sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Tips Ngobrol dengan Pasangan Agar Tak Mudah Salah Paham

Dian Aprilia | Selasa, 23 Feb 2021 21:00 WIB
5 Tips Ngobrol dengan Pasangan Agar Tak Mudah Salah Paham
Ilustrasi komunikasi/ foto: pexels.com
Jakarta -

Komunikasi yang baik adalah salah satu kunci keharmonisan pasangan. Sebab jika komunikasi berjalan dengan lancar, maka bisa meminimalisir adanya kesalahpahaman, cekcok dan konflik pada setiap pasangan. Oleh sebab itu, penting sekali bagi setiap pasangan untuk melatih diri agar mampu ngobrol efektif dengan pasangan.

Jangan hanya mengenggam kuat ego masing-masing, lalu memilih diam saat sedang marah atau sekedar memberikan kode-kode yang bikin kepala tambah pusing. Ingat, bahwa kalian sudah dewasa dan sudah menjalin ikatan hubungan, maka jujur dan keterbukaan adalah kunci penting untuk menjalin hubungan yang sehat.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips ngobrol dengan pasangan agar tak mudah salah paham:

Jangan Menuduh, Sampaikan Kebutuhan

Jangan menuduh
Jangan menuduh/pexels.com

Saat merasa pasanganmu berbuat salah, awali komunikasi dengan menyampaikan kebutuhanmu bukan menuduh. Tak jarang, wanita yang sudah terlanjur emosi gampang mengeluarkan kata-kata pedas yang menohok dan berbau penuduhan.

Alih-alih berkata, “Ih sekarang kamu gak pernah punya waktu, lebih pilih main sama teman dibandingkan jalan berdua sama aku dan anak-anak”, lebih baik kamu berkata, “Aku ingin kamu meluangkan waktumu untuk quality time dengan keluarga. Aku dan anak-anak butuh kasih sayang dan kehadiranmu.”

Dengarkan Pembicaraan Pasangan

Mendengarkan
Mendengarkan/pexels.com

Mengungkapkan perasaan dan juga uneg-uneg tentu bukan hal yang mudah, untuk itu saat pasanganmu berani mengambil langkah untuk membicarakan perasaannya, kamu perlu menghargai dan juga mendengarkannya dengan seksama.

Penting untuk tidak berpersepsi macam-macam atas apa yang ingin disampaikan pasangan, agar suasana hati tak berubah. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mendengarkannya dengan objektif dan netral serta menerima keluh kesah tersebut dengan lapang dada.

Respon Permintaan Pasangan dengan Pertanyaan

Respon permintaan pasangan
Respon permintaan pasangan/pexels.com

Jika pasangan memberikan permintaan atau menyampaikan kebutuhan, jangan langsung mengelak, menolak, atau bahkan menyalahkan keinginan tersebut. Kamu bisa membalasnya dengan pertanyaan yang sopan dan juga lembut.

Agar tidak salah paham atau terlanjur terbakar emosi, kamu bisa bertanya agar mendapatkan kejelasan dari pasangan. Misalnya, “Apa yang perlu aku lakukan supaya dekat dengan anak-anak”, “Mengapa kamu merasa kurang diperhatikan? Bagaimana aku harus bersikap agar lebih perhatian kepadamu?”. Ungkapkan hal tersebut dengan tulus, bukan dengan nada emosi ataupun kekesalan.

Berikan Apresiasi pada Pasangan

Apresiasi
Apresiasi/pexels.com

3 kata ajaib, tolong, terima kasih, dan maaf adalah kata yang bagus pula digunakan dalam setiap hubungan, termasuk dengan pasangan. Saat pasanganmu melakukan hal yang baik, berani menyampaikan uneg-uneg, mendengarkan pembicaraan kita, menjalankan kewajiban dan perannya dengan baik, jangan lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

Lengkapi dengan Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal
Komunikasi nonverbal/pexels.com

Berbicara tentang komunikasi tidak hanya terbatas pada komunikasi verbal saja, melainkan ada pula komunikasi nonverbal. Seperti memberikan pelukan hangat, sentuhan, ciuman dan lainnya. Agar tak salah paham dengan ucapan atau saran yang kamu berikan, kamu bisa mengatakan ‘Aku mengerti, aku percaya padamu’ dengan menggenggam tangan pasangan.

Kamu bisa mengutarakan perhatian dan kepedulianmu terhadap pasangan dengan elusan lembut di kepala, punggung atau juga pelukan. Kamu bisa mengutarakan betapa cintanya kamu dengan pasangan dengan ciuman lembut setiap malam atau pagi.

Itulah 5 tips ngobrol dengan pasangan agar terhindar dari salah paham. Hubungan pernikahan itu adalah pembelajaran seumur hidup, jadi penting untuk introspeksi, evaluasi dan saling mendukung dengan pasangan.                

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id