sign up SIGN UP

Menjaga Hubungan Agar Tetap Langgeng Tak Selalu Susah, Coba Terapkan 8 Cara Ini Yuk!

Octavia Tunggal Dewi | Senin, 09 Aug 2021 23:15 WIB
Menjaga Hubungan Agar Tetap Langgeng Tak Selalu Susah, Coba Terapkan 8 Cara Ini Yuk!
caption

Menjaga hubungan tetap langgeng diperlukan peran aktif satu sama lain, baik kamu maupun pasanganmu sama-sama berperan penting akan hal ini. Karena hubungan tidak akan berjalan baik jika hanya salah satunya saja yang berjuang.

Berikut beberapa tips untuk menjaga hubungan yang terjalin tetap langgeng. Simak selengkapnya disini ya Beauties!

1. Bangun Komunikasi yang Baik

Bangun komunikasi yang baik
Komunikasi yang Baik/Foto: Pexels.com/Sound on

Komunikasi merupakan faktor utama dalam menjaga hubungan agar tetap bertahan lama. Tanpa adanya komunikasi yang baik maka akan menimbulkan beragam salah paham dan konflik yang terus bermunculan. Terutama dalam menjalin hubungan jarak jauh atau LDR yang hanya disatukan melalui komunikasi.

2. Saling Percaya dan Terbuka Satu Sama Lain

Saling terbuka satu sama lain
Saling Terbuka/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Kepercayaan merupakan salah satu kunci penting untuk tetap menjaga hubungan berjalan dengan baik. Ketika dalam hubungan sudah meletakkan rasa saling percaya maka hubungan tersebut akan berjalan damai tanpa disertai rasa curiga ataupun pemikiran negatif lainnya.

3. Tepati Segala Janji

Setiap orang pasti membenci seseorang yang suka ingkar dengan janji yang dibuat. Begitu pula dalam sebuah hubungan pastikan kamu menepati janji yang kamu berikan untuk pasanganmu. Sebab, apabila kamu ingkar maka secara tidak langsung kamu membuat rasa percaya pasanganmu perlahan memudar.

4. Tunjukkan Bentuk Kasih Sayang

Menunjukkan rasa kasih sayang
Tunjukkan Kasih Sayang/Foto: Pexels.com/Andrea piacquadio

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menunjukkan rasa kasih sayang. Tunjukkanlah rasa kasih sayang versi dirimu sendiri baik melalui ucapan maupun tindakan secara langsung. Seperti dengan membelikan hadiah, makanan kesukaan, mengajaknya wisata ke tempat impian, memberikan perhatian kecil, dan lain sebagainya.

5. Luangkan Waktu

Luangkan waktu bersama pasangan
Luangkan Waktu/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Sesibuk apapun kamu dan pasanganmu dengan segala rutinitas yang kalian miliki, sempatkanlah waktu untuk quality time bersama pasanganmu. Karena kurangnya komunikasi dan waktu untuk bertemu dapat menyebabkan hubungan kalian renggang dan bermasalah.

6. Sisipkan Humor dan Candaan

Dalam menjallin hubungan jangan hanya berjalan serius namun sisipkanlah hal-hal lucu agar hubungan tidak monoton dan membosankan. Ketika kamu mampu membuat pasanganmu tertawa maka secara tidak langsung kamu juga membangun rasa bahagia di dalam hatinya.

7. Saling Mengerti

Saling mengerti
Saling Mengerti/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Dalam suatu hubungan sikap pengertian juga sangat diperlukan. Sebab, apabila kamu tidak mengerti akan kondisi maupun kesibukan pasanganmu, maka kamu tidak bisa menerima dirinya apa adanya dan justru menjadi beban untuk pasanganmu. Jika kamu ingin dimengerti maka kamu tidak boleh bersikap egois dan harus menanamkan sikap pengertian terhadap pasanganmu.

8. Bijaksana dalam Menghadapi Konflik

Bijaksana dalam menghadapi konflik
Bijaksana Menghadapi Konflik/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Dalam setiap hubungan pasti memiliki masalah dengan siapapun pasangan kamu. Tidak semua konflik pun memiliki penyebab dan jalan keluar yang sama. Maka dari itu, sikap bijaksana dalam menyelesaikan masalah diperlukan agar kamu tidak salah dalam bertindak ataupun mengambil keputusan yang dapat menyebabkan penyesalan di akhir.

Beauties, itu dia beberapa tips hubungan langgeng. Saling percaya dan jaga komunikasi adalah kunci utama untuk menjaga hubungan tetap berjalan sehat.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id