sign up SIGN UP

Mengenal Phubbing, Kecanduan Ponsel yang Berisiko Rusaknya Hubungan dengan Orang Lain

Friska NR | Kamis, 02 Sep 2021 06:15 WIB
Mengenal Phubbing, Kecanduan Ponsel yang Berisiko Rusaknya Hubungan dengan Orang Lain
caption

Beauties, pernah dengar tentang fenomena "phubbing"?

Di zaman yang serba digital ini, banyak orang yang seakan tidak bisa lepas dari penggunaan ponsel dan berbagai gadget lainnya. Jika sampai kecanduan hingga mengabaikan lingkungan sekitar, fenomena ini disebut phubbing dan bisa berdampak buruk pada hubunganmu dengan orang lain, termasuk pasangan, lho!

Mengenal Phubbing

phubbing
Phubbing, kecanduan main ponsel di kalangan milenial/Foto: Freepik/Way Home Studio

Phubbing sendiri merupakan singkatan dari "phone-snubbing". Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 2012 di Australia untuk menggambarkan fenomena yang tengah ramai terjadi di masyarakat, di mana orang-orang lebih memilih fokus pada ponsel mereka, alih-alih berinteraksi langsung dengan teman maupun keluarga yang berada tepat di hadapan mereka.

Menurut penelitian yang diterbitkan Computers in Human Behavior, meski tampak sepele, fenomena kecanduan ponsel ini sebenarnya dapat memberi dampak negatif pada hubungan sosial maupun kesehatan mental pelakunya.

Hati-hati, Phubbing Bisa Merusak Hubunganmu dengan Pasangan

phubbing
Phubbing bisa merusak hubungan sosial/Foto: Freepik/Way Home Studio

Dengan kecenderungan selalu fokus pada ponsel, phubbing bisa mengganggu kemampuan seseorang untuk berinteraksi tatap muka dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak pada hubungan pertemanan dan keluarga, namun juga hubungan dengan pasangan dalam pernikahan.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi mengungkap bahwa perilaku ini bisa menurunkan tingkat kepuasan dalam pernikahan. Sedangkan dalam studi lain, pasangan yang melakukan phubbing satu sama lain lebih rentan mengalami tingkat depresi yang tinggi.

Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

phubbing
Perilaku phubbing bisa disembuhkan agar hubungan dengan pasangan kembali hangat/Foto: Freepik/Way Home Studio

Nah, agar hubungan dengan pasangan tetap hangat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan diri perilaku phubbing. Di antaranya:

  • Menerapkan aturan "bebas-ponsel" saat sedang makan

Waktu makan dapat dijadikan momen yang tepat untuk lepas sejenak dari ponsel. Meski awalnya akan terasa dipaksakan, lama kelamaan aturan "bebas-ponsel" ini bisa melatih meningkatkan kualitas interaksi tatap muka tanpa teralihkan pada ponsel.

  • Meninggalkan ponsel di meja atau tas saat sedang bersama pasangan

Setelah membiasakan diri untuk "bebas-ponsel" saat makan, kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu meninggalkan ponsel di meja atau tas saat sedang menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. Bila perlu, aktifkan mode 'diam' agar quality time tidak terganggu oleh notifikasi ponsel.

  • Menghadiahi diri sendiri jika berhasil

Saat berhasil melewati tantangan-tantangan "bebas-ponsel" di atas, kamu berhak mendapatkan reward atas hasil usahamu, Beauties. Berikan hadiah yang disukai untuk dirimu sendiri, kemudian lakukan tantangan "bebas-ponsel" lagi untuk mengurangi kecanduanmu.

Yuk, kita lebih menghargai orang-orang yang ada tepat di hadapan kita, daripada asyik sendiri dengan ponsel.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id