sign up SIGN UP

Mau Hubungan yang Awet? Kenali 5 Bahasa Cinta Pasanganmu

Aqida Widya | Jumat, 04 Jun 2021 20:00 WIB
Mau Hubungan yang Awet? Kenali 5 Bahasa Cinta Pasanganmu
caption

Dalam menjalin sebuah hubungan baik pernikahan ataupun pacaran, ada masa dimana kamu merasa sulit memahami pasanganmu. Sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk menyenangkan pasangan, tapi responnya biasa-biasa saja.

Tahukah kamu, kalau setiap orang punya bahasa cintanya masing-masing? Menurut konselor pernikahan dan penulis buku best seller, Dr. Gary Chapman ada 5 bahasa cinta yang harus dipahami setiap pasangan agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Hmm, kira-kira bagaimana ya bahasa cinta pasanganmu? Yuk, kenali 5 bahasa cinta berikut ini agar hubungan kalian semakin awet.

1. Word of Affirmation

Word of affirmation adalah salah satu dari 5 bahasa cinta
Bahasa cinta-Word of affirmation/Sumber foto: unsplash.com

Orang dengan bahasa cinta ini sangat menyukai kata-kata romantis ataupun pujian karena mereka merasa dicintai dan dihargai oleh pasangannya. Kalau pasanganmu memiliki bahasa cinta tipe ini, sebaiknya kamu selalu memberikan kata-kata romantis, pujian, atau kata-kata cinta lainnya. Tidak perlu berlebihan, yang penting kamu tulus memberikannya, misalnya,"Terima kasih ya udah dimasakin. Ini enak banget!"

"Wah kamu keren!"

Pasanganmu pasti akan senang sekali mendapatkan pujian darimu. Sebaliknya, jangan pernah mencela atau mengejeknya, apalagi di depan teman, keluarga, atau orang terdekat kalian karena itu bisa membuatnya sedih dan sakit hati. 

2. Quality Time

Quality time bersama pasangan
Bahas cinta- Quality time/Sumber foto: unsplash.com

Pasangan dengan bahasa cinta ini tidak butuh uang, hadiah, surprise, atau kata-kata cinta, darimu. Mereka hanya butuh waktu kamu saja. Jadi jangan heran kalau weekend pasanganmu lebih suka di rumah dan menghabiskan waktu mengobrol denganmu tanpa adanya gangguan seperti notifikasi dari smartphone, telepon kantor, atau lainnya.

Cukup luangkan waktu untuk mendengarkan ceritanya. Usahakan saat dia bercerita, kamu fokus mendengarkan, jaga kontak mata dengannya, dan berikan respon saat dia meminta pendapat darimu. 

3. Physical Touch

Kenali bahasa cinta pasanganmu
Bahasa cinta-Physical touch/Sumber foto: unsplash.com

Pasanganmu senang saat tangannya digandeng, dirangkul, diusap kepalanya, atau pundaknya ditepuk-tepuk? Fix bahasa cintanya physical touch nih. Pasangan dengan bahasa cinta ini menyukai kegiatan yang berkontak langsung dengan fisik, seperti merangkul atau bergandengan tangan tadi. Bagi mereka, itu tandanya kamu mencintai dan menyayangi mereka. 

4. Acts of Service

Act of service adalah salah satu love language
Bahasa cinta-Act of Service/Sumber foto: unsplash.com

Kalau pasanganmu jarang bahkan hampir tidak pernah memberikan kata-kata cinta atau pujian, bukan berarti dia tidak cinta sama kamu. Mungkin dia termasuk orang yang mengungkapkan rasa cintanya lewat aksi, misalnya membuatkan sarapan, mengurus kamu ketika sakit, beres-beres rumah, dan sebagainya. Intinya mereka sangat suka memberikan pelayanan kepada orang yang mereka cintai.

5. Receiving Gifts

Pasanganmu bahasa cintanya adalah receiving gift
Bahasa cinta-Receiving gifts/Sumber foto: unsplash.com

Last but not least! Bahasa cinta terakhir yaitu receiving gifts. Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya. Yup, betul banget! Kalau kamu punya pasangan dengan bahasa cinta ini, hukumnya wajib untuk memberikan dia hadiah atau surprise kecil. Eits! Bukan matre ya. Memang seperti itu bahasa cintanya dia.

Tidak harus barang-barang merah dan mahal kok. Membawakan makanan favoritnya atau memberikan surat kecil juga sudah membuat dia senang. Jangan lupa berikan juga surprise di hari-hari istimewa, seperti hari ulang tahunnya, anniversary kalian, dan hari valentine

Intinya setiap orang punya bahasa cinta yang berbeda-beda.  Dari 5 bahasa cinta tadi, kamu tipe yang mana?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id