sign up SIGN UP

Pasangan Sedang Menghadapi Masalah Kesehatan Mental, Jangan Ditinggalkan!

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 13 Jul 2021 23:30 WIB
Pasangan Sedang Menghadapi Masalah Kesehatan Mental, Jangan Ditinggalkan!
caption

Memiliki pasangan yang mengalami gangguan kesehatan mental tentunya merupakan tantangan tersendiri. Namun walaupun sulit, bukan berarti kondisi ini membuatmu meninggalkan pasangan. Justru, kamu adalah orang yang sangat dibutuhkan olehnya. Nah, untuk menghadapinya Beautynesia.id punya 5 tips untukmu. Yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Edukasi Dirimu

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang mengidap gangguan jiwa adalah mengedukasi diri sendiri.
Masalah mental pasangan/Foto: freepik/freepik

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang mengidap gangguan kesehatan mental adalah mengedukasi diri sendiri. Sebab jika kamu nggak memahami, kamu akan sulit menghadapinya. Kamu bisa memperoleh informasi dari dokter atau psikolog yang menangani pasanganmu. Selain itu, kamu juga bisa memperkaya informasi dengan banyak membaca tentang kesehatan mental.

Berusaha Selalu Ada

Sesuatu yang sangat dibutuhkan pengidap gangguan mental adalah dukungan dari orang lain. Jadi usahakanlah untuk selalu ada untuknya. Jangan sampai kamu justru meninggalkan pasangan begitu saja dan membuatnya merasa nggak berharga. Namun ketika pasangan meminta waktu untuk sendiri, cobalah untuk mengerti dan sampaikan bahwa kamu akan selalu ada untuknya.

Jadilah Pendengar yang Baik

Tak hanya selalu ada, kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik. Tapi jika pasanganmu belum siap berbagi cerita seputar penyakitnya denganmu, cobalah bersabar dan jangan memaksa.
Masalah mental pasangan/Foto: freepik/gpointstudio

Tak hanya selalu ada, kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik. Tapi jika pasanganmu belum siap berbagi cerita seputar penyakitnya denganmu, cobalah bersabar dan jangan memaksa. Ketika kamu sulit memahami apa yang disampaikan pasangan, kamu bisa meminta bantuan dari psikolog maupun psikiater saat menemani pasangan melakukan konseling.

Ungkapkan Cinta dan Kasih Sayang

Seorang pengidap gangguan mental umumnya merasa tidak percaya diri, malu dan enggan bertemu atau berinteraksi dengan orang lain. Nah, cara lain untuk memberikan semangat dan dukungan untuk pasanganmu adalah dengan mengungkapkan cinta dan kasih sayang. Katakanlah kamu sangat menyayanginya meskipun ia menderita kondisi tersebut.

Tetap Lakukan Aktivitas Bersama

Jika pasanganmu mengidap gangguan mental, bukan berarti kamu harus terus terkurung di rumah dan tertutup dari lingkungan.
Jogging dengan pasangan/Foto: freepik/boggy

Jika pasanganmu mengidap gangguan mental, bukan berarti kamu harus terus terkurung di rumah dan tertutup dari lingkungan. Apalagi kalau kondisi pasangan sedang stabil. Lebih baik, cobalah ajak pasanganmu berjalan-jalan sore di luar rumah. Atau, kamu bisa mengajaknya melakukan hal-hal yang kalian berdua sukai. Misalnya menonton bioskop, berolahraga, dan lain sebagainya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id