sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tak Hanya Sekadar Status, Berikut 5 Manfaat Pacaran untuk Kebaikan Fisik dan Mental

Ratih Dewi | Senin, 12 Jul 2021 21:15 WIB
Tak Hanya Sekadar Status, Berikut 5 Manfaat Pacaran untuk Kebaikan Fisik dan Mental
caption

Pacaran terkadang dianggap buruk atau memberikan dampak negatif oleh banyak orang, bahkan tidak sedikit yang menganggap pacaran hanya membuang waktu saja dan status ke depannya tidak jelas. 

Padahal jika dijalani dengan gaya yang positif, pacaran bisa memberikan manfaat yang baik untuk diri kita dan pasangan. Tidak hanya memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental, pacaran juga bisa memberikan efek baik untuk kesehatan fisik, dan meningkatkan imunitas tubuh juga lho, Beauties. 

Penasaran bagaimana pacaran bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental dan fisik kita? Check this out

1. Saling Jadi Support System

Menjadi Supporting System
Manfaat Pacaran Menjadi Supporting System/Foto : freepik.com/tirachardz

Sebagai makhluk sosial pasti kita saling membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup, contohnya membutuhkan dukungan positif dari orang lain untuk membuat kita menjadi lebih semangat, dalam menghadapi suatu hal atau membuat perasaan kita menjadi lebih baik saat sedang bersedih. 

Dikutip dari She Knows, memiliki pasangan bukan hanya memandangnya sebagai kekasih, tapi juga sebagai sahabat yang saling memberi dukungan. Dukungan atau semangat yang kita beri atau dapatkan bersama dengan pasangan, bisa membuat kita lebih semangat untuk menjalani hari. Ketika sedang sedih atau terpuruk pun, dukungan atau semangat dari orang yang disayangi langsung membuat perasaan lebih baik dan merasa diperhatikan dengan baik. 

2. Lebih Dewasa Dalam Mengambil Keputusan

Lebih Dewasa dalam Mengambil Keputusan
Lebih Dewasa dalam Mengambil Keputusan/Foto : freepik.com/our-team

Pacaran tidak selalu berjalan mulus atau sama dalam berpendapat, pasti akan selalu ada perbedaan di dalamnya yang membuat kita harus mengambil keputusan, apakah ini tepat atau tidak.

Perbedaan ini bisa membuat kita menjadi lebih dewasa, lebih bijak, dan lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Jika kita bertindak seperti ini apakah merugikan diri kita dan pasangan, atau justru bisa menjadi tindakan yang baik untuk diri kita dan pasangan. Hal ini bisa jadi wadah untuk belajar mengambil keputusan juga. Dan dengan keputusan yang kita ambil, bisa mengubah pola pikir dan pribadi kita menjadi lebih dewasa. 

3. Belajar Menghargai dan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Belajar Menghargai dan Berkomunikasi dengan Orang Lain
Belajar Menghargai dan Berkomunikasi dengan Orang Lain/Foto : freepik.com/gpointstudio

Dengan perbedaan, masalah, atau perselisihan yang dihadapi selama pacaran memberikan pelajaran bagaimana menghargai perbedaan, menerima perbedaan, dan berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Masing-masing orang punya cara tersendiri untuk bertindak saat menyelesaikan masalah, dengan itu kita juga belajar bagaimana cara mengontrol emosi ketika berkomunikasi untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi. 

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan Imunitas Tubuh/Foto : freepik.com/cookie_studio

Tingkat stres yang tidak terkontrol membuat kita menjadi lemah dan imunitas tubuh pun menurun. Ini yang pada akhirnya membuat kita mudah terserang penyakit. Pacaran yang positif memberikan kita rasa bahagia, rasa nyaman, dan berkurangnya tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun baik dan lebih jarang terserang penyakit. 

Walaupun begitu, tetap menjalani gaya hidup yang sehat juga ya, Beauties untuk meningkatkan imunitas tubuh kita dengan optimal. 

5. Memberikan Motivasi Menjadi Lebih Baik

Memberikan Motivasi Menjadi Lebih Baik
Memberikan Motivasi Menjadi Lebih Baik/Foto : freepik.com/halayalex

Contohnya saling memberi motivasi untuk olahraga, membuat kamu dan pasangan menjadi lebih semangat untuk menjalaninya, kamu juga bisa melakukannya bersama dengan pasangan. Fisik menjadi lebih sehat dan imunitas tubuh juga terjaga dengan baik.  Selain itu, motivasi lainnya seperti mengingatkan untuk menjalani pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id