sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tetap Santai Saat Teman Sudah Banyak yang Menikah, Gimana Caranya ya?

Ade Irma Suryani | Minggu, 06 Jun 2021 12:30 WIB
Tetap Santai Saat Teman Sudah Banyak yang Menikah, Gimana Caranya ya?
Pernikahan/ Foto: freepik.com

Saat teman-teman terdekat sudah banyak yang menikah, biasanya sebagian besar wanita akan merasa resah, minder dan insecure terhadap dirinya sendiri. Munculnya perasaan negatif tersebut tentunya tidak baik dan perlu segera diatasi. 

Nah, agar kamu tetap tenang dan santai dalam menyikapi teman-teman yang sudah banyak sold out semua, 5 tips berikut ini perlu kamu lakukan!

 

1. Saatnya Belajar Memantaskan Diri

Manfaatkan waktu single untuk memantaskan diri dengan baik.
Belajar Memantaskan Diri/Foto: freepik.com 

Masa single merupakan masa yang sangat tepat bagimu untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Alih-alih merasa galau lantaran belum bertemu jodoh dan menikah, mengapa tidak mencoba memanfaatkan masa mudamu tersebut untuk belajar memantaskan diri. 

Sambil menikmati masa lajangmu, kamu bisa mencoba untuk meningkatkan diri dan memperbaiki kekurangan yang ada selama ini. Seperti halnya belajar untuk bersikap lebih dewasa lagi, belajar mengendalikan emosi, merawat diri dan penampilan, menjaga keteraturan, belajar memasak, dan meningkatkan keterampilan lainnya. 

 

2. Fokus Terhadap Kewajiban dan Hal Terpenting Saat ini

Fokus terhadap kewajiban dan hal terpenting saat ini yang perlu diselesaikan.
Fokus terhadap Kewajiban/Foto: freepik.com 

Cobalah untuk mengingat dan menyadari kembali, apakah masih ada kewajiban dan hal penting saat ini yang masih belum kamu lakukan dan selesaikan. Seperti halnya keinginan untuk membahagiakan orang tua, membantu perekonomian keluarga, menyelesaikan pendidikan, karier yang ingin dicapai, dan hal penting lainnya. 

Dengan mengingat hal tersebut, maka pikiranmu tidak akan menjadi mudah digalaukan dengan urusan pernikahan melulu. Toh, ternyata masih banyak PR yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu sebelum masa bahagia tersebut datang. 

 

3. Memahami Bahwa Setiap Orang Memiliki Zona Waktunya Masing-masing

Mencoba memahami bahwa setiap orang memiliki zona waktunya masing-masing.
Setiap Orang Memiliki Zona Waktu Masing-masing/Foto: freepik.com 

Salah satu hal penting yang perlu kamu sadari, bahwa setiap orang memiliki zona waktunya masing-masing. Termasuk soal menikah. Jika saat ini kamu melihat teman-teman seumurmu sudah banyak menikah sedangkan kamu belum, maka jangan merasa bahwa kamu gagal atau tidak seberuntung mereka. 

Ingatlah kembali, bahwa setiap orang memiliki takdir masing-masing dan jalan hidup yang berbeda. Ketika teman-temanmu menikah di usia muda atau matang, maka itulah saat yang terbaik untuk mereka. Begitu pun juga kamu, karena segala sesuatu itu ada masanya. 

 

4. Siapkan Jawaban yang Tepat dan Jangan Terlalu Sensitif

Menyiapkan jawaban yang tepat dari pertanyaan orang sekeliling.
Siapkan Jawaban yang Tepat/Foto: freepik.com 

Di umurmu yang mungkin telah matang seperti saat ini, tentu akan sering menghadapi berbagai pertanyaan seputar menikah dari keluarga, teman-teman dan orang sekitar. Memang, pertanyaan mengenai kapan menikah seringkali membuat para jomblo menjadi kesal dan jengkel. 

Meskipun begitu, cobalah untuk lebih berpikir positif agar kamu tidak menjadi terlalu sensitif mendengarnya. Anggap saja hal tersebut hanyalah sekedar basa-basi yang dilontarkan saat berkumpul. Kamu bisa menyiapkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut, seperti "doakan saja" atau "masih belum waktunya untuk saat ini" dan sebagainya. 

 

4. Memanfaatkan Waktu untuk Bersama Orang-orang Terdekat

Manfaatkan waktu untuk bersama orang terdekat saat ini.
Memanfaatkan Waktu untuk Bersama/Foto: freepik.com 

Daripada menyibukkan diri dengan hal-hal yang membuat galau, alangkah indahnya jika kamu memanfaatkan waktu yang ada saat ini untuk lebih bersama orang-orang terdekat seperti orang tua, anggota keluarga lainnya, dan teman-teman dekat yang masih single. 

Sadarilah, ketika kamu sudah berkeluarga tentu kamu akan lebih banyak disibukkan dengan mengurus keluarga. Hal ini tentu akan membuatmu tidak lebih leluasa lagi untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat. Karena itu, manfaatkanlah masa yang ada saat ini dengan sebaik-baiknya. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id