sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Tips Atasi Cemburu Berlebih dalam Hubungan Asmara

Esra Dopita | Minggu, 07 Jun 2020 23:13 WIB
5 Tips Atasi Cemburu Berlebih dalam Hubungan Asmara
caption

Hubungan asmara tak terlepas dari cemburu. Perasaan ini sebenarnya wajar saja dan tak selalu negatif. Cemburu juga dapat menunjukkan bahwa kita mencintai pasangan. Namun, terus-menerus cemburu dan berlebihan juga tak baik bagi hubungan, bahkan dapat membuat hubungan asmara kandas. Nah, berikut ini tips mengatasi cemburu berlebih dalam hubungan. 

Berpikir Positif 

image
https://unsplash.com/@lauradewilde97

Rasa cemburu datang dari pikiran negatif yang dibiarkan. Dari pikiran negatif, muncul rasa cemas, khawatir, tidak percaya, dan ujung-ujungnya membuat cemburu. Karena itu, ketika cemburu, cobalah tidak memikirkannya dan mengalihkan ke kesibukan lain. Tak lupa, berpikir positif juga kepada pasangan. Sikap positif ini tak hanya membuat kamu tenang, tapi juga meningkatkan rasa percaya kepada pasangan. 

Bicarakan pada Pasangan 

image
https://unsplash.com/@christinhumephoto

Daripada menduga-duga pasangan berbuat aneh yang bikin kamu masih cemburu, lebih baik kamu membicarakan hal ini langsung kepada si doi. Bicarakan dalam kondisi tenang dan santai. Ungkapkan dengan jujur serta terbuka tentang kecemburuan yang kamu rasakan. Dengan begitu, pasangan mengetahui yang sebenarnya dan bisa jujur. Ia pun akan lebih menghargai perasaanmu dan menjaga sikap ke depannya. 


Rasa Percaya 

image
https://unsplash.com/@josephyates_

Ada beberapa kebiasaan yang membuat hubungan menjadi beracun. Misalnya, meminta pasangan untuk terus mengabari setiap jam. Sikap ini tentu akan mengganggu dan membuat kesal pasangan, yang akhirnya merusak hubungan. Cobalah membuang hal ini dan saatnya saling percaya. Dengan saling percaya, hubungan jauh dari konflik, harmonis, serta membuat kamu terhindar rasa cemburu.

Sebaliknya, tanpa kepercayaan hubungan akan rusak. Memberikan kepercayaan dalam hubungan sebetulnya memberikan tanggung jawab untuk saling menjaga hati dan perasaan masing-masing. Percayalah bila pasangan betul-betul mencintai dan setia, dia tak akan mengkhianatimu. 

Mengingat Sikap Pasangan 

image
https://unsplash.com/@prins_the_filmer

Selain pikiran negatif, cemburu juga muncul dari ketakutan tanpa alasan. Hal paling sering adalah ketakutan pasangan akan meninggalkan atau berselingkuh. Akibatnya, kamu mengekang pasangan bermain bersama teman-temannya. Padahal, hal ini justru dapat membuat pasangan menjauh darimu. Cobalah mengingat sikap pasangan selama ini setiap cemburu muncul. Bila selama berpacaran, pasangan tak pernah melakukan hal aneh-aneh dan setia, rasanya kamu tak perlu cemburu atau curiga. 

Jangan Mencintai Berlebihan 

image
https://unsplash.com/@priscilladupreez

Terlalu mencintai pasangan juga dapat menimbulkan rasa cemburu berlebihan. Karena itu, mencintai sewajarnya agar tak menimbulkan perasaan negatif. Ingatlah bahwa hidup tak selalu tentang urusan asmara. Fokuslah pada hal penting lainnya seperti pekerjaan, pertemanan, juga keluarga. Bagaimana pun kehidupan harus seimbang. Ingat sesuatu yang berlebihan itu enggak baik ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id