sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Trauma Diselingkuhi? Begini 5 Cara Menghadapinya dengan Bijak

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 13 Nov 2020 17:00 WIB
Trauma Diselingkuhi? Begini 5 Cara Menghadapinya dengan Bijak
caption
Jakarta -

Diselingkuhi oleh pasangan tentu merupakan pengalaman yang buruk. Bahkan, pengalaman ini bisa membuat seseorang mengalami trauma lho! Jika kamu mengalaminya, menghindar dari rasa trauma tersebut bukanlah pilihan yang tepat.

Biar bagaimanapun, kamu harus mampu untuk menghadapi perasaan tersebut. Karena dengan menghadapinya, kamu bisa menghilangkan perasaan trauma tersebut.

Nah, berikut ini Beautynesia.id punya 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan trauma diselingkuhi. Penasaran? Yuk langsung simak artikel berikut ini!

Belajar Mencintai Diri Sendiri

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi trauma tersebut adalah dengan mencintai dirimu sendiri.
Cintai Diri Sendiri/freepik.com

Umumnya, perselingkuhan membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Tapi, jangan menyalahkan dirimu terus menerus. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi trauma tersebut adalah dengan mencintai dirimu sendiri. Maka lambat laun, kamu juga mampu untuk mengikhlaskan masa lalu tersebut.

Jangan Memaksakan Diri

Walaupun berat dan sakit, cara selanjutnya yang enggak kalah penting untuk menghilangkan trauma karena perselingkuhan adalah dengan bersabar. Sadari kalau kamu memang membutuhkan waktu untuk pulih kembali.

Jadi, enggak perlu merasa terburu-buru untuk menghilangkan perasaan tersebut. Justru jika kamu memaksakannya, hal ini akan lebih membuat proses pemulihanmu lebih lama.

Mintalah Dukungan dari Keluarga dan Sahabat

Dukungan dari lingkungan sekitar sangat penting. Jadi, jangan pernah menarik diri ketika kamu sedang mengalami trauma.
Dukungan Lingkungan/freepik.com

Dukungan dari lingkungan sekitar sangat penting. Jadi, jangan pernah menarik diri ketika kamu sedang mengalami trauma. Justru jika kamu sendirian, pikiran negatif akan semakin menghantuimu.

Perbanyaklah berbincang mengenai hal-hal positif dengan sahabat dan keluargamu. Dengan begitu, energi positif juga akan berkembang dalam dirimu.

Ekspresikan Perasaanmu

Selain harus menerima perasaan, kamu juga enggak boleh memendam perasaanmu sendiri. Ekspresikanlah apa yang kamu rasakan. Entah itu dengan bercerita pada sahabatmu, atau kamu bisa menuliskannya pada buku harian.

Dengan begitu, kesedihan enggak akan menumpuk dalam hatimu. Sebab jika kamu membiarkan perasaan sedih menumpuk, tentu hal ini akan semakin memperparah kondisi mentalmu.

Konsultasi ke Psikolog

Jika merasa emosi negatif yang kamu alami memuncak dan mengganggu aktivitas, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada psikolog.
Konsultasi Dengan Psikolog/freepik.com

Jika merasa emosi negatif yang kamu alami memuncak dan mengganggu aktivitas, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada psikolog. Dengan berkonsultasi, psikolog akan membantu menemukan strategi dan cara yang tepat untuk menghilangkan rasa trauma yang kamu alami.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id