sign up SIGN UP

Sering Merasa Cemas Berlebihan terhadap Pasangan? Ini 6 Ciri Kamu Berada dalam Anxiety Relationship

Novianty Aulia | Selasa, 10 Aug 2021 23:00 WIB
Sering Merasa Cemas Berlebihan terhadap Pasangan? Ini 6 Ciri Kamu Berada dalam Anxiety Relationship
caption

Rasa cemas berlebihan terhadap pasangan dapat diartikan sebagai suatu gangguan dalam hubungan atau yang disebut anxiety relationship.

Kondisi seperti ini kerap disangka sebagai rasa cemas biasa sehingga diabaikan begitu saja. Akibatnya, bahagia tidak lagi terasa dan kualitas hubungan kamu dengan pasangan menjadi terganggu.

Agar tidak salah mengartikan rasa cemas yang berlebihan itu, berikut Beautynesia telah merangkum 6 tanda kamu terjebak dalam anxiety relationship. Yuk, simak artikelnya berikut ini.

1. Mempertanyakan Posisi Kamu dalam Hubungan

Kecemasan berlebih membuat kamu bertanya-tanya seperti apa kamu dianggap olehnya.
Mempertanyakan posisi kamu dalam hubungan/Foto:Freepik.com/Drobotdean


Sudah dijadikan sebagai prioritas utama tetapi masih saja bertanya seberapa pentingnya kamu untuk dirinya? Hati-hati, bisa jadi kamu mengalami kecemasan berlebih atau yang disebut anxiety relationship.

Ya, salah satu tanda anxiety relationship yang paling terlihat ialah keraguan berlebih terhadap pasangan tentang bagaimana diri kamu dianggap olehnya.

Hal ini biasanya berkaitan dengan ketakutan yang menyangkut harga diri dalam suatu hubungan. Kemungkinan juga, kamu tengah kehilangan rasa percaya diri dan selalu menganggap diri kamu kurang berharga.

2. Meragukan Perasaan Cinta Pasangan 

Kamu cenderung sulit untuk percaya akan rasa cinta yang diberikan oleh pasanganmu.
Selalu ragu akan perasaan cinta dari pasanganmu/Foto:Freepik.com/Vidistudio


Setelah berhasil melalui tahapan panjang dalam suatu hubungan, idealnya sudah tidak ada lagi kata ragu antara kamu dengan dirinya. Tetapi, akan berbeda cerita jika kamu terjebak dalam anxiety relationship.

Tak peduli seberapa lama hubungan tersebut berjalan, keraguan terhadap cinta pasangan akan terus menghantui, ketika kamu mengalami kecemasan dalam hubungan.

Rasa ragu inilah yang membuat kamu sulit untuk yakin sepenuhnya atas segala komitmen dari pasanganmu. Jika dibiarkan, kekhawatiran ini malah menimbulkan perasaan tertekan baik dalam diri kamu ataupun pasangan.

3. Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain

Merasa selalu ragu membuat kamu cenderung melihat hubungan orang lain lebih baik dibandinkan dengan hubunganmu sendiri.
Sulit merasa cukup dan membandingkan dengan hubungan orang lain/Foto:Freepik.com/Freepik


Terlalu besarnya keraguan yang kamu rasakan terhadap pasanganmu, sejatinya dapat menjadi penyebab utama timbulnya rasa tidak cukup dan cenderung melihat hubungan orang lain.

Seperti dilansir dari laman Hello Relish, ketidakpercayaan dalam hubungan dapat memunculkan sikap membandingkan pasangan baik dengan pasangan orang lain ataupun orang dari masa lalu.

Keraguan akan cinta dari pasangan membuat kamu merasa hubungan tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga kamu tergoda untuk membandingkan dengan hubungan orang lain.

4. Selalu Timbul Ketakutan Akan Putus

Anxiety dalan hubungan membuat kamu selalu merasa takut akan kehilangan meskipun sedang dalam kondisi baik-baik saja.
Selalu takut akan putus meskipun sedang baik-baik saja/Foto:Freepik.com/Yanalya


Sedang dilanda badai pertikaian tentunya menimbulkan sebuah rasa takut akan berakhirnya jalinan cinta. Tetapi, bagaimana jadinya jika jalinan asmara tetap seperti biasa, namun cemas akan putus terus saja dirasa?

Hal seperti ini kerap terjadi pada seseorang dengan tingkat anxiety berlebih pada hubungan. Ketakutan tersebut lahir dari pikiran-pikiran buruk yang sebenarnya belum tentu nyata.

Perasaan ini dapat berkembang menjadi sebuah hal berbahaya ketika kamu mulai mengekang pasangan hanya karena ketakutan yang tidak beralasan.

5. Menguji Cinta Pasangan dengan Seenaknya

Demi menuntaskan rasa ragu, kamu rela menguji batasan pasangan hingga membuatnya cemburu.
Kamu gemar menguji batasan-batasan dalam hubungan/Foto:Freepik.com/Shurkin_Son


Demi menghilangkan rasa ragu yang sebenarnya tak ada, kamu rela melakukan berbagai cara hanya untuk menguji seberapa besar cinta pasanganmu, bahkan tak segan membuatnya cemburu besar.

Dilansir dari laman Healthline, seseorang yang terjebak dalam anxiety relationship cenderung gemar menguji batas-batasan dalam hubungan secara sengaja.

Hal ini dilakukan secara sadar dengan tujuan mencari tahu seberapa besar kesabaran dari pasanganmu. Alih-alih mendapatkan jawaban, hubungan malah terancam kandas karena kebiasaan yang satu ini!

6. Mencoba Mengekang dan Mengendalikan Pasangan

Rasa kecemasan berlebih dapat berujung dengab sikap posesif dan membatasi ruang gerak pasangan.
Terlalu takut membuat kamu cenderung posesif terhadap pasangan/Foto:Freepik.com/Wayhomestudio


Selain gemar menguji pasangan, kecemasan dalam hubungan juga dapat membuat kamu bersikap terlalu mengatur tentang segala hal. Sikap ini berakar dari rasa terlalu takut akan kehilangan sehingga kamu mencoba untuk membungkam kebebasan pasangan demi kenyamanan dirimu sendiri.

Beauties, hal ini akan berbahaya jika dibiarkan terlalu lama. Kamu dapat berubah menjadi pribadi yang posesif yang justru membuat pasanganmu tertekan dan melukainya dengan kebiasaanmu sendiri.

Jika kamu mendapati beberapa tanda tersebut, segeralah introspeksi diri agar hubungan yang sehat tetap berjalan lancar ya, Beauties. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id