sign up SIGN UP

FASHION

Tips Rambut Tetap Wangi dan Sehat Meski Sering Pakai Helm

tyana | Minggu, 04 Oct 2020 07:00 WIB
Tips Rambut Tetap Wangi dan Sehat Meski Sering Pakai Helm
caption

Sering naik motor ataupun ojek online membuat kita wajib memakai helm untuk menjaga keselamatan. Walaupun transportasi ini dapat mempersingkat perjalanan dan menghindari kemacetan tetapi tidak bisa melindungi kita dari polusi, debu dan panas yang membuat rambut kita cepat kotor.

Belum lagi penggunaan helm yang dapat membuat rambut kita cepat berkeringat dan lepek. Alhasil, rambut menjadi bau tak sedap dan rusak. Tenang, ada beberapa tipsnya nih agar rambut tetap wangi dan sehat berikut ini.

1. Pastikan Rambut dalam Keadaan Kering

Tips rambut wangi meski menggunakan helm
Ilustrasi Mengeringkan Rambut/pinterest.com/missysueblog

Sebelum menggunakan helm pastikan rambut dalam keadaan kering. Rambut basah yang tertutupi helm dapat meningkatkan reproduksi bakteri oleh sebab itu rambut menjadi bau apek, gatal-gatal dan berketombe. 


Rambut basah juga dapat mengikat kotoran dan debu selama perjalanan yang menyebabkan rambut tidak dapat mengolah nutrisi dengan baik. Oleh sebab itu rambut menjadi kering dan kasar.

2. Gunakan Hair's Cap

Tips rambut wangi meski menggunakan helm
Ilustrasi Penggunaan Hair's Cap/pinterest.com/lilysilk

Penggunaan hair's cap atau pelindung rambut juga dapat menjaga rambut agar tidak keluar dari helm sehingga rambut tidak bersentuhan langsung dengan debu dan polusi. Tak hanya itu hair's cap juga dapat melindungi rambut dari kotoran dan bakteri yang menempel di dalam helm. 

Untuk penggunaan hair's cap perhatikan bahan yang digunakan dapat menyerap panas. Apabila menggunakan hairs's cap berbahan plastik hindari untuk menggunakan terlalu lama karena dapat membuat rambut lebih lembap dan berminyak karena panas. 

3. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Ketat

Tips rambut wangi meski menggunakan helm
Ilustrasi Mengikat Rambut/pinterest.com/laurenconradco

Saat menggunakan helm juga disarankan tidak mengikat rambut terlalu keras. Bukan hanya tidak nyaman selama perjalan, tetapi juga dapat membuat rambut rontok.

Mengikat rambut terlalu ketat juga dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut saat menggunakan helm. Untuk itu pastikan ikatan rambut dilepas terlebih dahulu saat menggunakan helm atau dapat juga mengganti ikatan rambut dengan jepitan untuk membuat rambut tetap rapih dan nyaman. 

4. Gunakan Vitamin Rambut Sebelum Gunakan Helm

Tips rambut wangi meski menggunakan helm
Ilustrasi Penggunaan Vitamin/pinterest.com/hudsonfarmhouse

Tips rambut tetap sehat dan wangi saat menggunakan helm adalah dengan memastikan rambut bersih dan ternutrisi dengan baik. Perjalan yang lama dan udara yang panas dapat mengurangi produksi keratin dalam rambut oleh sebab itu kita membutuhkan vitamin tambahan agar rambut tetap indah berkilau.

Pilih juga vitamin rambut yang tidak terlalu oily dan mudah meresap di rambut. Terlalu berminyak dalam penggunaan vitamin rambut dapat menyebabkan permasalahan ketombe dan rambut lepek.

5. Gunakan Dry Shampo Ketika Rambut Lepek

Tips rambut wangi meski menggunakan helm
Ilustrasi Penggunaan Dry Shampo/pinterest.com/laurmcbrideblog

Rambut lepek dan berminyak dapat menyebabkan bau tak sedap saat menggunakan helm. Untuk itu pastikan rambut bersih dan kering sebelum menggunakan helm. Rambut yang kotor juga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam helm yang tak hanya menyebabkan bau pada rambut tetapi juga helm.

Apabila dalam keadaan buru-buru dan tak memiliki kesempatan untuk keramas dapat menggunakan dry shampoo agar rambut tetap indah dan wangi. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id