sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ingin Move On Tanpa Dendam? Perempuan Hebat Bisa Melakukannya

Rumaysha Milhania | Rabu, 07 Jul 2021 22:00 WIB
Ingin Move On Tanpa Dendam? Perempuan Hebat Bisa Melakukannya
caption

Tidak mudah untuk bisa menerima kenyataan bahwa hubunganmu dengannya sudah berakhir. Apalagi jika kamu sudah menjalani hubungan yang lama, khususnya kalian yang bahkan sudah menikah. Mengakhiri hubungan dan move on harus diakui merupakan proses yang sulit. Banyak orang memaksakan diri untuk bisa melanjutkan hidup tanpa menyelesaikan urusan dengan dirinya di awal. Inilah yang pada akhirnya malah membuat moving on menjadi lebih kompleks dan sulit dilakukan.

Tidak mudah untuk bisa menerima kenyataan bahwa hubunganmu dengannya sudah berakhir. Apalagi jika kamu sudah menjalani hubungan yang lama, khususnya kalian yang bahkan sudah menikah.
Perpisahan Suami Istri/ Sumber: Freepik.com

1. Akui Perasaanmu

Tidak mudah untuk mengatakan bahwa kamu kecewa dan menyayangkan apa yang harus terjadi pada hubunganmu dengannya. Namun, mengakui semua perasaan yang kamu alami akan menjadi langkah awal untuk bisa menyelesaikan semua. Cari tahu apa yang kamu rasakan, apakah itu sedih, ragu, kecewa, atau bahkan khawatir? Setelah itu, kamu mulai bisa mengidentifikasi penyebabnya hingga kamu bisa melanjutkan proses move on ke langkah yang lebih konkret.

2. Rasakan Duka Itu

Kamu akan bisa move on sepenuhnya saat kamu sudah menyelesaikan dan mengeluarkan rasa sedih dan duka itu. Itulah sebabnya, kamu boleh menangis sesuka hatimu dan mengungkapkan isi hatimu semuanya pada orang yang kamu percaya atau psikolog profesional sekalipun. Kamu harus bisa memberi diri kamu kebebasan untuk merasakan sepenuhnya spektrum emosional yang kamu rasakan. Kamu juga harus menghindari jatuh ke dalam perangkap penyangkalan yang hanya akan membuat luka tetap ada di sana.

Maafkan diri kamu, maafkan mantanmu, maafkan situasi karena tidak berhasil. Karena menyimpan perasaan dendam akan menjadi racun yang membuat semuanya menjadi sangat sulit untuk berlanjut ke kehidupan yang sehat dan bahagia.
Tips move on dari mantan/ Sumber: Freepik.com

3. Maafkan Dirimu, Dia, dan Hubungan Kalian

Maafkan diri kamu, maafkan mantanmu, maafkan situasi karena tidak berhasil. Karena menyimpan perasaan dendam akan menjadi racun yang membuat semuanya menjadi sangat sulit untuk berlanjut ke kehidupan yang sehat dan bahagia. Maaf akan bertindak seperti pendorong seseorang untuk bergerak maju. Dengan melepaskan, kamu akan merasa damai untuk menjadi diri sendiri dan mencapai tempat yang kamu inginkan daripada ditahan oleh hal-hal negatif yang mengganggu kehidupanmu.

4. Minta Maaf

Ini akan menjadi sangat rumit ketika kamu yang memutuskan perpisahan itu akibat dari kesalahan yang dilakukan oleh pasanganmu. Bukankah seharusnya ia yang meminta maaf? Ingat, permintaan maaf bukan arti dari kekalahan. Meminta maaf berarti kamu ingin melepaskan semua beban dan tanggung jawab yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa melaju ke kehidupan selanjutnya tanpa harus memikirkan dirinya lagi.

Cobalah untuk melanjutkan hidupmu dengan merayakan titik balik dari semua kesulitan dan masalah dalam hubunganmu yang lalu. Kamu bisa mulai merayakan hari-harimu menjadi seorang single yang bahagia tanpa beban.
Menjadi Single yang Bahagia/ Sumber: Freepik.com

5. Rayakan Status Barumu!

Terakhir, jika kamu merasa sudah selesai dengan itu semua, cobalah untuk melanjutkan hidupmu dengan merayakan titik balik dari semua kesulitan dan masalah dalam hubunganmu yang lalu. Kamu bisa mulai merayakan hari-harimu menjadi seorang single yang bahagia tanpa beban. Bawalah dirimu makan di tempat favoritmu atau belanjakan dirimu barang-barang yang telah lama kamu impikan. Berikan dirimu sendiri apresiasi atas keberanian dan kemauan untuk bisa melanjutkan hidup lebih baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id