sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ingin Menikah? Ini 5 Cara Mendapat Restu dari Calon Mertua

Esra Dopita | Kamis, 30 Jul 2020 01:00 WIB
Ingin Menikah? Ini 5 Cara Mendapat Restu dari Calon Mertua
Foto: Freepik.com

Setiap hubungan asmara yang sudah berada dalam tahap serius tentunya akan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Sayangnya, proses menuju jenjang pernikahan tak selalu mudah. Terkadang ada saja sesuatu yang menghalangi, salah satunya restu dari calon mertua.

Restu orang tua ibarat lampu hijau untuk melaju ke jenjang pernikahan. Namun, ketika tak mendapat restu, bukan berarti kamu menjadi putus asa dan hubungan harus berakhir. Hal ini justru menjadi kesempatan untuk membuktikan kamu layak menjadi calon menantunya. Nah, berikut ini lima cara mendapat restu calon mertua. 

Tetap Bersikap Sopan

Meski tidak mendapat restu dari calon mertua, kamu tetap harus menghormati mereka dan tnjukan sikap sopan.
https://www.beautynesia.id/

Tidak mendapat restu dari orang tua pasangan memang membuat sedih, bahkan kesal. Meski demikian, kamu tetap harus tenang dan menghormati mereka. Tetap tunjukkan sikap dan tutur kata sopan serta ramah ketika kamu berkunjung ke rumah pasangan.


Orang tua tentu menginginkan pasangan anak mereka atau calon menantu yang memiliki tata krama. Dengan kamu terus menunjukkan attitude baik, tentu mereka akan luluh. 

Tunjukan Kasih Sayang

Tunjukkan rasa sayangmu kepada pasangan, bahkan di depan orang tuanya. Mintalah izin langsung kepada orang tua pasangan ketika akan mengajak pasangan bepergian.
https://unsplash.com/@juanparodriguez

Lantaran tak mendapat restu, bukan berarti kamu menjadi tak peduli dengan pasangan atau orang tuanya. Sebaliknya, kamu perlu menunjukkan rasa sayangmu kepada pasangan, bahkan di depan orang tuanya.

Untuk pria, misalnya, menemui langsung orang tua pasangan untuk meminta izin setiap kali mengajak anaknya bepergian. Hal ini bisa menambah nilai plus di mata calon mertua. Kamu dianggap menyayangi, menjaga, serta memiliki keseriusan dengan anak mereka. 

Tetap Berkunjung

Tetaplah berkunjung ke rumah kekasi dan menjaga hubungan baik dengan orang tua pasangan meski mereka belum merestui kamu.
https://wolipop.com/

Tak hanya kepada pasangan, rasa kasih sayang juga perlu ditunjukkan kepada calon mertua. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan orang tua pasangan dengan tetap berkunjung ke rumah pacar.

Bila kamu belum atau jarang berkunjung, saatnya untuk rutin berkunjung. Jangan lupa membawa makanan kesukaan orang tua pasangan.

Menghabiskan Akhir Pekan Bersama

Menghabiskan akhir pekan bersama 
calon mertua dengan membuat acara barberque dapat mengakrabkan hubungan.
https://unsplash.com/@johaberga

Calon mertua tentu punya alasan mengapa belum merestui hubungan sang anak denganmu. Alasan tak merestui bisa jadi lantaran belum mengenal dekat. Cobalah menghabiskan akhir pekan (weekend) bersama.

Misalnya, mengajak calon mertua makan di luar, bepergian ke luar kota, atau weekend bersama di rumah dengan berbagai kegiatan seperti memasak bareng atau membuat acara barberque. Hal ini bisa meluluhkan sekaligus mengakrabkan hubunganmu dengan calon mertua. 

Memberikan Kejutan Ultah

Kamu bisa memanfaatkan momen ulang tahun untuk meluluhkan hati dan mendapat restu calon mertua.
https://www.haibunda.com/

Kamu perlu melibatkan pasangan dalam usahamu memperoleh restu. Ajak pasangan bekerja sama dan meminta bantuannya. Sebagai anak, tentu ia tahu cara menghadapi orang tuanya. Coba tanyakan tentang ulang tahun sang ibu dan ayahnya.

Kamu bisa memanfaatkan momen ulang tahun untuk meluluhkan hati dan mendapat restu calon mertua. Mulai dari, memberikan kejutan ulang tahun, membawakan kue, memberikan kado, hingga mengajak makan di luar merayakan pertambahan usia. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id