sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Lupakan Rasa Sedihmu, Berani Bangkit dari Kekerasan Dalam Hubungan dengan Tips Ini

Penny Fatikasari | Sabtu, 01 Aug 2020 20:00 WIB
Lupakan Rasa Sedihmu, Berani Bangkit dari Kekerasan Dalam Hubungan dengan Tips Ini
caption
Jakarta -

Kekerasan yang terjadi dalam hubungan memang memberikan luka bagi seseorang untuk memulihkannya. Terkadang trauma akibat kekerasan yang terjadi dalam sebuah hubungan pun beragam baik dalam bentuk verbal maupun fisik. Tak harus berlarut dalam kesedihan, kamu pun harus berani bangkit dan berani meraih kesempatan untuk mendapatkan cinta kasih yang tulus dari seseorang yang benar menyayangi dirimu dengan beberapa tips berikut ini!

Bangkitlah dan Berdamai dengan Masa Lalu

berdamai dengan masa lalu
Bangkitlah dan Berdamai dengan Masa Lalu/Freepik.com

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah berani bangkit dan berdamai dengan masa lalumu. Kamu menyadari bahwa hal tersebut memanglah sulit, terkadang rasa luka dan ketidakikhlasan yang menimpa dirimu sungguh menyakitkan dan tak bisa kamu maafkan. Kamu menyesali dengan sebuah hubungan yang buruk bahkan membuat dirimu menjadi terpuruk. Enggak jarang kamu pun malah menyalahkan dirimu sehingga ingin mengakhiri kisah hidupmu yang kamu anggap menyakitkan.


Cobalah bangkit dan rubahlah keadaan menjadi jauh lebih baik. Tanpa bersamanya, kamu yakin bisa menemukan seseorang yang tulus mencintaimu dengan rasa cinta kasih yang baik pula. Kamu pun menyadari jika seseorang yang betul mencintaimu akan selalu menjagamu dan membuat dirimu merasa aman ketika berada di dekatnya. Jangan lagi mencoba untuk mengingat-ingat kenangan buruk dan coba hadapi masa depan dengan kamu yang baru serta jalani hari dengan senyuman.

Jangan Terburu-buru Menjalin Hubungan Baru

jangan buru-buru menjalin hubungan
Jangan Terburu-buru Menjalin Hubungan Baru/Freepik.com

Mencari pasangan yang benar-benar bisa mengerti akan dirimu memang tidaklah mudah. Terkadang cover seseorang berbanding terbalik dengan watak dan perilakunya. Maka dari itu, hubungan masa lalu mengajarimu untuk jauh lebih berhati-hati untuk memulai kembali hubungan asmara yang baru. Terlepas akan hal itu, kamu pun tak perlu terburu-buru untuk membuka hati dengan orang baru. Sebaiknya obati luka hatimu dan coabalah refleksikan dirimu untuk belajar mencintai dirimu sendiri sebelum mencoba mencintai orang lain kembali. Setelah kamu belajar untuk mencintai dirimu sendiri, orang lain pastilah akan belajar untuk mencintai dirimu dengan sepenuh hati.

Buat Komitmen Saat Menjalin Hubungan Baru

buat komitmen
Buat Komitmen dalam Menjalin Hubungan Baru/Freepik.com

Luka akibat kekerasan dalam hubungan masa lalu mengajarimu arti untuk menghargai hubungan menjadi lebih baik. Kamu pun semakin mengerti tentang arah dan tujuanmu dalam menjalin sebuah hubungan, jangan coba kembali untuk bermain-main. Tak ada salahnya kamu membuat komitmen khusus dengan pasanganmu tentang hal apa yang kamu suka maupun tidak kamu suka. Setiap pasangan perlu menghargai hak dan keputusan masing-masing untuk mencegah akan hal-hal yang menjurus pada kekerasan, sehingga hal tersebut dapat kamu tolerir dengan pasangan untuk menciptakan hubungan yang lebih sehat.

Jujur dan Terbuka

jujur dan terbuka
Jujur dan Terbuka/Freepik.com

Jika kamu hanya diam dan tertutup dengan pasangan, hal tersebut justru akan tidak baik. Coba hilangkan segala perspektif negatif sebelum berbicara. Jika kamu pernah mengalami kekerasan dalam hubungan sehingga mengakibatkan trauma pada masa lalu, sebaiknya dapat kamu bicarakan dengan jujur dan terbuka pada pasanganmu. Dengan begitu pasanganmu akan lebih mengerti dan tahu bagaimana caranya untuk memperlakukanmu lebih baik. Jalinlah komunikasi yang baik pula agar kamu dan pasangan dapat mengerti dan menerima hal-hal apa yang kalian tidak sukai dari pasangan. Sehingga kalian bisa memperbaiki diri untuk melangkah lebih jauh ke depan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id