sign up SIGN UP

FASHION

3 Cara Mudah untuk Mengetahui Kerontokan Rambut yang Parah, Cek Beauties!

Raudiya Nurfadilah H | Minggu, 18 Jul 2021 21:15 WIB
3 Cara Mudah untuk Mengetahui Kerontokan Rambut yang Parah, Cek Beauties!
Cara untuk mengetahui kerontokan rambut yang parah/ Foto: Freepik/ Cookie_studio

Memiliki rambut yang rontok memang bikin pusing ya, Beauties? Berbagai macam cara sudah dilakukan, mulai dari perawatan rambut dengan bahan alami hingga menggunakan produk yang diklaim bisa mengurangi rambut rontok.

Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, kondisi kesehatan, pewarnaan rambut, bleaching, sering keramas, dan lain-lain.

Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, kondisi kesehatan, pewarnaan rambut, bleaching, sering keramas, dan lain-lain.
Rambut rontok bisa disebabkan berbagai faktor/ Foto: Freepik/ Nakaridore

Dikutip dari Healthline, menurut American Academy of Dermatologists, rambut rontok yang masih dianggap dalam batas wajar yakni berjumlah 50 hingga 100 helai per hari, jika lebih dari itu sebaiknya konsultasikan kepada orang yang profesional di bidangnya. Yakni termasuk ke dalam dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK).

Meski masih dianggap wajar, kamu juga harus hati-hati karena jika tidak ditangani, rambut yang rontok bisa semakin parah dan berbahaya. Oleh karena itu, cek yuk untuk mengetahui seberapa parah kerontokan rambut kamu dengan beberapa cara berikut.

Sisir Rambut dengan Jari

Mengetes kerontokan rambut, bisa kamu lakukan dengan menyisirnya menggunakan jari.
Sisir rambut menggunakan jari/ Foto: Freepik/ Jcomp

Untuk mengetes kerontokan rambut, bisa kamu lakukan dengan menyisirnya menggunakan jari. Seorang spesialis restorasi rambut dan ahli bedah plastik wajah, dr. James C. Marrota yang dikutip dari Romper, menyarankan untuk menyisir rambut dengan jari dan amati rambut kamu yang ada di tangan.

Jika rambut yang rontok berjumlah delapan helai maka masih dianggap normal, tetapi ketika rambut yang rontok lebih dari 15 helai, maka sudah termasuk parah.

Lihat di Saluran Pembuangan

Ketika kamu mandi, coba lihat dan amati setiap hari seberapa banyak rambut kamu yang rontok di saluran pembuangan air
Amati rambut rontok ketika mandi/ Foto: Freepik/ Gpointstudio

Ketika kamu mandi, coba lihat dan amati setiap hari seberapa banyak rambut kamu yang rontok di saluran pembuangan air. Jika tidak terlalu banyak berarti rambut rontokmu masih normal, tetapi jika dari hari ke hari justru makin banyak, artinya kamu mengalami kerontokan rambut yang berlebihan.

“Beberapa orang yang sangat khawatir kehilangan rambut, mereka akan memasang perangkap rambut di saluran pembuangan kamar mandi untuk melihat seberapa banyak rambut yang rontok ketika keramas,” ujar Megan Taylor, seorang stylist di Gloria and Company di Fairhaven, Massachusetts yang dikutip dari Mind Body Green.

Lihat di Bantal

Untuk mengetahui seberapa parah kerontokan rambut, kamu bisa melihatnya di bantal setelah kamu bangun tidur
rambut rontok ketika tidur/ Foto: Freepik/ Drobotdean

Untuk mengetahui seberapa parah kerontokan rambut, kamu bisa melihatnya di bantal setelah kamu bangun tidur. Dikutip dari Bright Side, jika rambut rontokmu sebanyak 5 hingga 20 helai maka masih dianggap normal, karena ketika tidur kamu akan mencari posisi yang enak agar tidurmu nyenyak. Sedangkan jika rambutmu yang rontok lebih dari 20 helai, berarti itu tanda bahwa kamu mengalami kerontokan parah.

Beauties, itulah beberapa cara yang bisa kamu lihat apakah rambutmu termasuk rontok yang normal atau sudah masuk kategori parah. Melakukan perawatan rambut rontok bukan hanya dari luar saja, tetapi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengurangi stres pun bisa mengurangi kerontokan.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id