sign up SIGN UP

FASHION

4 Cara Untuk Menjaga Rambut Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Intan Dwi | Rabu, 13 Jan 2021 11:00 WIB
4 Cara Untuk Menjaga Rambut Tetap Sehat Selama Musim Hujan
caption
Jakarta -

Kalau kamu merasa rambut terasa lebih kering atau lebih statis sepanjang tahun ini, itu karena musim sangat memengaruhi kesehatannya. Cuaca dingin selama musim hujan rupanya dapat mempengaruhi batang rambut dan kutikula, itu sebabnya orang merasa rambutnya lebih kering dan kusut.

Tapi perubahan rambut tidak hanya terbatas pada suhu dingin di luar, kurangnya kelembapan, pemanas, udara dingin yang kering dan semua hal yang dibawa cuaca musim hujan menciptakan dehidrasi pada rambut dan kulit kepala. Berikut ini adalah cara untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan halus selama musim hujan.

Cara Melembapkan Rambut & Memerangi Kerapuhan

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk rambut di musim hujan adalah dengan menambah kelembapan.
Cara Melembapkan Rambut & Memerangi Kerapuhan/freepik.com

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk rambut di musim hujan adalah dengan menambah kelembapan. Penting untuk melapisi untaian rambut dengan produk untuk melindunginya dari cuaca yang membantu menyegel kelembapan dan mencegah kusut, kerusakan dan statis.

Kamu bisa menggunakan kondisioner yang bagus tapi tidak perlu sampai akar rambut, gunakan hanya pada batang rambut. Disarankan juga untuk menggunakan rejimen penting perawatan rambut, gunakan produk yang membawa perawatan kulit kepala dan hidrasi intens.

Produk yang bisa digunakan adalah sampo penyeimbang dan pelembap, pelembap yang menghidrasi, masker rambut yang menghidrasi dan moisturizing balm atau oil. Penggunaan minyak rambut sendiri, oleskan hanya pada bagian garis rambut.

Hindari Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Kering

Beberapa kebiasaan umum perawatan rambut bisa menjadi penyebab di balik kerusakan, yaitu penataan rambut dengan alat panas.
Hindari Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Kering/freepik.com

Beberapa kebiasaan umum perawatan rambut bisa menjadi penyebab di balik kerusakan, yaitu penataan rambut dengan alat panas. kamu bisa menghindari mengeringkan rambut dengan pengering rambut, menggunakan bahan kimia dan menggunakan flatiron.

Pengering rambut sendiri dapat mengeringkan kulit kepala dengan memperlambat produksi minyak dan minyak yang diperlukan untuk mengondisikan rambut secara alami.

Ada cara tak terduga yang bisa kamu gunakan untuk mencegah kerusakan, yaitu siapkan humidifier di kamar kamu. Ini menjadi cara untuk menjaga rambut tetap sehat dan terhidrasi dengan menghindari bahan kimia dan alat panas.

Mencegah Kulit Kepala Kering dan Gatal

Cuaca dingin akan menyebabkan kulit kepala kering karena kulit kamu juga kering, untuk mengatasiny kamu bisa mengoleskan tree tea oil
Mencegah Kulit Kepala Kering dan Gatal/freepik.com

Tidak hanya mempengaruhi kulit kering, cuaca dingin di musim hujan juga dapat memengaruhi rambut kamu. Cuaca dingin akan menyebabkan kulit kepala kering karena kulit kamu juga kering, untuk mengatasinya kamu bisa mengoleskan tree tea oil ke kulit kepala sebelum mandi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah aksesoris rambut kamu, salah satunya topi yang dapat menyerap kelembapan di rambut sehingga memperburuk kekeringan dan gatal-gatal.

Menghentikan Rambut Statis

Udara kering benar-benar akan menarik muatan listrik positif ini dan itulah yang menyebabkan rambut keriting dan kusut.
Menghentikan Rambut Statis/freepik.com

Statis di rambut sangat umum selama cuaca dingin, tetapi para ahli rambut mengatakan ada cara untuk menghindarinya. Udara kering benar-benar akan menarik muatan listrik positif ini dan itulah yang menyebabkan rambut keriting dan kusut.

Kamu bisa menggunakan kondisioner yang baik dan melembapkan untuk menghaluskan rambut statis. Selain itu, minyak rambut adalah cara yang baik untuk melawan rambut kusut yang mengganggu karena minyak membuat rambut kamu lembap.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id