sign up SIGN UP

Sering Dilakukan di Malam Hari, 4 Kebiasaan Ini Malah Bikin Rambut Rusak

Ade Irma Suryani | Selasa, 13 Jul 2021 16:30 WIB
Sering Dilakukan di Malam Hari, 4 Kebiasaan Ini Malah Bikin Rambut Rusak
caption

Baik disadari maupun tanpa disadari, seringkali seharian orang-orang melakukan kebiasaan yang tidak baik bagi anggota tubuhnya. Baik itu karena belum tahu sama sekali atau memang tidak mau peduli. Seperti halnya kebiasaan di malam hari yang sering dilakukan sebelum tidur, yang ternyata tanpa disadari berpotensi merusak rambut

Kira-kira kebiasaan apa saja? Simak informasi berikut ini. 

 

1. Tidur dengan Rambut Basah

Tidur dengan rambut basah bisa merusak rambut.
Tidur dengan Rambut Basah/ Foto: unsplash.com/Vladislav Muslakov

Apa kamu punya kebiasaan keramas di malam hari sebelum tidur? Tentu bukan masalah, namun tidur dengan kondisi rambut masih basah bisa merusak rambut lho, Beauties. Hal ini bisa membuat rambutmu menjadi rontok, bercabang dan kering.  

Gesekan rambut yang masih basah pada sarung bantal atau seprai bisa membuat kutikula rambut menjadi rapuh. Karena itu, sebaiknya sebelum tidur pastikan rambutmu telah kering terlebih dahulu ya!  

 

2. Menyisir Rambut yang Masih Basah

Menyisir rambut yang masih basah bisa merusak rambut
Menyisir Rambut yang Basah/ Foto: freepik.com/valuavitaly 

Selain tidur dengan kondisi rambut masih basah, menyisir rambut yang masih basah juga bisa merusak rambut. Pasalnya, menyisir rambut yang masih basah akan membuatnya mudah rontok lantaran dalam keadaan rapuh. 

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu menunggu sampai rambut setengah kering lalu baru menyisirnya, atau sisir dulu rambut sebelum keramas. 

 

3. Tidur dengan Sisa Hairspray di Rambut

Tidur dengan sisa hairspray dapat merusak rambut.
Tidur dengan Hairspray di Rambut/ Foto: freepik.com/diana.grytsku 

Bagi kamu yang menghadiri pesta ataupun suatu acara di malam hari, barangkali mungkin akan menggunakan hairspray di malam hari untuk membuat tatanan rambut terlihat lebih rapi. Akan tetapi, akan jadi masalah bagi rambut jika kamu langsung tidur tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Karena hal ini bisa membuat rambutmu menjadi mudah rapuh dan patah. 

Jadi, keramaslah sebelum tidur untuk membersihkan sisa hairspray. Setelah itu, gunakan juga kondisioner agar rambut halus kembali. Namun, sebelum tidur pastikan juga bahwa rambutmu sudah kering ya!

 

4.  Mengikat Rambut Saat Tidur

Mengikat rambut saat tidur bisa merusaknya.
Mengikat Rambut Saat Tidur/ Foto: freepik.com/teksomolika 

Selalu mengikat rambut di bagian yang sama dan dalam waktu yang terlalu lama, bahkan membawanya sampai tidur semalaman juga bisa merusak rambut lho. Hal ini bisa membuat rambut menjadi mudah patah atau rontok, lantaran terus-terusan memberi lekukan pada bagian rambut di bagian tertentu. 

Jadi, jika seharian kamu mengikat rambut lantaran aktivitas, maka alangkah baiknya jika kamu membiarkan rambut beristirahat di malam hari. Karena itu, lepaskan ikatan rambut saat akan tidur. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id