sign up SIGN UP

Hiks! Selain Bikin Gagal Move On, Ternyata Ini Efek Buruk Stalking Mantan

aqillah diaz | Rabu, 03 Nov 2021 15:30 WIB
Hiks! Selain Bikin Gagal Move On, Ternyata Ini Efek Buruk Stalking Mantan
caption

Stalking adalah aktivitas atau kegiatan mengamati dan mengawasi secara berulang kali dan diam-diam oleh seseorang atau sekelompok orang pada orang lain. Stalking dapat dilakukan oleh siapa saja dan kepada siapa aja. Hal yang biasa dilakukan adalah stalking mantan. Banyak hal yang membuat seseorang masih melakukan hal ini, seperti belum bisa move on dari hubungan sebelumnya, masih ingin mengetahui keadaan mantan dan berharap mantan menyesal, terobsesi dengan mantan, dan lainnya. 

Stalking mantan biasanya sering dilakukan setelah putus. Bahkan kebiasaan ini bisa membuat ketagihan dan membuatmu menjadi susah untuk move on. Nah, kebiasaan ini sangat nggak sehat, Beauties!

Sebaiknya kamu hentikan kebiasaan buruk ini karena dapat mengganggu psikologis. Selain itu, juga terdapat beberapa efek buruk lainnya. Berikut beberapa efek buruk stalking mantan.

Lebih Susah Move On

Lebih Susah Move On / foto : pexels.com/LizaSummer
Lebih Susah Move On / foto : pexels.com/LizaSummer

Stalking menjadi salah satu hal yang harus dihindari karena membuatmu menjadi lebih susah untuk move on. Biasanya hal ini kamu lakukan untuk mengetahui kabar atau keadaan mantan.

Ketika membuka sosial media, baik Instagram, Twitter, dan Facebook pasti kamu mengecek foto-fotonya dan kamu mulai untuk menilai apakah hidupnya lebih baik atau tidak. Nah, hal ini membuat perasaan susah move on akan terus muncul meskipun kamu sudah berusaha untuk melupakannya. 

Membuka Luka Lama

Membuka Luka Lama / foto : pexels.com/mikoto.raw
Membuka Luka Lama / foto : pexels.com/mikoto.raw

Stalking mantan itu normal, tetapi itu tidak sehat jika dilakukan. Bahkan hal ini dapat membuka luka lama kalian. Padahal sebenarnya kamu sudah move on, tetapi ketika kamu melihatnya melalui sosial media, pasti kamu akan teringat olehnya dan bisa membuat perasaan sakit hati yang dulu muncul kembali. 

Menghancurkan Kebahagiaan Diri Sendiri

Menghancurkan Kebahagiaan Diri Sendiri / foto : pexels.com/SofiaAlejandra
Menghancurkan Kebahagiaan Diri Sendiri / foto : pexels.com/SofiaAlejandra

Efek buruk lainnya adalah dapat menghancurkan kebahagiaan diri sendiri. Saat sedang stalking pasti kamu pernah merasa marah atau sedih, bukan? Nah, hal ini yang membuat kamu emosi dan berpikiran negatif, sehingga membuatmu semakin marah dan sedih. Sebaiknya hindari hal ini agar keadaanmu lebih baik, Beauties. 

Rentan Mengalami Stres dan Membuat Emosi Tidak Stabil

Rentan Mengalami Stres dan Membuat Emosi Tidak Stabil / foto : pexels.com/LizaSummer
Rentan Mengalami Stres dan Membuat Emosi Tidak Stabil / foto : pexels.com/LizaSummer

Berdasarkan penelitian, stalking mantan dapat membuatmu mengalami stres karena pemikiran negatif akan selalu muncul. Kemudian hal ini akan membuat emosi kamu tidak stabil, seperti mudah marah. Sebaiknya hindari hal ini agar kamu tidak depresi dan cobalah untuk melakukan hal positif yang membuatmu lebih bahagia. 

Suka Membanding-Bandingkan

Suka Membanding-Bandingkan / foto : pexels.com/OmkarPetyane
Suka Membanding-Bandingkan / foto : pexels.com/OmkarPetyane

Tanpa disadari, ketika kamu stalking mantan, kamu akan membandingkan mantan dengan pasangannya saat ini. Nah, hal ini akan membuatmu menjadi insecure dan berusaha untuk menunjukkan bahwa kamu juga bisa melakukan hal itu dengan mengunggah postingan di sosial media. 

Itulah beberapa efek buruk yang dapat kamu alami jika sering melakukan stalking. Meski awalnya susah, tetapi harus berusaha untuk menghentikannya dengan melakukan beberapa cara, seperti mencari kesibukan lain atau beristirahat sejenak dari sosial media. Semangat ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id