sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Tipe Cinta Menurut Psikologi, Kalau Perasaan Kamu ke Dia yang Mana?

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 13 Apr 2021 08:30 WIB
5 Tipe Cinta Menurut Psikologi, Kalau Perasaan Kamu ke Dia yang Mana?
caption

Kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan kata cinta. Apalagi, jika kamu sedang menjalin sebuah hubungan. Tapi, enggak banyak orang yang tahu tentang definisi cinta yang sebenarnya. Bahkan, enggak banyak orang yang tahu kalau ternyata cinta memiliki beberapa jenis.

Nah, sebelum kamu menyatakannya pada orang lain, kamu harus menelaah dulu jenis cinta apa yang kamu rasakan padanya. Yuk simak 5 diantaranya berikut ini!

Cinta Philautia

Cinta philautia adalah self-love. Sebab, jenis cinta ini memiliki kelebihan dapat mengetahui nilai diri. Sehingga, jenis cinta ini enggak mudah terpengaruh oleh orang lain.
Bahagia/freepik.com

Cinta philautia adalah self-love. Sebab, jenis cinta ini memiliki kelebihan dapat mengetahui nilai diri. Sehingga, jenis cinta ini enggak mudah terpengaruh oleh orang lain. Tapi, jenis cinta ini juga bisa berujung negatif. Hal ini dikarenakan cinta philautia berkaitan dengan narsism dan kepentingan diri sendiri. Positifnya, jenis cinta ini meyakini dan mengasihi diri sendiri terlebih dulu sebelum memberikan hal yang sama pada orang lain.

Cinta Philia

Tipe cinta ini bersifat relational dan dipandang sebagai pribadi yang memiliki kualitas baik serta ciri khas yang unik. Misalnya saat kita jatuh cinta pada seseorang karena fisiknya yang cantik, ramah, sabar, pintar dan lemah lembut. Jenis cinta ini dapat terjadi pada sesame gender maupun berbeda gender. Jadi ketika kamu merasa memiliki ikatan rasa dengan sahabatmu atau pasanganmu, berarti kamu sedang mengalami jenis cinta ini.

Cinta Ludus

Ciri dari cinta ludus adalah bersifat kekanakan. Tipe cinta ini hanya ingin bermain-main saja.
Pasangan Kekasih/freepik.com

Ciri dari cinta ludus adalah bersifat kekanakan. Tipe cinta ini hanya ingin bermain-main saja. Misalnya seperti menggoda, usil, dan sering flirting. Cinta ludus umumnya terjadi pada masa PDKT. Sebab, jenis cinta ini cenderung playful, innocent, dan bebas. Jenis cinta ini juga cenderung menimbulkan harapan palsu karena belum menginginkan komitmen di dalamnya.

Cinta Pragma

Berbeda dengan cinta ludus, jenis cinta ini merupakan cinta yang realistis, dewasa, dan memiliki jangka panjang pada hubungannya. Cinta ini juga memberikan prioritas pada kesabaran, toleransi dan tanggung jawab. Selain itu, tipe ini juga cenderung bijaksana dan paling sejati serta tulus. Namun, cinta ini memiliki proses yang cukup panjang sebelum akhirnya bisa berlabuh. Tipe cinta inilah yang pada akhirnya membawa pasangan ke jenjang pernikahan.

Cinta Storge

Terakhir, cinta storge dalam psikologi sudah dirasakan sejak dalam kandungan. Jenis cinta ini merupakan bentuk cinta dari orang tua kepada anak-anaknya.
Keluarga/freepik.com

Terakhir, cinta storge dalam psikologi sudah dirasakan sejak dalam kandungan. Jenis cinta ini merupakan bentuk cinta dari orang tua kepada anak-anaknya. Tak hanya itu saja. Kalau kamu berhasil menerapkan cinta ini dalam pernikahan, maka kemungkinan pernikahanmu pun akan langgeng.

Sebab, jenis cinta ini sangat tulus dan tanpa syarat. Kamu sama sekali enggak memiliki alasan mengapa bisa mencintainya. Walaupun terkadang orang tersebut membuatmu jengkel, tapi rasa cintamu padanya tak akan bisa pudar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id