sign up SIGN UP

FASHION

5 Cara yang Benar untuk Merawat Pakaian Berbahan Velvet

ira syafira | Selasa, 06 Jul 2021 11:15 WIB
5 Cara yang Benar untuk Merawat Pakaian Berbahan Velvet
caption
Jakarta -

Baju berbahan velvet atau disebut juga bludru memang banyak digemari oleh pecinta fashion. Selain bahannya yang lembut, velvet juga akan membuat penampilanmu tampak lebih glamour. Akan tetapi, bahannya yang seperti bulu halus membuatnya membutuhkan perawatan khusus agar tetap bagus dan awet. Keunikan kainnya sendiri cukup berbeda dibandingkan bahan lainnya. Perawatan untuk bahan velvet bertujuan supaya tekstur bulu pada baju tetap halus serta warnanya tetap merata.

Tidak perlu khawatir, caranya tidak sulit dan cukup sederhana. Beauties bisa ikuti cara yang sudah kita rangkum untuk kamu berikut ini. 

1. Ketahui Jenis Material Velvet

Foto: Material velvet/pinterest.com/Emmaline bride
Foto: Material velvet/pinterest.com/Emmaline bride

Tidak semua bahan velvet memiliki jenis yang sama. Untuk mengenalinya, kamu bisa kenali dari label pakaian untuk mencari tahu material bahan velvet tersebut. Untuk bahan velvet sutra kamu wajib untuk serahkan ke tempat cuci yang lebih profesional.

Umumnya velvet terbuat dari bahan katun dengan campuran polyester atau rayon, sehingga bisa dicuci dengan tangan. Walaupun mungkin aman dicuci dengan menggunakan mesin cuci, sebaiknya periksa dulu label perawatan yang tercantum dalam pakaian.

2. Gunakan Pembersih Alami

Foto: Pembersih alami/pinterst.com/Survival sullivan
Foto: Pembersih alami/pinterst.com/Survival sullivan

Pembersih alami menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan noda dari kain velvet. Salah satu dari pembersih alami adalah campuran baking soda dengan perasan air lemon.

Jika kamu memilih untuk mencuci pakaian velvet-mu dengan menggunakan detergen, usahakan untuk pilih detergen khusus untuk kain lembut atau detergen pakaian bayi. Campurkan detergen ke dalam wadah cucian, kemudian isi dengan air dingin lalu cuci menggunakan tangan. 

3. Pisahkan dengan Bahan Lain

Foto: Pisahkan cucian/pinterest.com/Food52
Foto: Pisahkan cucian/pinterest.com/Food52

Jika kamu memilih untuk mencuci menggunakan mesin cuci, pastikan tidak mencampurkannya bersama dengan pakaian bahan lain. Kamu juga harus perhatikan siklus pencuciannya. Cuci gunakan air dingin dengan kekuatan gilingan yang lembut. Kemudian usahakan untuk tidak mengeringkan di mesin pengering saat selesai mencuci.

4. Hindari Paparan Sinar matahari

Foto: Hindari sinar matahari/pinterest.com/selbst ist der Mann
Foto: Hindari sinar matahari/pinterest.com/selbst ist der Mann

Setelah mencuci pakaian berbahan velvet, gantung dan letakkan di tempat yang teduh. Hindari menggunakan pengering dan keringkan di tempat yang tertutup.

Pakaian berbahan velvet tidak boleh terpapar langsung dengan sinar matahari, hal ini akan membuat warna baju menjadi cepat pudar. Serta, sebaiknya saat terbaik untuk kamu menggunakan baju berbahan velvet ini ketika tidak sedang beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

5. Gantung Menggunakan Hanger

Foto: Gantung dengan hanger/pinterest.com/extra petite
Foto: Gantung dengan hanger/pinterest.com/extra petite

Menjaga tekstur pakaian berbahan velvet juga penting, lho. Sebaiknya kamu simpan di dalam lemari dengan cara menggantung dan bukan melipat kemudian diletakkan di tumpukkan baju begitu saja.

Lebih baik menggantung dengan hanger, karena jika dilipat dan ditumpuk dengan baju lain maka akan membuat baju velvet-mu lebih mudah pudar dan berubah bentuknya. Selain itu, hindari menjepit bagian atas pakaianmu, hal ini akan meninggalkan bekas tersendiri yang membuatnya terlihat berbeda.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id