sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Masih Single di Akhir Umur 20an? Jangan Risau, Ada Keuntungannya!

Fahira mahza | Jumat, 09 Jul 2021 22:00 WIB
Masih Single di Akhir Umur 20an? Jangan Risau, Ada Keuntungannya!
caption

Di usia akhir 20 tahunan, seseorang sering kali dihadapkan dengan pertanyaan "kapan menikah?" Biasanya, pertanyaan itu dilontarkan kepada orang-orang yang dianggap sudah mencapai usia matang untuk membina rumah tangga dan sudah menjalani hubungan yang lama dengan pasangannya. Namun, tak jarang kalimat tersebut juga diterima oleh orang orang yang tidak memiliki pasangan.

Menjadi single di akhir usia 20 tahunan bukanlah suatu yang buruk. Memilih untuk menjadi jomblo merupakan pilihan dan orang lain tidak boleh menjudge perempuan yang memilih untuk sendiri di akhir usia 20 tahunan. Nyatanya, menjadi single di akhir usia 20 tahunan memiliki berbagai keuntungan loh. Berikut 5 keuntungan menjadi single di akhir usia 20 tahunan.

1. Mengenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri
Mengenali diri sendiri/foto: freepik.com

Salah satu keuntungan menjadi single di akhir usia 20 tahunan yaitu kamu memiliki kesempatan untuk lebih untuk mengenali diri sendiri. Kamu dapat memikirkan apa saja hal yang kamu sukai tanpa adanya pengaruh oleh orang dekat seperti pasangan. Terkadang, adanya pasangan dapat membuat diri kamu bukanlah kamu yang seutuhnya. Dengan menjadi single, kamu dapat lebih mengenal dirimu lebih baik dan menemukan jati diri kamu justru ketika mereka sendiri dan tak berpasangan. Selain itu, dengan menjadi single kamu dapat lebih menghargai dirimu sendiri.

2. Mengembangkan Karir

Mengembangkan karir
Mengembangkan karir/foto: freepik.com

Ketika kamu memilih untuk single di akhir usia 20 tahunan, kamu dapat lebih mengembangkan karirmu loh dibanding ketika kamu telah berkeluarga. Karena biasanya perempuan yang telah berkeluarga pikirannya cenderung terpecah sehingga sulit baginya untuk mengembangkan karir yang dimilikinya. Namun, bukan tidak mungkin untuk kamu yang telah berkeluarga untuk mengembangkan karirmu. Namun, pada kenyataannya hal tersebut sulit direalisasikan ketika sudah berkeluarga.

Kebanyakan perempuan cenderung tak terlalu bersemangat mengejar karir setelah berkeluarga atau berpasangan. Jika kamu masih single di usia 20 tahunan, itu merupakan kesempatan yang harus kamu maksimalkan untuk mengembangkan karirmu.

3. Dapat Berteman dengan Siapapun

Dapat berteman dengan siapapun
Dapat berteman dengan siapapun/ foto: freepik.com

Memilih untuk menjadi single di akhir usia 20 tahunan bukanlah sesuatu yang salah ataupun buruk. Salah satu keuntungan menjadi single adalah dapat berteman dengan siapapun tanpa adanya larangan dari pasangan. Dengan menjadi single, kamu bebas hang out bersama teman-temanmu baik teman laki-laki atau teman perempuan. Tentunya hal ini membuat kamu lebih bebas bersosialisasi kapanpun dengan siapa saja. Jadi walaupun tidak memiliki pasangan, bukan berarti kamu harus sendirian.

4. Dapat Melakukan Banyak Hal yang Disukai

Dapat melakukan banyak hal yang disukai
Dapat melakukan banyak hal yang disukai/foto: freepik.com

Ketika memiliki pasangan, waktu luang yang kamu miliki cenderung kamu habiskan bersama pasanganmu sehingga kamu cenderung sulit untuk menjalankan hobi atau hal yang kamu sukai ketika memiliki pasangan. Ketika kamu memilih untuk menjadi single, salah satu yang dapat kamu manfaatkan adalah kamu dapat mengisi waktu dengan melakukan hobi-hobi menarik yang baik untuk perkembangan diri ataupun melakukan hal hal yang kamu sukai seperti melakukan perawatan di salon.

5. Memberi Kepercayaan Terhadap Tubuh

Memberi kepercayaan terhadap tubuh
Memberi kepercayaan terhadap tubuh/foto: freepik.com

Ketika kamu memiliki pasangan, terkadang kamu sering merasa minder dan tak percaya diri terhadap bentuk tubuhmu. Hal tersebut dapat terjadi ketika pasanganmu tidak menyukai bentuk tubuhmu sehingga kamu mati-matian melakukan diet demi menyenangkan pasangan. Apabila kamu masih sendiri, itu memberikan kesempatan bagi kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri pada tubuhmu sendiri. Tak ada yang akan menilai tubuhmu secara semena-mena. Sehingga kamu lebih bisa menghargai dirimu sendiri.

Itulah 5 keuntungan menjadi single di akhir usia 20 tahunan. Ingatlah menjadi single di akhir usia 20 tahunan bukan merupakan kesalahan. Kamu dapat melakukan apapun yang kamu suka ketika kamu menjadi single dan orang lain tak berhak untuk menghakimimu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id