sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips untuk Mulai Terbuka dengan Pasangan

Anggi Putri | Jumat, 03 Jul 2020 01:00 WIB
Tips untuk Mulai Terbuka dengan Pasangan
caption

Banyak cara untuk membuat suatu hubungan bertahan selamanya. Salah satunya dengan sikap saling terbuka. Sikap tersebut menjadi awal rasa saling menerima dan saling percaya satu sama lain hingga akhirnya bisa terhindar dari masalah dalam hubungan. Sayangnya masih banyak pasangan yang sulit terbuka dengan alasan tertentu. Yuk segera mulai terbuka kepada pasangan dengan cara ini.

Saat memulai sebuah hubungan, ada banyak hal baru yang seiring waktu akan dipelajari oleh masing-masing individu. Mulai dari kesukaan hingga kebiasaan bisa mudah diketahui. Namun soal keterbukaan mengenai emosi mungkin akan sulit diungkapkan.

Sadari Peran Pasangan

Dalam hubungan selalu ada dua individu, maka segala sesuatunya tidak selamanya bisa dilalui seorang diri lagi. Pasangan hadir bukan hanya untuk menyempurnakan kebahagiaan, melainkan juga sebagai tempat untuk berbagi semua hal.
Sadari Peran Pasangan/sumber: https://www.freepik.com

Ketika sudah memutuskan untuk berpasangan, kedua orang harusnya memahami perubahan peran. Dalam hubungan selalu ada dua individu, maka segala sesuatunya tidak selamanya bisa dilalui seorang diri lagi.


Pasangan hadir bukan hanya untuk menyempurnakan kebahagiaan, melainkan juga sebagai tempat untuk berbagi semua hal. Dengan menyadari peran ini, memulai sikap terbuka tidak akan terlalu sulit.

Diskusikan Hal-hal Kecil

Biasanya berbagai tentang hal kecil dan sepele dirasa masih dalam batas nyaman serta tidak sulit untuk dilakukan. Dari yang sederhana itu, kamu bersama pasangan akan terbiasa berdiskusi tentang segala sesuatu yang lebih besar dan serius.
Diskusikan Hal Kecil/sumber: https://www.freepik.com

Memulai sebuah keterbukaan kepada pasangan sebenarnya tidak terlalu sulit jika dimulai dari hal-hal kecil. Biasanya berbagai tentang hal kecil dan sepele dirasa masih dalam batas nyaman serta tidak sulit untuk dilakukan.

Mulai dari yang sederhana itu, kamu bersama pasangan akan terbiasa berdiskusi tentang segala sesuatu yang lebih besar dan serius. Agar lebih nyaman, lakukan diskusi saat waktu santai, seperti sore hari sambil minum teh bersama atau menjelang tidur.

Tetapkan Kesepakatan

asing-masing juga harus berkomitmen untuk bisa menerima apapun yang diceritakan pasangan. Dari hal tersebut, baik kamu dan pasangan tidak akan ragu dan takut lagi ketika ingin bersikap terbuka.
Kesepakatan/sumber: https://www.freepik.com

Sambil mulai membiasakan diri untuk berdiskusi, kamu dan pasangan bisa sekalian membuat kesepakatan. Kalian berdua bisa berjanji kepada satu sama lain untuk saling terbuka tentang apa saja dan tidak akan memberi tahu orang lain sebelum memberi tahu pasangan.

Selain itu, masing-masing juga harus berkomitmen untuk bisa menerima apapun yang diceritakan pasangan. Dari hal tersebut, baik kamu dan pasangan tidak akan ragu dan takut lagi ketika ingin bersikap terbuka.

Pahami Risiko

Hubungan tanpa ada komunikasi terbuka akan membuat masing-masing tidak menyadari kekurangannya. Bisa juga setiap individu sulit memahami pasangannya sebab sudah merasa cukup baik dengan sikapnya. Bahkan tidak jarang hubungan berakhir karena awalnya tidak mau saling terbuka.
Pahami Risiko/sumber: https://www.freepik.com

Ada banyak akibat yang bisa ditimbulkan dari sikap enggan terbuka kepada pasangan. Hubungan tanpa ada komunikasi terbuka akan membuat masing-masing tidak menyadari kekurangannya. Bisa juga setiap individu sulit memahami pasangannya sebab sudah merasa cukup baik dengan sikapnya.

Bahkan tidak jarang hubungan berakhir karena awalnya tidak mau saling terbuka. Semua risiko itu harus dipahami oleh setiap orang dalam sebuah hubungan. Sehingga keduanya sadar dan bisa saling terbuka agar bisa terhindar dari masalah.

Imbangi dengan Saling Menutupi

Maksudnya adalah, baik kamu maupun pasangan harus berjanji untuk bisa menutupi kekurangan dan menjaga rahasia masing-masing di hadapan orang lain.
Saling Menutupi/sumber: https://www.freepik.com

Ketika kamu dan pasangan sudah bisa saling terbuka, maka kalian berdua juga harus berkomitmen untuk saling menutupi. Maksudnya adalah, baik kamu maupun pasangan harus berjanji untuk bisa menutupi kekurangan dan menjaga rahasia masing-masing di hadapan orang lain. Keterbukaan tidak akan membawa kebaikan jika salah satunya begitu suka mengumbar kekurangan pasangan pada orang lain.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id