sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Habis Putus Cinta? Inilah Cara Membangun Rasa Percaya Diri Setelah Putus Hubungan

Astari Dewi Larasati | Rabu, 07 Oct 2020 17:00 WIB
Habis Putus Cinta? Inilah Cara Membangun Rasa Percaya Diri Setelah Putus Hubungan
caption
Jakarta -

Melepas komitmen setelah lama membangun dengan mantan pasangan memang menyakitkan. Bahkan kebanyakan wanita setelah putus hubungan akan merasa rendah diri. Entah merasa dirinya tidak pantas untuk pria yang dicintai, membandingkan dirinya dengan orang lain hingga pikiran yang membuatnya rendah diri.

Kesedihan setelah putus cinta memang wajar, namun bukan berarti berlarut-larut dalam kegundahan. Hal ini akan membuat rugi diri sendiri bahkan orang terdekat. Maka dari itu, cobalah cara untuk membangun rasa percaya diri setelah putus hubungan sebagai berikut ini.


Bersedih setelah putus cinta wajar

Ada sesuatu yang harus dipercaya bahwa tiap kejadian pasti ada alasan dibaliknya.
Bersedih setelah putus cinta wajar/freepik.com

Kebanyakan orang berpikir, setelah putus hubungan akan cepat bangkit kembali. Namun ada sesuatu yang harus dipercaya bahwa tiap kejadian pasti ada alasan di baliknya. Apakah hal ini dapat membuat diri menjadi lebih dewasa atau sebaliknya. Maka dari itu, biarkan diri bersedih setelah putus cinta adalah wajar tapi jangan sampai berlama-lama. Izinkan diri bersedih dan menjadi rentan untuk sementara waktu.

Ciptakan penyembuhan dan pemahaman

Hanya karena hubungan tidak lancar bukan berarti hubungan diri sendiri juga tidak bisa berjalan dengan baik.
Ciptakan penyembuhan dan pemahaman/freepik.com

Gunakan waktu setelah putus hubungan dengan memanjakan diri sendiri dan melakukan perawatan. Hanya karena hubungan tidak lancar bukan berarti hubungan diri sendiri juga tidak bisa berjalan dengan baik. Dari waktu menyendiri inilah yang akan membuat pikiran terbuka dan mengarah pada arah kemajuan atau positif. Tentunya waktu untuk move on tidaklah sebentar dan membutuhkan proses.

Kelilingi diri dari keluarga serta teman dekat

Keluarga dan teman dekat yang dapat mendengarkan keluh kesah dan memberikan pundak untuk bersandar.
Kelilingi diri dari keluarga serta teman dekat/freepik.com

Memiliki support system yang sehat akan membantu galau sembuh lebih cepat dan merasa percaya diri. Keluarga dan teman dekat yang dapat mendengarkan keluh kesah dan memberikan pundak untuk bersandar. Pastikan untuk selalu bertemu dan dikelilingi oleh keluarga serta teman dekat. Hal ini mengingatkan bahwa kebahagiaan masih bisa didapatkan dan tertawa lebar.

Capai tujuan yang pernah ditinggalkan

Jangan biarkan hubungan masa lalu menghalangi setiap impian yang ingin diraih.
Capai tujuan yang pernah ditinggalkan/freepik.com

Mungkin ada satu atau dua tujuan yang pernah ditinggalkan karena hubungan sebelumnya. Maka saat ini adalah suatu kesempatan besar untuk mengejar dan mewujudkan tujuan tersebut. Jangan biarkan hubungan masa lalu menghalangi setiap impian yang ingin diraih. Kesuksesan datangnya dari sendiri bukan dari orang lain. Jangan sampai kedepannya ada rasa penyesalan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id