sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hubungan Terhalang Restu Orang Tua, Apa yang Harus Dilakukan?

Fafa | Minggu, 21 Jun 2020 15:00 WIB
Hubungan Terhalang Restu Orang Tua, Apa yang Harus Dilakukan?
caption

Gagal menikah karena terhalang restu orang tua bikin hati sedih dan perih berkepanjangan. Namun, bagaimanapun juga, pendapat orang tua tidak boleh diabaikan begitu saja Ladies. Pasti orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak tercintanya.

Apabila kamu merasa dia yang terbaik dan patut diperjuangkan, tips di bawah ini bisa kamu coba terapkan untuk mengantongi restu orang tua.

Bertanya tentang Alasan Orang Tua tidak Merestui

ibu dan anak sedang berbincang-bincang
ibu dan anak/pexels.com/@cottonbro

Kamu wajib mengetahui alasan orang tua tidak merestui hubunganmu dengan si dia. Cobalah bertanya secara baik-baik dengan kepala dingin dan saat waktu yang tepat kepada orang tuamu. Saat orang tua mengutarakan pendapatnya, jangan membantah, redam emosimu, dengarkan dan catat poin-poinnya di kepala.


Berfikir Jernih, Logis dan Mendalam

wanita yang sedang duduk dan termenung sendirian
wanita merenung/pexels.com/@minan1398

Jika sudah mencatat alasan orang tua tidak menyukai pasanganmu, saatnya bagi kamu untuk merenung dan memikirkan kembali alasan-alasan tersebut.

Misalnya, orang tua tidak merestui doi karena pengangguran, apabila kamu merasa pendapat itu salah, saatnya untuk mencari trik cantik mengenalkan pacar lebih dekat dengan orang tua. Sebaliknya, jika pendapat itu benar, sudah saatnya kamu memikirkan kembali hubunganmu sebelum nekat melangkah ke jenjang pernikahan.

Diskusi dengan Pasangan

pasangan yang sedang terlibat diskusi penting
diskusi pasangan/pexels.com/@cottonbro

Ceritakan secara baik-baik alasan orang tuamu tidak merestuinya. Ajak dia merubah stigma negatif tersebut. Jika pasanganmu sepakat dan setuju untuk berubah menjadi lebih baik demi mendapat restu orang tua, itu berarti, kamu hanya perlu bersabar menunggu waktu yang tepat dan berusaha meyakinkan orang tuamu bahwa stigma negatifnya itu salah.

Mengajari Pacar tentang Orang Tuamu

Pasangan yang duduk berdua dan berbicara
Pasangan sedang Berbicara/pexels.com/@polina-zimmerman

Bukan hanya atasan kerja saja yang perlu disenangkan, orang tua juga Ladies, agar mau merestui hubungan kalian. Disini, kamu butuh trik cantik dan kerjasama yang baik dengan pasangan.

Beritahu segala sesuatu yang disenangi orang tuamu, seperti membawa kue kesukaannya, berpakaian rapi saat bertamu, serta mencium tangan orang tua saat pamit pulang. Ceritakan juga karakter ayah dan ibu kamu Ladies, agar pacar tidak sampai salah tingkah yang bikin orang tua kamu semakin ilfeel.

Kompromi dengan Kemauan Orang Tua

Ibu dan anak sedang membuat kue sambil berbicara satu sama lain
quality time anak dan ibu/pexels.com/@olly

Nah Ladies, selain bersabar, kamu juga harus mau berkompromi dengan keinginan orang tua. Misalnya, jika orang tua tidak suka pacar kamu karena penampilannya yang terkesan urakan, tidak ada salahnya merubah penampilannya agar terlihat lebih rapi, wangi dan sopan di depan orang tuamu.

Bercerita tentang Kebaikan Pacar

orang tua dan anak sedang bermain ponsel
orang tua dan anak /pexels.com/@polina-zimmerman

Saat sedang bersantai bersama orang tua, kamu bisa bercerita tentang kebaikan-kebaikan pacar kamu. Bila perlu, tunjukkan bukti kebaikan tersebut. Seperti, dia membeli cincin untukmu sebagai bukti keseriusannya, dan masih banyak lagi.

Membawa Pacar ke Acara Keluarga

orang berkumpul di luar rumah untuk acara keluarga
acara keluarga/pexels.com/@fotios-photos

Dalam hal ini, dibutuhkan keberanian, kekuatan mental, dan wajah tembok Ladies. Sebab, sudah dapat dipastikan, orang tuamu akan bersikap cuek dan acuh tak acuh pada pacarmu.

Tapi, jangan menyerah, tetap tersenyum dan bersikap ramah, buat anggota keluarga lain terkesan. Bisa jadi, tante kamu bisa mempengaruhi orang tuamu agar mau merestui hubungan kalian. Semangat ya!

Jangan Bermesraan di Depan Orang Tua ya!

couple goal yang duduk bermesraan
couple goalhttps/pexels.com/@andre-furtado-43594

Bersikaplah sopan dan santun, hindari sentuhan-sentuhan fisik berlebihan dengan pacar kamu kalau nggak mau orang tua ilfeel. Di negara manapun, orang tua kurang nyaman dan muak melihat anak gadisnya disentuh laki-laki yang belum resmi menjadi suami.

Jangan Bertengkar di Depan Orang Tuamu Ladies

pasangan duduk di taman sedang bertengkar
pasangan duduk di taman/pexels.com/@vera-arsic-304265

Kamu pasti enggak ingin menguatkan stigma negatif yang melekat pada pacar kamu kan Ladies, maka, hindari mengeluh tentang hubunganmu kepada orang tua, apalagi sampai bertengkar heboh di rumah.

Meminta Petunjuk Kepada Tuhan 

wanita sedang berdoa
wanita berdoa/pexels.com/@public-domain-pictures

Tuhan tahu mana yang terbaik bagi umatnya. Selain berusaha dengan berbagai macam cara, jangan sampai lupa untuk meminta petunjuknya. Kamu bisa rajin shalat istikharah bagi yang beragama islam agar ditunjukkan jodoh terbaik.

Nah, tips di atas bisa kamu coba untuk mendapat restu orang tua sebelum menyerah dan putus asa dengan hubungan kalian. Semoga bermanfaat Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id