sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ekpresikan Cinta dengan 5 Love Languages Ini! Kamu yang mana?

Sarah Agustianti | Sabtu, 20 Mar 2021 19:00 WIB
Ekpresikan Cinta dengan 5 Love Languages Ini! Kamu yang mana?
caption

Mencintai dan dicintai telah menjadi kebutuhan fundamental seorang manusia. Cinta hadir dalam berbagai aspek kehidupan, tak  terkecuali diantara keluarga, teman bahkan pasangan. Terutama dalam menjalin hubungan dengan pasangan, ada baiknya kamu memahami Love Languages atau bahasa cinta masing-masing secara tepat agar dapat mencintai pasangan lebih baik dengan cara yang mereka inginkan.  

Apa itu Love Language? Teori romantis ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman pada tahun 1992 lewat bukunya yang berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate. Jadi, pada dasarnya ada 5 bahasa cinta yang bisa kamu terapkan dalam sebuah relationship

Mengapa mengetahui love languages itu penting, Ladies? karena bahasa cinta yang kamu dan pasangan inginkan bisa jadi berbeda. Kamu perlu memahaminya agar mengungkapkan rasa sayang kepadanya bisa tepat sasaran sesuai dengan apa yang ia ekspektasikan tanpa harus menerka-nerka ia akan suka atau tidak dengan perlakuanmu itu.

Dengan begitu, ikatan cinta kalian bisa semakin kuat. Yuk kenali dan ekspresikan 5 bahasa cinta ini untuk improve hubungan kamu dengan Si dia, Ladies!

1. Penegasan Kata Cinta (Words Of Affirmation)

Ekspresikan 5 Love Languages/pexels.com
love languages/pexels.com

Salah satunya ada Words Of Affirmation, yakni penegasan ungkapan cinta melalui kata-kata positif. Orang-orang yang memiliki kecenderungan bahasa cinta ini sangat menginginkan sesuatu yang bersifat verbal dari pasangan, seperti ungkapan cinta, pujian maupun kata-kata penyemangat. Diantaranya kalimat seperti “Aku sayang kamu”, “Kamu sangat berarti untukku”, “Aku sangat menghargai apa yang Kamu lakukan”, “Kamu baik sekali” atau sekadar ucapan “Terima kasih” yang tulus dari pasangan akan membuatnya merasa dicintai.

Kamu juga dapat mengatakannya secara langsung ataupun lewat chat maupun surat, Ladies. Apalagi kalau kamu berbakat dalam menulis puisi ataupun kalimat romantis, hal tersebut bisa kamu terapkan dalam hubungan, Ladies. Show your love languages! 

2. Melayani (Acts Of Service) 

Ekspresikan 5 Love Languages/pexels.com
love languages/pexels.com

Berbeda dengan penegasan melalui kata cinta verbal, Love Languages ini lebih kepada aksi nyata kamu dalam membantu pasangan nih, Ladies. Bahasa cinta Acts of Service yang bersifat melayani dapat kamu refleksikan menjadi hal-hal sederhana seperti membantunya mengerjakan tugas, membuatkannya masakan favorit, membukakan pintu, membantunya membersihkan rumah atau hal-hal kecil lainnya yang dapat meringankan tanggungjawabnya.

Dengan ikut ambil andil dalam membantu pasangan, ia akan merasakan cinta yang tulus dari kamu tanpa perlu diungkapkan dengan kata-kata, Ladies. Kamu sudah sering membantunya dalam segala hal? Kalau begitu pertahankan aksimu! 

3. Waktu Berkualitas (Quality Time) 

Ekspresikan 5 Love Languages/pexels.com
love languages/pexels.com

Menghabiskan waktu berdua tentunya sudah menjadi agenda wajib bagi para pasangan kekasih, namun sudahkah waktu bersama kalian selama ini menjadi yang berkualitas? Quality time dalam love languages dapat didefinisikan sebagai pay attention to each others yang menjadi inti dari kebersamaan.

Kamu meluangkan dirimu dengan segenap perhatian untuknya tanpa ada gangguan dari pekerjaan, gadget atau hal lain yang biasanya menghalangi kalian untuk deep talk. Berkomunikasi dan memberikan perhatian penuh akan membuatnya merasakan cinta di momen itu. Kamu bisa ciptakan waktu bersama yang berkualitas versi kamu dan bisa diselingi dengan kegiatan yang melibatkan hanya kalian berdua, Ladies. 

[Gambas:Instagram]

4. Menerima Hadiah (Receiving Gifts)

Ekspresikan 5 Love Languages/pexels.com
love languages/pexels.com

Kamu dan pasangan suka bertukar hadiah di momen penting? Mungkin receiving gifts merupakan salah satu main love languages kalian. Tentu saja dalam hal ini bukan hadiah atau kado yang menjadi highlight ya, Ladies. Melainkan bentuk perhatian dibalik pemberian hadiah tersebut yang menjadi esensinya.

Beberapa orang yang suka diberi hadiah lebih menghargai usaha si pemberi untuk memberikan sesuatu yang berharga untuknya. Jika kamu bukan tipe yang bisa mengungkapkan dengan kata-kata cinta, kamu bisa memulainya dengan memberikan hadiah atau kejutan yang bermakna. 

5. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Ekspresikan 5 Love Languages/pexels.com
love languages/pexels.com

Pernahkah kamu memberikan hadiah kepada pasangan, namun ia malah tampak biasa saja? Tapi, siapa tahu sebenarnya bukan karena ia tidak suka dengan hadiahnya sih, Ladies.

Mungkin perlakuan tersebut hanya bukan love languages yang ia harapkan. Bisa jadi bahasa cinta ia lebih kepada sentuhan fisik denganmu seperti berpegangan tangan, berpelukan hingga berciuman. Bahkan hanya dengan memengang pundaknya ataupun mengelus punggungnya bisa membuatnya merasakan kasih sayang kamu yang amat dalam. Kamu bisa menjadikan physical touch sebagai gaya komunikasi kamu dalam mencintai pasangan, Ladies! 

Dari kelima love languages di atas, bahasa cinta kamu cenderung yang mana nih, Ladies? Jika kamu masih belum yakin mana yang benar-benar sesuai, kamu bisa mengenali bahasa cinta kamu dan pasangan lewat 5 Love Languages test di Quizzes - The 5 Love Languages Happy loving! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id