sign up SIGN UP

Alami Toxic Relationship? Cari Tahu Dampak Negatifnya!

Cinta Ananda | Senin, 07 Dec 2020 23:00 WIB
Alami Toxic Relationship? Cari Tahu Dampak Negatifnya!
caption

Terkadang saking bucinnya alias budak cinta, kamu suka tidak sadar kalau ternyata pasangan kita adalah seorang yang toxic dalam hubungan. Bahkan sering juga memberikan dampak yang negatif ke diri kamu.

Terjebak dalam hubungan yang toxic memang mimpi buruk, dan tentu tidak semua orang menginginkannya. Akan tetapi, untuk bisa keluar dari hubungan ini tentu tidak mudah. Biasanya kamu masih memilih untuk tetap bertahan.

Tapi sebenarnya, apasih dampak negatif jika kita masih bertahan dalam toxic relationship. 

1. Kurangnya Percaya Diri 

Kurangnya Percaya Diri/source:freepik.com
Kurangnya Percaya Diri/source:freepik.com

Ketika memaksakan diri bertahan dalam toxic relationship, rasa percaya diri kamu lama-lama akan pudar. Kamu akan merasa diri selalu kurang dan akhirnya malah menyalahkan diri sendiri. 

Kamu tidak merasa cukup untuk pasangan, padahal sebenarnya dia lah yang toxic buat kamu. Seharusnya pasangan saling men-support dan saling membantu. 

2. Emosi Tidak Stabil

Emosi Tidak Stabil/source:freepik.com
Emosi Tidak Stabil/source:freepik.com

Ketika sedang bertengkar dengan pasangan yang toxic, emosi jadi enggak stabil banget. Jadi marah, sedih, kesal semuanya campur aduk. Selain itu, kamu juga malah jadi melampiaskan ke orang yang jelas-jelas tidak ada salah.

Secara enggak langsung hal tersebut bikin kamu jadi ikutan toxic. Kamu memberikan vibes yang negatif buat orang-orang di sekitar. Mood kamu juga jadi tidak beraturan dan akhirnya bikin hari-hari jadi tidak menyenangkan. 

3. Kehilangan Fokus

Kurang Fokus/source:freepik.com
Kurang Fokus/source:freepik.com

Perasaan marah, sedih, jengkel membuat kamu jadi kurang fokus pada pekerjaan kamu. Pikiran kamu buyar karena adanya perubahan suasana hati yang tidak menyenangkan dapat mengganggu pekerjaan kamu. Kamu pun akhirnya jadi bermalas-malasan dan tidak produktif lagi.  

4. Stress

Stress/source:freepik.com
Stress/source:freepik.com

Tidak keluar dari toxic relationship bisa menyebabkan stress hingga depresi bagi kamu. Ketika kamu bertengkar dengan pasangan toxic kamu, mereka akan memberi tekanan kepada kamu, sehingga kamu merasa tidak nyaman. 

5. Gangguan Psikologis

Gangguan Psikologis/source:freepik.com
Gangguan Psikologis/source:freepik.com

Gangguan psikologis yang disebabkan karena toxic relationship dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Jika gangguan nya sudah berupa social anxiety, panic attack, bahkan sampai bisa melukai diri sendiri sebaiknya tangani dengan serius karena hal tersebut berisiko tinggi. 

Keluar dari suatu hubungan yang sudah sangat beracun memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika hubungan tersebut sudah bertahan lama. Sebaiknya pikirkan dengan matang dan segera lah keluar dari hubungan tersebut. Love yourself first, Ladies. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id