sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tinggalkan Dia Jika Siklus Abusive Ini Tengah Kamu Rasakan!

Ayuliy Lestari | Jumat, 08 Jan 2021 08:30 WIB
Tinggalkan Dia Jika Siklus Abusive Ini Tengah Kamu Rasakan!
caption

Menjalani sebuah hubungan apalagi ditahap yang lebih serius, tentu saja kamu perlu lebih berhati-hati dan banyak pertimbangan. Hubungan percintaan seharusnya membahagiakan, namun jika sebaliknya, pasti ada yang salah.

Apalagi jika hubunganmu dan dia sudah masuk pada abusive relationship. Tak hanya langsung pada kekerasan fisik, hubungan yang abusive bisa ditandai dengan siklus berikut!

Dia Mencintaimu dengan Berlebihan

Siklus abusive relationship
Siklus abusive relationship/Freepik.com

Awalnya dia terlihat sangat mencintaimu. Bahkan kamu merasa sangat beruntung karena dia penuh kasih sayang dan seakan sangat tergila-gila yang akhirnya berubah menjadi obsesi.

Hingga tiba saatnya dia melepaskan topengnya, yang awalnya terlihat manis perlahan-lahan mulai memberikan perlakuan kasar, mengancam, menghina hanya karena kesalahpahaman kecil. Bahkan kamu dibuat bingung dengan sikapnya yang seolah-olah berubah.

Dia Mulai Mengisolasimu

Siklus abusive relationship
Siklus abusive relationship/Freepik.com

Seseorang yang abusive akan membuat pasangannya terisolasi dari pertemanan, teman kerja bahkan keluarga. Ponselmu sering disita sehingga kamu kesulitan menghubungi orang lain. Pada akhirnya, kamu merasa bahwa isi duniamu hanyalah kamu dan dia bahkan kamu mulai merasa tertekan dengan kehadirannya.

Dia juga mudah cemburu, semua history telepon, sms, whatsapp, messenger akan dicek. Tidak hanya khawatir kamu akan selingkuh, tapi dia juga takut kamu menghubungi seorang teman atau keluarga untuk menceritakan perlakuannya terhadapmu.

Sangat Over Protective

Siklus abusive relationship
Siklus abusive relationship/Freepik.com

Dia akan menelponmu setiap waktu bahkan menuntut untuk selalu membalas pesannya sesibuk apapun kamu. Dia selalu gelisah dan membuat asumsi sendiri tentang kegiatanmu saat berada di luar tanpanya. Bahkan dia sering menyalahkan orang lain, dia menuntut orang lain bertanggung jawab terhadap emosinya.

Dia juga sangat sensitif, semua yang kamu katakan seakan memicu amarahnya. Abuser biasanya sangat sensitif terhadap segala kata yang keluar dari mulut pasangannya. Dia selalu curiga bahwa kamu tidak setia, bosan dan berfikir kamu akan meninggalkannya sesuatu saat nanti. 

Mulai Mendominasi dan Mengancam

Siklus abusive relationship
Siklus abusive relationship/Freepik.com

Dia mulai mengintimidasi dan mendominasi agar kamu takut dan tunduk. Bahkan parahnya, dia mulai mengendalikan seluruh hidupmu, dengan siapa kamu berkomunikasi, keuangan dan karier hingga kamu tidak tahu harus bagaimana lagi menjalani hidup tanpanya karena dia membuatmu seakan sangat membutuhkannya.

Selain mendominasi, dia mulai sering mengancam. Dia tak segan-segan menyakitmu bahkan menyakiti dirinya sendiri jika kamu terlihat ingin keluar dari hubungan toxic tersebut. Dia akan mencoba memanipulasimu dengan berusaha membuatmu merasa bersalah atas segala kekerasan dan ancaman yang dia lakukan.

Jika siklus di atas sedang kamu alami, sebaiknya segera cari bantuan. Kamu perlu tegas dan lebih objektif untuk melindungi diri sendiri dari abuser. Jika tetap bertahan, banyak dampak negatif yang akan kamu dapatkan mulai dari kerugian fisik dan mental.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id