sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jangan Dibiarkan, Simak 5 Tips Ini Untuk Atasi Emosi dengan Pasangan!

Ni Made Dwi Agustina | Rabu, 09 Jun 2021 18:00 WIB
Jangan Dibiarkan, Simak 5 Tips Ini Untuk Atasi Emosi dengan Pasangan!
Sad couple/ sumber: freepik.com

Suka duka dalam hubungan percintaan adalah hal yang wajar. Ketika merasakan perasaan bahagia, senang, bersyukur pasti akan datang kesedihan, kekecewaan dan kemarahan. Perlu disadari, saat memutuskan untuk memilih "dia" sebagai pasanganmu, kamu tidak hanya harus mencintai dengan tulus, namun harus menerima saat kekecewaan datang. Emosi itu pasti, tetapi kedua belah pihak juga harus memikirkan agar emosi dapat diatasi. Semakin emosi tersebut dituruti, yang terjadi hanyalah keburukan. Sebaliknya, ketika emosi segera diatasi, hubungan percintaan yang lebih baik pun akan datang.

"Lalu, bagaimana upaya mengatasi emosi dengan pasangan?" Yuk, simak tips mengatasi emosi berikut ini untuk selamatkan hubungan kamu dan si "dia"!

Diam

Sad woman
Sad woman/ sumber: freepik.com

Diam tidak selamanya menandakan bahwa kamu lari dari masalah atau tidak ingin menyelesaikan masalah. Saat emosimu dengan pasangan sedang memuncak, hal pertama yang bisa dilakukan adalah diam. Diam yang dimaksud adalah menenangkan diri agar emosi dapat mereda. Ketika emosi kedua belah di pihak dibalas dengan perdebatan, itu hanya akan mampu menyakitkan perasaan masing-masing.

"Mengapa demikian?"

Perkataan yang diucapkan ketika emosi adalah kehendak ego. Ego yang menguasai pikiran, sehingga terucaplah kata-kata menyakitkan. Maka, diam adalah salah satu cara menahan emosi yang efektif dilakukan, agar tidak saling menyakitkan satu sama lain.

Berbicara Langsung

Sad couple
Sad couple/ sumber: freepik.com

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berbicara langsung. Namun, cara ini bisa dilakukan ketika emosi kedua belah pihak sudah mereda, agar perkataan yang diucapkan satu sama lain tidak berasal dari ego.

Berbicara dengan pasangan juga sangat penting dilakukan untuk keduanya mampu mengeluarkan isi hati dengan saling mengajukan pertanyaan buat pacar agar tidak ada hal yang ditutupi, bisa lebih menghargai, lebih memahami perasaan satu sama lain, dan masih banyak lagi. Maka, cara ini diharapkan akan membuat kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak dan hubungan terjalin dengan lebih baik.

Ikhlas

Sad woman
Sad woman/ sumber: freepik.com

Ketahuilah, menjalin hubungan dengan seseorang tidak selalu berjalan mulus, pasti akan ada tantangan yang harus dihadapi. Ketika tantangan berupa sebuah masalah hadir di kehidupan percintaan kamu, hal yang bisa dilakukan adalah ikhlas.

"Mengapa harus ikhlas?"

Masalah mampu membuat kedua belah pihak menjadi individu yang lebih baik dan mampu mendewasakan hubungan. Maka, kamu harus ikhlas dengan masalah-masalah yang sedang terjadi. Setiap masalah yang datang, pasti akan berlalu. Tetap ikhlas melewatinya, buktikan bahwa kamu dan pasangan akan tetap berdiri dan terus berjalan!

Lawan dengan Pikiran Positif

Thinking of boyfriend
Thinking of boyfriend/ sumber: freepik.com

Pikiran yang negatif tentu harus dilawan dengan pikiran positif, setuju? Saat sedang emosi, semua hal yang datang di pikiran hanyalah sesuatu yang negatif hingga akhirnya memperburuk keadaan kamu dan pasangan. Perasaan emosi, sedih, kecewa, marah boleh-boleh saja dilakukan. Namun, kamu harus tahu kapan perasaan tersebut harus berhenti.

Tidak boleh berlarut-larut dalam segala hal yang bersifat negatif, karena akan membuat hubungan percintaanmu tidak akan berjalan baik. Percayalah, setiap tindakan, entah itu baik atau buruk pasti ada alasannya. Dan manusia dilahirkan dengan segala kekurangannya. Seburuk-buruknya seseorang pasti ada kebaikan yang telah diberikan. Jadi, saat merasa emosi jangan biarkan berlarut-larut. Ingat, bahwa kamu memilih dia karena sebuah alasan.

Pergi ke Tempat Favorite dengan Pasangan

Couple dating
Couple dating/ sumber: freepik.com

"Coba ingat-ingat kembali, dimana tempat favorite kalian ketika menghabiskan waktu bersama?"

Saat kamu merasa bahwa hubungan percintaan sudah sering terjadi konflik, cara yang bisa dilakukan adalah refreshing. Misalnya, pergi ke tempat favorite dengan pasangan. Hal ini bisa dijadikan sebagai cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa dengan bernostalgia, mengingat kembali hal-hal indah yang pernah dilakukan bersama, saling berbagi tawa seperti saat pertama kali bertemu dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, kalian bisa menyadari bahwa perjalanan cinta kalian adalah sesuatu yang layak untuk diperjuangkan meski masalah selalu datang, namun romansa cinta itu tidak pernah pudar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id