sign up SIGN UP

FASHION

3 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering dan Mengembang

Jovita | Rabu, 07 Oct 2020 23:00 WIB
3 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering dan Mengembang
caption

Beautynesian, setuju tidak bahwa rambut adalah mahkota bagi para perempuan? Banyak perempuan yang menghabiskan uang dan waktunya untuk memberikan perawatan terbaik untuk keindahan mahkota tersebut.

Sayangnya, tidak semua wanita memiliki rambut yang mudah dirawat. Beberapa kerusakan yang terjadi pada rambut, seperti rambut rontok, bercabang, kering, dan mengembang seringkali membuatnya sulit diatur.

Selain itu, rambut kering dan mengembang juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Nah, jika Beautynesia ingin mengatasi rambut kering dan mengembang, ikuti 3 tips berikut.


1. Jangan keramas setiap hari 

Jangan Terlalu Sering Keramas/ Foto: Freepik.com
Jangan Terlalu Sering Keramas/ Foto: Freepik.com

Tips atasi rambut kering dan mengembang yang pertama adalah dengan menghindari mencuci rambut terlalu sering. Di Indonesia, cuaca yang panas dan polusi yang banyak seringkali membuat rambut wanita menjadi lepek, apalagi jika memiliki rambut panjang. Hal ini membuat para wanita gerah dan tidak betah sehingga terbiasa mencuci rambut setiap hari.

Padahal kebiasaan ini berpotensi menyebabkan rambut rusak serta membuat kondisi rambut kering dan mengembang menjadi semakin parah. Rambut kering biasanya terjadi karena produksi minyak di kulit kepala sedikit, mencuci rambut setiap hari akan menghilangkan minyak yang sudah sedikit itu. Waktu terbaik untuk mencuci rambut adalah 1-2 kali dalam seminggu.

2. Gunakan produk rambut yang ringan dan alami

Menggunakan Bahan Alami/ Foto: Pexels.com
Menggunakan Bahan Alami/ Foto: Pexels.com

Tips atasi rambut kering dan mengembang yang selanjutnya adalah dengan memilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut Beautynesian. Rambut kering dan mengembang akan semakin parah jika kamu menggunakan produk dengan bahan kimia yang keras. Bahkan produk tersebut bisa membuat rambut rusak.

Karena itu, sebaiknya Beautynesian memilih shampoo dan conditioner dari bahan alami, seperti kelapa dan minyak zaitun. Minyak yang terkandung dalam kelapa dapat melembabkan rambut yang kering serta melindunginya dari kerusakan. Sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk mempertahankan kelembapan rambut, melembutkan, dan memperkuat rambut hingga ke akarnya.

3. Batasi penggunaan alat styling rambut

Batasi Penggunaan Alat Styling/ Foto: Pexels.com
Batasi Penggunaan Alat Styling/ Foto: Pexels.com

Salah satu penyebab rambut kering dan mengembang adalah terlalu sering menggunakan alat styling. Alat tersebut mengeluarkan panas yang bisa membuat rambut rusak, kering, dan bercabang. Oleh karena itu, penggunaannya perlu dibatasi demi kesehatan rambut Beautynesian. Jadi, sebisa mungkin jangan gunakan produk-produk tersebut selama kondisi rambut masih kering dan mengembang.

Selain itu, Beautynesian bisa memilih untuk mengeringkan rambut dengan handuk daripada menggunakan hair dryer. Jangan lupa juga untuk menggunakan vitamin rambut dan konsumsi makanan yang sehat.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id