sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Biar Tidak Menyinggung Hatinya, Ini 5 Sikap Halus Menolak Cinta Seseorang

Ruhil Anadiah Sabrina | Rabu, 26 May 2021 10:15 WIB
Biar Tidak Menyinggung Hatinya, Ini 5 Sikap Halus Menolak Cinta Seseorang
caption
Jakarta -

Berbicara tentang perasaan memang tidak bisa ditebak. Pada siapa kita akan jatuh cinta, pada siapa hati ini akan berlabuh, pun siapa orang yang menyukai kita semuanya sulit untuk ditebak. Kadang nih saat ditembak oleh seseorang yang gak kita suka, kita dihadapkan oleh pilihan yang tidak mudah. Mau menerima tapi hati tidak bisa dipaksakan, mau menolak tapi takut menyinggung dan menyakiti perasaan.

Nah, di situasi ini kamu pasti gak ingin dong kalau kalian jadi musuhan cuma gara-gara cinta ditolak. Supaya gak menyinggung perasaan, ini lima tips menolak cinta seseorang secara halus yang bisa kamu coba. 

1. Hadapi dengan tenang lalu katakan secara terus terang

pasangan
pasangan/unsplash.com

Sikap pertama menolak cinta seseorang secara halus yaitu, dengan menghadapinya secara tenang lalu mengatakan secara terus terang. Kalau memang gak tertarik katakan secara jujur bahwa perasaanmu gak bisa dipaksakan untuk membalas cintanya. Memang gak mudah untuk mengatakan namun membohongi perasaan sendiri juga tidak dibenarkan.

Oleh karena itu jangan menunda-nunda apalagi membohongi perasaan hanya karena tidak enak untuk menolaknya. 

2. Jangan memberi harapan palsu

pemberi harapan palsu
pemberi harapan palsu/unpslash.com

Sikap selanjutnya yaitu janganlah memberi harapan palsu padanya. Semakin menunda menyatakan, semakin dia berharap bahwa kamu memiliki perasaan yang sama. Maka kalau dari awal memang tidak suka, tolak secara langsung. Jangan malah memberi perhatian ini itu atau menanggapi perasaannya, sebab itu bisa membuat dia jadi berharap lebih dan merasa dipermainkan olehmu.

Maka, jangan coba-coba memberi harapan palsu ya, sebab perasaan bukan untuk dipermainkan. 

3. Hargailah usahanya untuk menyatakan cinta padamu

menyatakan cinta
menyatakan cinta/pexels.com

Siapa bilang menyatakan cinta itu mudah? Tidak sama sekali, sebab gak semua orang berani untuk mengungkapkan perasaannya pada orang tersayang. Maka kalau ada seseorang yang berani menyatakan cinta padamu meski bukan orang yang kamu suka, hargailah. Ucapkanlah terima kasih dan apresiasi keberanian dia. Dengan begitu meski cintanya gak terbalas, setidaknya perasaan dia sudah lega karena dia berani untuk menyatakan.

Kadang nih seseorang menyatakan cinta gak menuntut untuk dicintai balik kok, namun supaya kamu mengetahui perasaannya saja. 

4. Tetap berteman baik

berteman baik
berteman baik/pexels.com

Sikap selanjutnya menolak cinta secara halus yaitu, dengan mengajaknya untuk berteman baik. biasanya nih saat cinta ditolak akan berakhir jadi musuh, namun gak ada salahnya juga untuk menjalin pertemanan. Katakan padanya bahwa penolakan ini bukan akhir dari segalanya, kalian bisa tetap bersahabat dengan begitu bisa mengobati sedikit rasa kecewanya dan silaturahmi kalian tetap terjaga baik.

5. Beri waktu dia untuk menenangkan perasaannya sendiri

laki-laki patah hati
laki-laki patah hati/pexels.com

Sikap terakhir yaitu beri waktu dia untuk menenangkan perasaannya. Bohong kalau perasaannya baik-baik saja, mungkin dia bilang tidak apa-apa namun yang namanya ditolak cinta pasti ada rasa nyesek. Oleh karena itu, berilah dia waktu untuk menenangkan perasaan. Jangan ganggu dia, dan biarkan hatinya damai lebih dulu. Jangan malah kamu memberi perhatian ini itu, karena bisa membuatnya jadi salah paham mengenai perasaanmu. 

Gimana pun bentuknya ditolak cinta itu hal yang menyesakkan. Namun dengan menolak secara halus setidaknya gak memberi goresan luka yang dalam. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id