan dendam pada mantan supaya nggak jadi penyakit hati dan membuatmu legowo atau lebih ikhlas dengan cerita masa lalu. Simak yuk, Beauties!

1. Belajar untuk Memaafkan

Belajar untuk Memaafkan
Belajar untuk Memaafkan/pexels.com/@keira burton

Cara pertama menghilangkan rasa dendam pada mantan yaitu, belajar untuk memaafkan. Sesakit apa yang kamu rasa, sepatah apa hatimu saat ini, usahakan untuk saling memaafkan. Ya memang tidak mudah karena luka yang kita alami sangat menyakitkan. 

Namun apakah baik jika kita menyimpan dendam terlalu lama? Itu bukan suatu kebenaran, karena bisa membuat hidup sulit untuk bahagia. Belajarlah untuk menerima dan pelan-pelan untuk saling menerima serta mengikhlaskan. 

2. Akui dan Rasakan Perasaan Tersebut

Akui dan Rasakan Perasaan Tersebut
Akui dan Rasakan Perasaan Tersebut/pexels.com/@freestocks

Perasaan sedih, kecewa, sakit hati setelah putus cinta adalah hal yang biasa. Nggak perlu ditampik, nggak perlu dihindari, adakalanya untuk menyembuhkan luka tersebut dengan menerima dan merasakannya.

Nggak masalah kok kamu bersedih, merasa harimu sangat berat, hingga muncul rasa dendam. Justru beri waktumu untuk merasakan duka, namun perlu diingat jangan berlarut-larut. Jika sudah tenang dan mampu berpikir jernih, segera cari solusi dari perasaan tersebut. 

3. Menjauh Sejenak Dari Mantan

Menjauh Sejenak dengan Mantan
Menjauh Sejenak dari Mantan/unsplash.com/jake malera

Jika saat ini masih merasa dekat, nggak ada salahnya kok untuk menjauh sebentar guna menghindari munculnya perasaan negatif. Kamu bisa jaga jarak, unfollow sementara media sosialnya, hingga tidak bertemu.

Dengan menjauh sejenak, hidupmu bisa merasa tenang sehingga tidak diselimuti oleh amarah terus. Nah nanti kalau keadaan sudah membaik dan rasa dendam mulai pudar, kamu bisa menjalin silaturahmi kembali. Namun ingat sewajarnya saja ya, sebatas teman. 

4. Sibukkan Diri Pada Kegiatan Lain

Sibukkan Diri Pada Hal Lain
Sibukkan Diri Pada Hal Lain/unsplash.com/thought catalog

Selain tiga poin di atas cara selanjutnya yaitu cobalah untuk menyibukkan diri. Saat muncul rasa dendam, muncul perasaan nggak suka, dan emosi menyelimuti dirimu, cobalah untuk menyibukkan diri. Alihkan pikiran dengan menyibukkan pada kegiatan lain.  

Kamu bisa fokus terhadap pekerjaan, melakukan hobi yang disuka, melakukan me time, pergi jalan-jalan, dan sebagainya. Percaya deh dengan mengalihkan pikiran pada hal-hal yang baik, hidupmu jadi lebih mengarah pada hal yang positif. 

5. Sadarlah Kisahmu Sudah Menjadi Bagian Masa Lalu

Kisahmu Sudah Menjadi Bagian Masa Lalu
Kisahmu Sudah Menjadi Bagian Masa Lalu/unsplash.com/milan popovic

Daripada mengungkit kejadian dahulu, masih muncul perasaan dendam dengan mantan, lebih baik lekas sadar bahwa kisahmu tersebut sudah menjadi bagian masa lalu. Biarkan cintamu tersebut menjadi bagian perjalanan hidup yang menyimpan kenangannya sendiri.

Abaikan rasa dendam tersebut dan mulailah untuk fokus dengan hidupmu saat ini. Selain itu kamu harus mampu mengendalikan perasaan dan mencari solusi atas apa yang terjadi sekarang. Dengan begitu hidupmu jadi lebih tenang tanpa rasa dendam dengan orang di masa lalu. 

Itulah tips hubungan, lima cara menghilangkan rasa dendam pada mantan. Ingat dendam bagian dari penyakit hati, lebih baik untuk saling memberi maaf meski terkesan sulit. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id