sign up SIGN UP

FASHION

10 Fashion Desainer Ikonik yang Karyanya Mengubah Dunia

Friska NR | Rabu, 30 Sep 2020 20:30 WIB
10 Fashion Desainer Ikonik yang Karyanya Mengubah Dunia
caption

Industri fashion selalu berkembang dan berlomba-lomba untuk menampilkan sesuatu yang baru. Namun meski desainer-desainer fashion baru kini bermunculan, 10 desainer ikonik ini akan selalu dikenang dan memiliki tempat di hati para fashionista berkat karya-karyanya yang melegenda. 

1. Gabrielle ‘Coco’ Chanel

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/chanelofficial

Gabrielle ‘Coco’ Chanel dikenal akan kreasi parfum-parfumnya yang timeless serta menjadi desainer pertama yang mempopulerkan little black dress (LBD) dan setelan rok.

Pada awal era 1900-an, hasil rancangan Chanel dinilai memiliki kesan yang lebih sporty dan bebas dari tren fashion saat itu karena ia tidak melibatkan korset dalam baju-baju rancangannya. Selain rancangan fashion-nya yang melegenda, Chanel juga sangat populer akan kreasi parfumnya yang ikonik, salah satunya parfum Chanel No.5.


2. Christian Dior

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/dior

Christian Dior merupakan salah satu figur paling berpengaruh dalam dunia fashion abad ini. Pada tahun 1950-an, ia merilis koleksi fashion yang bertajuk ‘New Look’ dengan memperkenalkan rancangan rok A-line dan fitted bodice yang dapat menonjolkan siluet bentuk tubuh.

Saking ikoniknya, kedua fashion item ini hingga kini selalu diidentikan dengan gaya fashion ala 50-an. Kini koleksi dari rumah mode Dior masih memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan mode dunia.

3. Hubert de Givenchy

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/fashionbloc

Hubert de Givenchy dikenal sebagai fashion desainer favorit dari aktris sekaligus ikon fashion  era 1950-1960-an, Audrey Hepburn. Sang aktris yang kemudian menjadi muse rumah mode asal Perancis ini, tampak kerap mengenakan busana rancangan Givenchy dalam berbagai acara dan film yang dibintanginya, diantaranya dalam film Breakfast at Tiffany’s, Funny Face dan Charade. Ciri khas rancangan Hubert de Givenchy yang klasik, chic dan feminin membuatnya sangat melekat pada karakter sang aktris.

4. Yves Saint Laurent

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/yves__saint_laurent

Pendiam namun berbakat, Yves Saint Laurent memulai karir dengan bekerja menjadi asisten Christian Dior dan berhasil diangkat menjadi direktur kreatif di usianya yang ke-21. Saat mendirikan rumah mode-nya sendiri, ia menuangkan ide-ide rancangan yang berbeda dan revolusioner. Salah satunya, ia memperkenalkan tren fashion androgini dengan mendadani wanita dengan pakaian yang terinspirasi dari pakaian lelaki.

Beberapa hasil rancangannya yang menggebrak dunia pada saat itu adalah Jaket Reefer pada tahun 1962, Sheer Blouse pada 1966, Jumpsuit pada tahun 1968 dan yang paling populer Le Smoking pada 1966.

5. Ralph Lauren

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/ralphlauren

Nama Ralph Lauren mulai dikenal setelah ia memulai lini fashion Polo Ralph Lauren di tahun 1966. Meski saat itu tren dunia fashion berkiblat pada gaya orang Eropa, Ralph Lauren memilih untuk menonjolkan gaya busana ala kaum menengah atas Amerika yang rapi, bersih dan classy. Gaya yang melekat pada baju-baju rancangannya ini kemudian disebut sebagai gaya "preppy" di 1980 hingga 2000-an.

6. Giorgio Amani

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/giorgioamani

Giorgio Amani merupakan fashion desainer asal Italia yang dikenal akan rancangan busana setelannya yang sleek. Hasil rancangannya ini telah dipakai oleh orang-orang ternama dunia seperti Richard Gere, Michelle Pfeiffer, Joddie Foster dan John Travolta.

Kini rumah mode milik Giorgio Amani telah berkembang pesat dan melebarkan sayap dengan mengeluarkan rancangan gaun malam, koleksi ready-to-wear dan masih banyak lagi.

7. Tom Ford

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/tomford

Tom Ford pernah memimpin rumah mode Gucci pada 1994 – 2004 sebelum mulai membuka rumah mode-nya sendiri. Selama berada di Gucci, ia mengubah gaya khas rancangan rumah mode ternama ini dari minimalis menjadi lebih mencolok, retro dan flamboyan.

Tom Ford kemudian memulai label-nya sendiri di 2006. Dalam lini fashion miliknya, ia tak hanya menghadirkan koleksi pakaian, namun juga aksesoris, produk kecantikan dan kacamata.

8. Alexander McQueen

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/alexandermcqueen

Sebelum mendirikan rumah mode-nya sendiri, Alexander McQueen merupakan seorang desainer jam tangan di era 90-an hingga awal 2000-an. Ia juga pernah bekerja di rumah mode Givenchy dan Gucci yang kemudian membuat namanya mulai dikenal. Desainer ikonik ini populer berkat kreasi rancangannya yang menantang, teatrikal dan berani mendobrak aturan fashion tradisional. 

9. Karl Lagerfeld

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/karllagerfeld

Karl Lagerfeld merupakan seorang jenius fashion yang menjadi salah satu sosok desainer paling berpengaruh dalam industri mode. Selama karirnya, ia telah menciptakan rancangan-rancangan yang cerdas, seksi dan up-to-date untuk sederet rumah mode ternama seperti Chanel, Fendi, Chloe, Tommy Hilfiger, H&M serta mendirikan lini fashion-nya sendiri menggunakan namanya.

10. Virgil Abloh

Fashion desainer paling ikonik yang mengubah dunia.
Foto: instagram.com/virgilabloh

Virgil Abloh berhasil mengubah wajah dunia fashion saat dirinya menduduki posisi direktur kreatif untuk koleksi menswear Louis Vuitton. Lewat tangan kreatifnya, ia membawa nuansa streetwear yang lebih modern masuk ke dalam koleksi-koleksi rumah mode ternama ini.

Sebelumnya, desainer yang juga seorang DJ ini telah mendirikan label fashion-nya sendiri yang bertajuk Off-White. Dengan mengusung konsep 'streetwear mewah', hingga kini Off White telah mendapatkan tempat di hati penggemar fashion karena koleksinya yang unik dan trendi.

Sumber: www.insider.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id