sign up SIGN UP

Hindari Toxic Relationship, Begini Cara Membangun Pacaran Sehat Bersama Pasangan

Risma Oktaviani | Sabtu, 21 Aug 2021 13:30 WIB
Hindari Toxic Relationship, Begini Cara Membangun Pacaran Sehat Bersama Pasangan
caption

Saat menjalin sebuah hubungan dengan seseorang, tentunya kamu pasti menginginkan sebuah hubungan yang sehat dan mempunyai hubungan yang romantis dengan pasanganmu. Setiap orang berhak berada dalam hubungan yang sehat, penuh cinta, dan penuh gairah dengan seseorang yang dicintai.

Bagi sebagian besar orang, tujuan pacaran adalah untuk mendapatkan kebahagiaan, dan mempunyai hubungan yang sehat terbukti meningkatkan kebahagiaan itu sendiri. Berikut adalah tips efektif agar kamu terhindar dari hubungan tidak sehat.

Communication is The Key

komunikasi itu penting
komunikasi / freepik.com / senivpetro

Merasa nggak asing dengan kata-kata ini? Meskipun terbilang klise, nyatanya komunikasi memang salah satu aspek terpenting untuk memiliki hubungan yang sehat. Dalam menjalin sebuah hubungan, komunikasi nggak hanya memberikan kamu kesempatan untuk menjelaskan apa yang kamu mau dan apa yang kamu butuhkan. Namun, komunikasi adalah suatu cara agar kamu bisa terhubung dengan pasanganmu, baik itu untuk menunjukan afeksi, afirmasi, ataupun mencegah terjadinya suatu kesalahpahaman. 

Saling Percaya

saling percaya
saling percaya / freepik.com / prostooleh

Kepercayaan dalam suatu hubungan dapat dikatakan sebagai sebuah pondasi yang paling penting karena membuat baik kamu maupun pasanganmu merasa aman untuk diterima sepenuhnya, yakin bahwa kamu dan pasanganmu saling mencintai, dan yakin bahwa kamu dan pasangan kamu akan setia satu sama lain. Tanpa adanya kepercayaan, hubunganmu akan dipenuhi dengan rasa curiga, dan hal tersebut nggak sehat bagi hubungan kamu. Tanpa kepercayaan, suatu hubungan akan goyah dan mungkin pada akhirnya akan gagal.

Menghargai  dan Menghormati Satu Sama Lain

saling menghargai dan menghormati
saling menghargai / freepik.com / wirestock

Adanya sikap saling menghargai dan menghormati dalam menjalin hubungan sangat penting karena membantumu merasa aman dan mampu untuk mengekspresikan diri. Mendengarkan pasanganmu saat sedang berbicara, menghormati keputusannya, menghargai pendapat dan opini pasanganmu tanpa merendahkan,  dan mencoba memahami perspektifnya adalah suatu cara membangun hubungan yang sehat dan pastinya akan  berlangsung lama. Jika dalam sebuah hubungan, salah satu diantaranya tak lagi menghargai pasangannya, hal ini akan menjadi masalah besar yang harus kamu waspadai.

Jadilah Support System

memberikan dukungan
saling mendukung / freepik.com/ our-team

Last but not least, adalah menjadi pasangan yang suportif.  Salah satu hal terbaik saat berada dalam hubungan yang sehat adalah memiliki pasangan yang suportif yang selalu mendukung kamu. Menjadi seorang support system bagi satu sama lain, berarti mendukung apapun yang terbaik bagi kamu maupun pasanganmu, memberikan dukungan saat kamu merasa lelah ataupun saat kamu merasa berada di titik terendah. Selain itu, pasangan yang suportif nggak akan menghalangi kamu untuk mencapai impian dan tujuan besar di hidup kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id