sign up SIGN UP

Kiat Menjaga Diri dan Orang Tersayang Selama Pandemi

Dimitrie Hardjo | Selasa, 06 Jul 2021 12:15 WIB
Kiat Menjaga Diri dan Orang Tersayang Selama Pandemi
caption
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 yang semakin genting mewajibkan masyarakat untuk semakin taat aturan dan banyak menghabiskan waktu di rumah untuk mencegah penularan. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun mulai diperketat oleh pemerintah hingga 20 Juli 2021 nanti. Alangkah baiknya kita semakin waspada dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah untuk sementara waktu demi menjaga kesehatan diri sendiri serta keluarga. Nah, berikut ini beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk memproteksi diri, Beauties.

1. Selalu Sediakan Sayur dan Buah dalam Menu Sehari - Hari

Sayur dan buah dalam menu sehari - hari.
Sayur dan buah dalam menu sehari - hari. Foto: pexels.com/ellehughes/

Selain menjaga jarak, imun tubuh menjadi faktor penting untuk mencegah seseorang terjangkit virus. Makanan dan minuman yang kamu konsumsi memiliki peranan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu, selalu masukkan sayur dan buah dalam menu makanan setiap harinya.

2. Variasi Asupan Makanan

Variasi asupan makanan.
Variasi asupan makanan. Foto: unsplash.com/brookelark/

Makanan dan minuman yang bervariasi memberikan kelengkapan gizi untuk tubuh sehingga tubuh bisa bekerja lebih baik. Begitu juga dengan asupan minuman, seperti susu dan jus. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

3. Tetap di Rumah Jika Tidak Ada Hal Mendesak

Beraktivitas di rumah.
Beraktivitas di rumah. Foto: pexels.com/ketutsubiyanto/

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga ialah tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Jika terdapat hal - hal yang bisa kamu lakukan secara online, maka  sebaiknya gunakan fasilitas tersebut selain harus ke luar rumah, seperti belanja kebutuhan atau barang - barang lain yang kamu inginkan.

4. Mencuci Barang Paket dan Belanjaan

Mencuci barang dari luar.
Mencuci barang dari luar. Foto: pexels.com/anylane/

Saat kamu menerima barang yang kamu beli secara online, pastikan kamu melakukan desinfeksi pada barang tersebut, baik dengan mengoleskan alkohol atau dengan mencuci barang. Begitu juga dengan bahan makanan dan minuman yang telah kamu beli untuk mematikan bakteri atau virus yang menempel sebelum kamu masukan ke dalam rumah.

5. Mencuci Tangan Setelah Mengambil Barang

Mencuci tangan.
Mencuci tangan menggunakan sabun. Foto: pexels.com/cottonbro/

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah mencuci tangan setiap kali kamu menerima paket tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan sabun dan mencuci tangan selama 20 detik untuk memastikan virus yang mungkin menempel benar - benar hilang. Mungkin tindakan - tindakan ini merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

6. Mengganti Baju dan Mandi Setelah ke Luar Rumah

Ganti baju dan mandi setelah berpergian.
Ganti baju dan mandi setelah berpergian. Foto: pexels.com/arminrimoldi/

Ketika keadaan mendesak dan memaksa kamu untuk ke luar rumah, selalu taati protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan lain - lain. Saat kembali ke rumah, jangan lupa untuk segera mandi dan cuci pakaian yang telah kamu kenakan dari luar tersebut.

7. Luangkan Waktu untuk Olahraga 

Olahraga di rumah.
Olahraga di rumah. Foto: pexels.com/ketutsubiyanto/

Banyak sekali olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti stretching, yoga, lompat tali, atau dengan menirukan olahraga dari Youtube. Cukup luangkan waktu 20 - 30 menit untuk bergerak sehingga badan kamu tetap bugar, Beauties

8. Sediakan Waktu untuk Bersenang - senang

Waktu bersenang - senang di rumah.
Waktu bersenang - senang di rumah. Foto: pexels.com/cottonbro/

Tentu saja waktu untuk bersenang - senang tidak kalah penting untuk dilakukan, Beauties! Energi positif sangat membantu kamu untuk tetap sehat. Kamu bisa bermain bersama keluargamu, video call bersama teman - teman, atau sekedar nonton film - film lucu yang membuatmu terhibur.

9. Lakukan Vaksinasi

Vaksinasi.
Vaksinasi. Foto: pexels.com/gustavofring/

Banyak tempat yang menyediakan vaksinasi COVID-19 saat ini, jadi kamu bisa mencari info dan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan vaksinasi. Dengan vaksinasi, tubuh akan membentuk antibodi terhadap virus sehingga ada perlindungan dari dalam tubuh. Walaupun begitu, kamu harus tetap waspada dan menaati protokol kesehatan agar terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan ya, Beauties! Take care!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id