sign up SIGN UP

Kesehatan Mental Jangan Disepelekan, Ikuti 4 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja!

Ni Made Dwi Agustina | Minggu, 11 Jul 2021 14:30 WIB
Kesehatan Mental Jangan Disepelekan, Ikuti 4 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Selama di Rumah Aja!
caption

Pandemi covid-19 belum kunjung usai. Tidak sedikit orang-orang yang mulai merasakan kejenuhan dan berharap segera kembali menjalankan kegiatan normal seperti sebelum pandemi covid-19. Namun, kenyataannya kita harus lebih bersabar lagi untuk menunggu pandemi ini segera berakhir. Meski begitu, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh agar selalu dalam kondisi yang baik.

Selain menjaga kesehatan tubuh, kesehatan mental juga merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebab, mental yang tidak sehat akan memengaruhi kondisi fisik dan menyebabkan imunitas menurun. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan selama di rumah saja.

Lakukan “Me Time

Kegiatan santai untuk kesehatan mental
Kegiatan santai untuk kesehatan mental/ sumber: freepik.com

Cara menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan selama di rumah saja adalah dengan melakukan “me time” atau menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Kegiatan “me time” setiap orang akan berbeda-beda, ada yang melakukan perawatan tubuh, membaca buku, menonton tv, mendengarkan musik, berolahraga, dan sebagainya.

Selama di rumah saja, tentunya keinginan untuk bepergian ke luar rumah menjadi besar. Namun, dikarenakan kondisi covid-19 yang masih tidak terkontrol, akhirnya membuat kita harus lebih bersabar untuk tetap diam di rumah saja agar tidak mudah terjangkit virus covid-19. Oleh karena itu, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah saja dengan melakukan “me time” versi kamu.

Kurangi Penggunaan Media Sosial

Membatasi penggunaan media sosial untuk kesehatan mental
Membatasi penggunaan media sosial untuk kesehatan mental/ sumber: freepik.com

Aktifitas media sosial yang dinamis menyebabkan munculnya berbagai berita, baik itu berita positif maupun berita negatif. Kondisi covid-19 seperti saat ini, tidak sedikit banyak berita-berita negatif yang bermunculan hingga menghadirkan berita hoax. Tentunya hal tersebut sangat meresahkan dan akan menimbulkan berbagai spekulasi-spekulasi yang kurang baik pula, sehingga pikiran kita juga akan terpengaruh dengan berita-berita yang meresahkan itu.

Oleh karena itu, mengurangi penggunaan media sosial bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dan pikiran kamu. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selain bermain media sosial, yaitu bercerita dengan keluar, menonton tv, workout di rumah, memasak, dan kegiatan lainnya agar mental tetap sehat.

Mengembangkan Kreatifitas Melalui Kegiatan Produktif

Kegiatan produktif untuk kesehatan mental
Kegiatan produktif untuk kesehatan mental/ sumber: freepik.com

Pemberlakuan PPKM darurat di masa pandemi covid-19 ini menyebabkan aktifitas di luar rumah menjadi terbatas, sehingga sebagian besar kegiatan dilakukan di rumah. Namun, tidak sedikit orang yang hanya di rumah saja justru menjadi tidak produktif. Kemudian, timbul perasaan jenuh hingga stress yang dapat bermasalah pada kesehatan mental. Padahal ada banyak kegiatan produktif di dalam rumah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas.

Contoh kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan selama di rumah saja yang dapat mengembangkan kreatifitas adalah memasak, menulis, edit foto atau video, menggambar, makeup, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa kamu lakukan sesuai dengan minat kamu dan bisa menemani kamu untuk menghabiskan waktu selama di rumah saja.

Istirahat yang Cukup

Pola tidur teratur untuk kesehatan mental
Pola tidur teratur untuk kesehatan mental/ sumber: freepik.com

Tips menjaga kesehatan mental lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah beristirahat yang cukup dengan menerapkan pola tidur yang teratur. Hal ini dikarenakan, pola tidur yang teratur mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang, menjaga kesehatan jiwa, meningkatkan daya fokus serta meningkatkan imunitas. Terutama di masa pandemi covid-19 saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan, baik secara mental maupun fisik. Sebab, mental yang sehat akan menghadirkan fisik yang sehat pula.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id